• Login
  • Register
Sabtu, 5 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Adil Pada Difabel Adalah Indikator Takwa

Islam hadir sebagai agama yang membawa nilai-nilai keadilan. Dalam sejarahnya, Islam memberikan harapan bagi kelompok tertindas.

Afiqul Adib Afiqul Adib
08/03/2025
in Personal
0
Adil pada Difabel

Adil pada Difabel

1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah – Dalam sebuah ngaji bertajuk Disabilitas dalam Perspektif Keadilan Hakiki, Bu Nyai Rofiah menyampaikan satu kalimat yang cukup menohok: “Bersikap adil itu bukan hebat, itu bare minimum sebagai manusia.” Artinya, kalau kita merasa sudah berbuat adil lalu menganggap diri lebih baik dari yang lain, mungkin kita perlu bercermin lagi. Adil bukanlah prestasi, melainkan standar minimal yang harus dijaga setiap manusia, terutama dalam interaksi dengan kelompok rentan seperti teman-teman difabel.

Puasa menjadi salah satu ibadah yang mengajarkan keadilan. Dalam Islam, puasa bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang mengatur keseimbangan diri agar tidak terjebak dalam hawa nafsu duniawi.

Bu Nyai Rofiah juga mengatakan, jika seseorang tidak mampu menjaga jarak aman dari keserakahan, maka sulit baginya untuk berlaku adil. Misalnya, kalau siang kita menahan diri tetapi malamnya malah balas dendam dengan makan berlebihan, berarti kita belum benar-benar memahami esensi puasa sebagai latihan spiritual.

Keadilan dalam puasa juga berkaitan dengan bagaimana kita memperlakukan orang lain, termasuk penyandang disabilitas. Jika kita masih melihat mereka dengan sudut pandang belas kasihan semata, mengabaikan hak-haknya, atau bahkan secara tidak sadar ikut dalam sistem yang mendiskriminasi mereka, maka kita perlu merevisi pemahaman kita tentang keadilan.

Takwa Bukan Soal Fisik, tapi Soal Hati

Kita sering mengaitkan Takwa dengan hal-hal yang tampak secara fisik, padahal sejatinya ia adalah urusan hati dan akhlak. Dalam Al-Qur’an, takwa bukan hanya soal ibadah ritual, tetapi juga soal bagaimana kita bersikap terhadap sesama manusia. Artinya, apakah seseorang difabel atau tidak, itu tidak ada hubungannya dengan tingkat ketakwaannya. Yang membedakan adalah sejauh mana seseorang mampu berlaku adil, termasuk kepada mereka yang sering kali terpinggirkan oleh masyarakat.

Baca Juga:

Belajar Inklusi dari Sekolah Tumbuh: Semua Anak Berhak Untuk Tumbuh

Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI

Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

Fokus Potensi, Difabel Bukan Objek Konten Kesedihan!

Adil terhadap difabel bukan sekadar memberikan akses yang layak, tetapi juga menghapus pengalaman sosial yang menyakitkan bagi mereka. Meminjam teori kaca mata keadilan hakiki Bu Nyai Rofiah, ada lima bentuk ketidakadilan penyandang disabilitasyang harus kita tiadakan sama-sama:

Pertama, Stigmatisasi. Pandangan negatif terhadap mereka, seolah-olah hidup mereka ‘tidak lengkap’ atau ‘penuh keterbatasan’.

Kedua, Marginalisasi. Mereka kerap dikucilkan dari berbagai aspek kehidupan sosial, termasuk pendidikan dan pekerjaan.

Ketiga, Subordinasi. Anggapan bahwa mereka tidak bisa mandiri dan selalu bergantung pada orang lain.

Keempat, Kekerasan. Baik secara fisik, verbal, maupun psikologis.

Kelima, Beban ganda. Selain harus menghadapi keterbatasan fisik, mereka juga harus berjuang melawan diskriminasi sosial.

Dari prinsip tersebut, jika seseorang ingin mencapai tingkatan takwa yang sejati, maka ia harus memastikan bahwa dirinya tidak menjadi bagian dari sistem yang menindas atau mendiskriminasi kelompok ini.

Menjadikan Keadilan sebagai Prinsip Hidup

Islam hadir sebagai agama yang membawa nilai-nilai keadilan. Dalam sejarahnya, Islam memberikan harapan bagi kelompok tertindas. Para budak yang sebelumnya masyarakat menganggap setengah manusia mendapatkan tempat yang lebih tinggi ketimbang orang merdeka yang musyrik.

Hal ini menunjukkan bahwa dalam Islam, yang menentukan kemuliaan seseorang bukan fisik atau status sosialnya. Namun, oleh ketakwaannya dan bagaimana ia memperlakukan orang lain dengan adil.

Keadilan bukan hanya soal memberikan hak yang sama, tetapi juga soal memahami kebutuhan masing-masing individu. Difabel tidak membutuhkan belas kasihan yang berlebihan, tetapi kesempatan yang sama untuk berkembang. Sikap adil terhadap mereka bukan sekadar perkara sosial, tetapi juga indikator ketakwaan seseorang di hadapan Allah.

Maka, jika kita ingin menjadi pribadi yang lebih baik, mari mulai dari hal yang paling mendasar: berlaku adil kepada sesama, tanpa memandang fisik atau status. Karena sejatinya, keadilan bukanlah pilihan, melainkan kewajiban yang akan menjadi saksi di akhirat kelak. []

Tags: Adil pada DifabelIsu DisabilitasKeadilan HakikiNgaji RamadanperspektifRamadan Inklusi
Afiqul Adib

Afiqul Adib

Introvert garis keras. Tinggal di Lamongan.

Terkait Posts

Hidup Tanpa Nikah

Yang Benar-benar Seram Itu Bukan Hidup Tanpa Nikah, Tapi Hidup Tanpa Diri Sendiri

5 Juli 2025
Ruang Aman, Dunia Digital

Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

3 Juli 2025
Vasektomi

Vasektomi, Gender, dan Otonomi Tubuh: Siapa yang Bertanggung Jawab atas Kelahiran?

2 Juli 2025
Narasi Pernikahan

Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

1 Juli 2025
Toxic Positivity

Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman

30 Juni 2025
Second Choice

Women as The Second Choice: Perempuan Sebagai Subyek Utuh, Mengapa Hanya Menjadi Opsi?

30 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Gerakan KUPI

    Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kisah Jun-hee dalam Serial Squid Game dan Realitas Perempuan dalam Relasi yang Tidak Setara

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • ISIF akan Gelar Halaqoh Nasional, Bongkar Ulang Sejarah Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kholidin, Disabilitas, dan Emas : Satu Tangan Seribu Panah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Islam Memuliakan Orang yang Bekerja

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Bekerja itu Ibadah
  • Menemukan Wajah Sejati Islam di Tengah Ancaman Intoleransi dan Diskriminasi
  • Jangan Malu Bekerja
  • Yang Benar-benar Seram Itu Bukan Hidup Tanpa Nikah, Tapi Hidup Tanpa Diri Sendiri
  • Islam Memuliakan Orang yang Bekerja

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID