• Login
  • Register
Senin, 20 Maret 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Adat Ngarot: Dari Urf, Prinsip Kesalingan, Hingga Maqashid Syariah

Vevi Alfi Maghfiroh Vevi Alfi Maghfiroh
20/04/2020
in Publik
0
adat, Ngarot

(sumber foto dari penulis)

25
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Ngarot merupakan salah satu adat yang masih dilestarikan di Kabupaten Indramayu, khususnya di Kecamatan Lelea, antara lain di Desa Lelea, Desa Tamansari, Desa Tugu, dan juga Desa Jambak Kecamatan Cikedung. Secara istilah ‘Ngarot’ berasal dari bahasa sansekerta ‘Ngawurat’ yang artinya membersihkan diri dari segala dosa akibat kesalahan tingkah laku seseorang atau sekelompok orang pada masa lalu. Sedangkan menurut bahasa Sunda Kuno ‘Ngarot’ berarti minum yang dilakukan oleh kasinoman (anak muda).

Berdasarkan catatan sejarah dalam buku karya Abu Fadillah, Menapaki Jejak Kearifan Budaya Ngarot, upacara adat ini mempunyai sejarah panjang turun-temurun. Berawal dari gagasan Ki Ageng Gelito atau Ki Kapol, seorang petani dan tokoh karismatik di Desa Lelea yang memiliki lahan sawah yang luas, namun tidak memiliki keturunan. Hasil panen yang melimpah dengan sifatnya yang ramah dan loyal, tak sedikit orang dari kalangan muda dan tua berkumpul di kediamannya untuk sekedar menikmati jamuan.

Kebiasaan ini pun berlangsung terus-menerus. Pada akhirnya Ki Kapol memanfaatkannya untuk membuat kegiatan yang bertujuan mempersatukan kawula muda, yakni dalam bentuk gotong royong untuk memanfaatkan lahan sawah miliknya seluas 26.100 m2. Gagasan ini disambut baik oleh mereka, dan akhirnya terbentuklah Adat Ngarot sebagai bagian dari tradisi masyarakat.

Seiring berkembangnya zaman, tradisi ini tetap berlanjut dan menjadi salah satu icon budaya di Indramayu. Namun terjadi beberapa perubahan pelaksanaan, yakni bukan berupa adat upacara saja, akan tetapi dimeriahkan juga dengan karnaval yang diikuti oleh masyarakat sekitar.

Perwakilan  pemuda dan pemudi daerah tersebut mengenakan pakaian adat yang memiliki simbol dan falsafah hidup. Untuk para pemudi menggunakan mahkota yang tersusun dari berbagai macam bunga (kenanga, cempaka, melati, dan soka) sebagai tanda kecantikan seorang perempuan.

Daftar Isi

  • Baca Juga:
  • Webinar Zakat Peduli Perempuan Korban Kekerasan akan Digelar Nanti Malam
  • Pengalaman Dinafkahi Istri, Perlukah Merasa Malu?
  • Tujuan Perkawinan Dalam Al-Qur’an
  • Meneladani Rethink Sampah Para Ibu saat Ramadan Tempo Dulu

Baca Juga:

Webinar Zakat Peduli Perempuan Korban Kekerasan akan Digelar Nanti Malam

Pengalaman Dinafkahi Istri, Perlukah Merasa Malu?

Tujuan Perkawinan Dalam Al-Qur’an

Meneladani Rethink Sampah Para Ibu saat Ramadan Tempo Dulu

Mahkota bunga tersebut dianggap sebagai pengingat bahwa seorang perempuan harus memiliki tata krama yang lembut, sehingga ia bisa menebarkan aroma keharuman di setiap langkah dan kehidupannya. Baju kebaya yang mereka pakai juga menjadi simbol bahwa seorang perempuan harus bersahaja, penggunaan tapih (sewet) juga memiliki arti bahwa perempuan harus berhati-hati dalam melangkah. Adapun selendang yang tersampirkan di pundaknya menjadi simbol bahwa perempuan harus menjaga kehormatannya.

Tak kalah dengan pemudi, para pemuda juga menggunakan pakaian adat berupa komboran (baju hitam dan celana hitam), yakni sebagai simbol bahwa laki-laki harus bekerja keras untuk menghidupi keluarganya. Pemakaian kain sarung yang diselendangkan juga bermakna bahwa suatu saat mereka akan mengemban tugas.

Adapun Ikat kepala yang mereka pakai merupakan simbol bahwa para pemuda harus menyatuan pikiran mereka untuk membangun kemajuan desanya. Tak lupa keris atau kujang juga mereka bawa, yang bermakna bahwa laki-laki harus tajam dalam berfikir. Itulah simbol-simbol yang dipercaya oleh masyarakat Desa Lelea.

Serangkaian upacara adat Ngarot tersebut bertujuan untuk mengumpulkan para pemuda dan pemudi yang akan diserahi tugas dalam pembangunan di bidang pertanian. Ngarot juga bertujuan untuk membina pergaulan yang sehat agar saling mengenal, saling menyesuaikan sikap, kehendak, dan tingkah laku yang luhur sesuai dengan nilai-nilai budaya nenek moyang.

Adat Ngarot ini juga merupakan cara untuk menggalang dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan di kalangan para pemuda-pemudi khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Dalam kegiatan ini kaula muda dan generasi tua berkumpul, saling berinteraksi dan bekerjasama dalam mensukseskan pelaksanaan adatnya.

Selain itu pelaksanaan upacara adat Ngarot juga mengandung prinsip maqashid syariah (Tujuan Pensyariatan) yaitu memelihara keturunan (hifdz an-nasl) dan kehormatan (hifdz al-‘irdl). Hal ini terlihat dari nilai-nilai falsafah dari pakaian yang dikenakan para pemuda-pemudi yang dijadikan simbol pesan leluhur kepada generasi muda.

Adat ini banyak memberi pesan budi pekerti kepada kita agar selalu bergotong royong dalam bermasyarakat. Para pemuda dan pemudi harus amanah jika diberi tanggung jawab untuk memimpin desa, juga harus selalu menjaga kehormatan dimanapun mereka berada. []

Vevi Alfi Maghfiroh

Vevi Alfi Maghfiroh

Mahasiswa Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Terkait Posts

Travel Haji dan Umroh

Bagaimana Menghindari Penipuan Biro Travel Umroh dan Haji?

20 Maret 2023
Perempuan Harus Berpolitik

Ini Alasan, Mengapa Perempuan Harus Berpolitik

19 Maret 2023
Pembahasan Childfree

Polemik Pembahasan Childfree Hingga Hari Ini

18 Maret 2023
Bimbingan Skripsi, Kekerasan Seksual

Panduan Bimbingan Skripsi Aman dari Kekerasan Seksual

17 Maret 2023
Kekerasan Simbolik

Bibit Kekerasan Simbolik di Lembaga Pendidikan

16 Maret 2023
Berbuat Baik pada Non Muslim

Meneladani Akhlak Nabi dengan Berbuat Baik pada Non Muslim

16 Maret 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Rethink Sampah

    Meneladani Rethink Sampah Para Ibu saat Ramadan Tempo Dulu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tujuan Perkawinan Dalam Al-Qur’an

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Meminang Siti Khadijah Bint Khwailid

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Webinar Zakat Peduli Perempuan Korban Kekerasan akan Digelar Nanti Malam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bagaimana Menghindari Penipuan Biro Travel Umroh dan Haji?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Webinar Zakat Peduli Perempuan Korban Kekerasan akan Digelar Nanti Malam
  • Pengalaman Dinafkahi Istri, Perlukah Merasa Malu?
  • Tujuan Perkawinan Dalam Al-Qur’an
  • Meneladani Rethink Sampah Para Ibu saat Ramadan Tempo Dulu
  • Meminang Siti Khadijah Bint Khwailid

Komentar Terbaru

  • Perempuan Boleh Berolahraga, Bukan Cuma Laki-laki Kok! pada Laki-laki dan Perempuan Sama-sama Miliki Potensi Sumber Fitnah
  • Mangkuk Minum Nabi, Tumbler dan Alam pada Perspektif Mubadalah Menjadi Bagian Dari Kerja-kerja Kemaslahatan
  • Petasan, Kebahagiaan Semu yang Sering Membawa Petaka pada Maqashid Syari’ah Jadi Prinsip Ciptakan Kemaslahatan Manusia
  • Berbagi Pengalaman Ustazah Pondok: Pentingnya Komunikasi pada Belajar dari Peran Kiai dan Pondok Pesantren Yang Adil Gender
  • Kemandirian Perempuan Banten di Makkah pada Abad ke-20 M - kabarwarga.com pada Kemandirian Ekonomi Istri Bukan Melemahkan Peran Suami
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist