Islam, sebagai agama dengan nilai-nilai kemanusiaan yang lekat di dalamnya telah menuntun sekaligus mengatur banyak sisi kehidupan manusia, termasuk perkawinan. Dalam QS. Ar-Rum [30] : (21), perkawinan digambarkan sebagai sesuatu yang indah dan mulia;
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan mersa tentran kepadanya, dan dijadikannya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi kaum yang berpikir.”
Di dalam ayat tersebut dapat kita lihat ada sakinah (tenteram) dan juga mawaddah wa rahmah yang dipahami berbeda-beda. Musdah Mulia dalam Ensiklopedia Muslimah Reformis, mengartikannya dengan kasih sayang yang amat tulus tak bertepi. Dia juga menjadikan mawaddah wa rahmah ini sebagai salah satu prinsip yang utama dalam perkawinan.
Tujuan yang amat mulia tersebut tentu sangat sulit dicapai jika perkawinannya bukan monogami. Kenapa monogami? Dalam hal ini, ada satu perspektif menarik dalam memandang perkawinan Islam, baik yang tertuang dalam al-Qur’ān maupun Hadis, yaitu perspektif mubādalah.
Mubādalah sendiri memiliki arti mengganti, mengubah dan bisa juga berarti menukar (Faqihuddin Abdul Kodir: 2019). Sebagai perspektif, mubādalah menekankan pentingnya menggali kembali pemahaman antar relasi berdasarkan nilai-nilai kerjasama, timbal balik dan kesalingan.
Dalam memahami sebuah teks keagamaan, kita dapat melihatnya berdasarkan dua sudut pandang, yaitu laki-laki dan perempuan, meskipun teks tersebut ditujukan atau mengandung arti hanya laki-laki atau perempuan saja. Misalnya perinatah membaca, iqra’.
Walaupun dalam kaidah gramatika bahasa Arab, ditujukan bagi laki-laki, tetapi jika kita lihat menggunakan perspektif mubādalah, perintah tersebut juga ditujukan bagi perempuan. Dibaca secara umum. Lintas jenis kelamin, lintas usia. Karena membaca itu baik, maka semua diperintahkan membaca.
Dalam Alquran, ada ayat yang mengatur tentang poligami. Menikahi perempuan lebih dari satu dengan ketentuan adil (Q.S al-Nisa: 3). Dalam perspektif mubādalah, kita juga bisa membacanya secara umum, artinya, ayat tersebut juga mengatur perkawinan poliandri bagi perempuan. Menikahi lebih dari satu laki-laki, dengan ketentuan atau syarat yang sama.
Jika laki-laki diperintahkan membaca, maka perempuan juga membaca. Jika perempuan diperintahkan untuk berbuat baik (ahsinū), maka perempuan juga demikian. Tetapi, jika poligami bagi laki-laki dipahami dengan sesuatu yang dibolehkan, apakah perempuan juga boleh poliandri?
Semangat mubādalah adalah semangat kesalingan, kesetaraan, keadilan. Untuk kebaikan bersama, menghindari kemudharatan. Sementara itu, poligami seringkali membawa mudharat yang lebih banyak. Menyakiti istri, anak-anak hingga segenap keluarga. Dan, tidak ada kesalingan dalam perbuatan menyakiti, tidak ada kesalingan dalam berbuat tercela.
Maka, yang ada, jika perempuan tidak boleh poliandri, maka laki-laki pun tidak boleh poligami. Jika ada poligami, maka ada poliandri, terlepas dari perbedaan tradisi dan konstruksi masyarakat tentang keduanya. Jika laki-laki dianggap boleh mengawini lebih dari satu orang perempuan, maka perempuan pun boleh menikahi lebih dari satu laki-laki atau poliandri.
Ketika poligami dan poliandri semakin menjauh dari tujuan utama perkawinan Islam, maka bukankah lebih baik untuk tidak melakukan keduanya? Jika poligami akan menyakiti bukankah poliandri pun akan demikian? Maka kesalingan dalam perkawinan adalah dengan bersama-sama setia (monogami) tanpa poligami ataupun poliandri. []