Sabtu, 6 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Kekerasan Perempuan

    16 HAKTP di Majalengka: Membaca Ulang Akar Kekerasan terhadap Perempuan dari Ruang Domestik dan Publik

    Muliakan Perempuan

    Kampanye 16 HAKTP dengan Mengingat Pesan Nabi Saw: Muliakan Perempuan, Hentikan Kekerasan

    16 HAKTP di

    Fitri Nurajizah di 16 HAKTP: Kekerasan terhadap Perempuan adalah Pelanggaran Martabat Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Perkuat Kampanye 16 HAKTP di Majalengka

    META Indonesia

    Pelatihan Digital Literasi bersama META Indonesia agar Aman Berekspresi di Media Sosial

    Transisi Energi

    Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

    Fahmina

    Marzuki Rais: Fahmina Tumbuh dari Kontrakan, Kuat di Pendidikan, Meluas Lewat Jejaring Asia

    Fahmina

    Marzuki Rais Beberkan Tantangan Advokasi dan Misi Keberagaman Fahmina

    Inklusif

    Peringati Seperempat Abad, Fahmina Kuatkan Gerakan Pendidikan Inklusif

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Hukum Perkawinan Beda Agama

    Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia

    Seyyed Hossein Nasr

    Jejak Islam Wasathiyah dan Kearifan Seyyed Hossein Nasr di Amerika

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Krisis Iklim

    Krisis Iklim dan Beban yang Tak Setara

    16 HAKTP

    16 HAKTP di Tengah Bencana: Perempuan dan Anak Jadi Korban Ganda Kerusakan Alam

    Hutan Indonesia

    Ekosida: Jejak Kejahatan terhadap Hutan Indonesia

    Citizen Journalism

    Citizen Journalism Berbeda dengan Ummu Jamil

    Lautan Indonesia

    Lautan Indonesia di Ambang Kehancuran

    Menjaga Hutan

    Guru Diminta Mengajarkan Kesadaran Menjaga Hutan. Hutan yang Mana, Pak?

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Kekerasan Perempuan

    16 HAKTP di Majalengka: Membaca Ulang Akar Kekerasan terhadap Perempuan dari Ruang Domestik dan Publik

    Muliakan Perempuan

    Kampanye 16 HAKTP dengan Mengingat Pesan Nabi Saw: Muliakan Perempuan, Hentikan Kekerasan

    16 HAKTP di

    Fitri Nurajizah di 16 HAKTP: Kekerasan terhadap Perempuan adalah Pelanggaran Martabat Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Perkuat Kampanye 16 HAKTP di Majalengka

    META Indonesia

    Pelatihan Digital Literasi bersama META Indonesia agar Aman Berekspresi di Media Sosial

    Transisi Energi

    Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

    Fahmina

    Marzuki Rais: Fahmina Tumbuh dari Kontrakan, Kuat di Pendidikan, Meluas Lewat Jejaring Asia

    Fahmina

    Marzuki Rais Beberkan Tantangan Advokasi dan Misi Keberagaman Fahmina

    Inklusif

    Peringati Seperempat Abad, Fahmina Kuatkan Gerakan Pendidikan Inklusif

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Hukum Perkawinan Beda Agama

    Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia

    Seyyed Hossein Nasr

    Jejak Islam Wasathiyah dan Kearifan Seyyed Hossein Nasr di Amerika

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Krisis Iklim

    Krisis Iklim dan Beban yang Tak Setara

    16 HAKTP

    16 HAKTP di Tengah Bencana: Perempuan dan Anak Jadi Korban Ganda Kerusakan Alam

    Hutan Indonesia

    Ekosida: Jejak Kejahatan terhadap Hutan Indonesia

    Citizen Journalism

    Citizen Journalism Berbeda dengan Ummu Jamil

    Lautan Indonesia

    Lautan Indonesia di Ambang Kehancuran

    Menjaga Hutan

    Guru Diminta Mengajarkan Kesadaran Menjaga Hutan. Hutan yang Mana, Pak?

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Buku

Ulasan Daughters of Abraham: Ketika Para Putri Ibrahim Menggugat Tafsir

Kisah Sarah dan Hagar adalah contoh pahit bagaimana patriarki merusak relasi antarperempuan

Fadlan Fadlan
27 Mei 2025
in Buku
0
Daughters of Abraham

Daughters of Abraham

2.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Dalam lanskap pemikiran keagamaan kontemporer, ‘Daughters of Abraham: Feminist Thought in Judaism, Christianity, and Islam’ hadir bukan hanya sebagai kompilasi karya akademis. Tetapi juga sebuah catatan pergulatan intelektual dan spiritual untuk meninjau kembali fondasi pemahaman kita tentang peran perempuan dalam tiga agama Abrahamik. Para editor, seperti Yvonne Yazbeck Haddad dan John L. Esposito, berhasil menghimpun suara-suara kritis yang mempertanyakan bagaimana tradisi kerap menjadi arena marginalisasi.

Karen Armstrong, dalam pengantarnya, langsung menyodorkan kita dengan sebuah paradoks. Ketiga agama-agama Abrahamik, yang pada tataran idealnya menentang penundukan dan mewajibkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, dalam praktik kesejarahannya justru seringkali menjadi instrumen pelanggengan inferioritas perempuan.

Armstrong menyebutkan bahwa meskipun figur-figur sentral seperti Yesus dan Nabi Muhammad menunjukkan penghormatan mereka terhadap perempuan, generasi setelahnya justru membangun “hegemoni patriarkal” yang tak jarang tergelincir ke dalam kubangan misoginis.

Esposito kemudian menarik gagasan ini lebih lanjut bahwa warisan yang diterima oleh “putri-putri Abraham”—Sarah dan Hagar—sejatinya adalah produk dialektika antara wahyu dan interpretasi manusia. Dan interpretasi ini, secara historis, didominasi oleh laki-laki yang hidup dan bernapas dalam struktur sosial patriarkal. Akibatnya, citra perempuan dalam agama seringkali hanya menjadi bahan olahan ide-ide patriarki, alih-alih refleksi murni wahyu.

Esposito melihat gelombang modernisme agama serta gerakan feminisme sebagai katalisator bagi upaya-upaya untuk melakukan reinterpretasi dan rekonstruksi tafsir-tafsir keagamaan sejak dekade 1960-an dan 1970-an. Perempuan, tak lagi pasif, kini menuntut ruang gema dan tafsirnya sendiri di sinagoga, gereja, dan masjid.

Yudaisme

Masuk ke wilayah Yudaisme, Amy-Jill Levine melalui tulisannya yang bertajuk ‘Settling at Beer-lahai-roi’ mengajak kita menelisik ulang narasi Sarah dan Hagar. Sebuah cerita yang kerap terjebak dalam dualisme simplistis. Sarah sebagai “perempuan sah,” dan Hagar sebagai “liyan”.

Levine menyoroti bagaimana para penafsir feminis kiwari berupaya untuk menjungkir balikkan ide ini. Bahkan sampai pada titik di mana Sarah dan Abraham dipandang sebagai penindas. Levine mengingatkan agar tak terjebak dalam polaritas baru semacam itu. Namun begitu, ia mengapresiasi kompleksitas dan keberanian para kritikus untuk menyerang figur-figur suci sekalipun.

Masih di Yudaisme, Leila Gal Berner dalam ‘Hearing Hannah’s Voice’ menyoroti ritual agama sebagai medan peperangan. Kisah Hana, yang berdoa secara personal, menjadi antitesis dari ritual keagamaan maskulinis yang kaku.

Bagi Berner, generasi baru feminis Yahudi tak lagi menginginkan “sepotong kue.” Melainkan ingin “membuat kue baru” yang merombak struktur Yudaisme dari akarnya. Ini artinya Berner mendorong penciptaan ritus-ritus yang mampu menampung pengalaman khas perempuan—sesuatu yang selama ini dibungkam oleh tradisi ritual yang didesain khusus untuk laki-laki.

Kristen

Bergeser ke Kekristenan, Alice L. Laffey dalam ‘The Influence of Feminism on Christianity’ menunjukkan bagaimana keterbukaan akses perempuan ke pendidikan teologi menjadi “momen pencerahan” yang memicu dekonstruksi dan rekonstruksi wacana.

Jika figur seperti Mary Daly memilih jalan radikal dengan meninggalkan gereja, banyak feminis lain yang memilih jalur moderat. Menguliti lapisan demi lapisan patriarki dalam kitab suci dan tradisi untuk merajut kembali teologi pembebasan. Laffey mencontohkan pembacaan ulang Kitab Ester tentang cerita Ratu Wasti. Bukan sebagai figur minor, tetapi sebagai simbol perlawanan—atau kisah keledai Bileam sebagai kritik eko-feminis atas antroposentrisme.

Rosemary Radford Ruether, salah satu begawan teologi feminis Kristen, dalam ‘Christian Feminist Theology: History and Future’ menegaskan bahwa teologi feminis adalah sebuah proyek korektif atas distorsi patriarkal.

Ia menguraikan bagaimana “kesunyian historis” perempuan dalam perumusan doktrin Kekristenan menyebabkan maskulinitas menjadi norma universal. Bahkan dalam penggambaran Tuhan dan konsep keselamatan. Teologi feminis, dalam pandangan Ruether, berupaya merebut kembali simbol-simbol keimanan (bahasa Tuhan, Kristologi, dosa, keselamatan) dan menghadirkannya dalam kerangka pembebasan.

Islam

Akhirnya, kita diajak menyelami pemikiran feminisme Islam. Hibba Abugideiri melalui ‘Hagar: A Historical Model for Gender Jihad’ mengangkat figur Hagar, yang dalam Islam memiliki signifikansi sebagai ibu bagi orang-orang Mukmin dan simbol taqwa serta aktivisme.

Abugideiri memperkenalkan konsep “jihad gender”. Perjuangan kesetaraan gender berbasis Al-Qur’an—dan menyoroti karya Amina Wadud, Amira Sonbol, dan Sharifa Alkhateeb sebagai feminis-feminis kontemporer yang menggugat norma maskulinitas dan mereformasi Islam dari dalam melalui isu-isu perempuan.

Amira El-Azhary Sonbol dalam ‘Rethinking Women and Islam’ dengan berani menantang pandangan bahwa hukum Islam (Syariah) itu statis dan inheren. Ini dianggap merugikan perempuan.

Dengan penelitian yang ia lakukan terhadap arsip-arsip Ottoman dan Mesir, ia menunjukkan bukti historis keterlibatan perempuan dalam perumusan Hukum Islam dan agensi mereka di pengadilan. Ia, seperti Wadud, mendorong pembacaan Al-Qur’an yang lebih dinamis dan inklusif.

***

Secara keseluruhan, ‘Daughters of Abraham’ menghimpun pemikiran-pemikiran feminisme transnasional dan lintas-agama. Ada benang merah yang mengikat para pemikir ini terlepas dari latar belakang mereka. Gugatan terhadap monopoli tafsir maskulin dan upaya untuk merebut kembali otoritas spiritual dan intelektual perempuan.

Karen Armstrong, dalam penutupnya, mengingatkan kita agar perjuangan ini tidak meniru eksklusivisme atau chauvinisme lama. Kisah Sarah dan Hagar adalah contoh pahit bagaimana patriarki merusak relasi antarperempuan. Tantangannya, kini, adalah bagaimana tafsir pembebasan ini dapat melahirkan empati lintas-iman dan memperkaya, bukan memecah-belah, warisan Ibrahim. []

Tags: Buku PerempuanDaughters of AbrahamKaren AmstrongPemikiran KritisPerjuangan FeminisReview Buku
Fadlan

Fadlan

Penulis lepas dan tutor Bahasa Inggris-Bahasa Spanyol

Terkait Posts

Jika Ibu tiada
Buku

Jika Ibu Tiada, Apa yang Terjadi? Membaca Beban Ganda Ibu dalam Novel Please Look After Mom

24 November 2025
Teruslah Bodoh Jangan Pintar
Buku

Teruslah Bodoh Jangan Pintar: Antara Cacat Moral dan Disabilitas Fisik

14 November 2025
Young, Gifted and Black
Buku

Young, Gifted and Black: Kisah Changemakers Tokoh Kulit Hitam Dunia

28 Oktober 2025
Perceraian
Buku

Ketika Perceraian Memerdekakan dan Bagaimana Menulis Menjadi Terapinya

27 September 2025
Mengapa Perempuan Lebih Miskin
Buku

Mengapa Perempuan Lebih Miskin Daripada Laki-laki?

3 September 2025
Buku si Bengkok
Buku

Membaca Buku Si Bengkok Karya Ichikawa Saou

16 Agustus 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Hukum Perkawinan Beda Agama

    Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Derita Kolektif Perempuan dalam Novel Namaku Alam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 16 HAKTP di Majalengka: Membaca Ulang Akar Kekerasan terhadap Perempuan dari Ruang Domestik dan Publik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jejak Islam Wasathiyah dan Kearifan Seyyed Hossein Nasr di Amerika

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kampanye 16 HAKTP dengan Mengingat Pesan Nabi Saw: Muliakan Perempuan, Hentikan Kekerasan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Derita Kolektif Perempuan dalam Novel Namaku Alam
  • Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia
  • Jejak Islam Wasathiyah dan Kearifan Seyyed Hossein Nasr di Amerika
  • 16 HAKTP di Majalengka: Membaca Ulang Akar Kekerasan terhadap Perempuan dari Ruang Domestik dan Publik
  • Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID