Seiring bertambahnya umur, saya memiliki kecenderungan untuk menyukai (kembali) lagu-lagu daerah khususnya tarling, baik yang klasik maupun modern. Ejekan kampungan, katro atau ndeso tidak lagi menjadi beban, berbeda dengan ketika masih remaja dulu.
Ada lagu cerbonan yg menarik perhatian saya, judulnya Dayuni, yang merupakan abreviasi dari rangda ayu jarang dikeloni, dalam bahasa Indonesia ini berarti Janda cantik yg jarang dipeluk. Tidak usah membayangkan liriknya yang puitis atau nyastrawi, berikut lirik utuh dari lagu ini, sederhana dan mudah dicerna;
“Kula emong wes bli sanggup
Urip karo sampeyan
Wateke doyan demenan
Ooo, ,, Daripada di lelara
Mending sun milih pisah
Pegatan pegatan bae
Daripada Dilelara
Ngomonge Sih Setia
Tapi Nyatane Dusta
Kula Sih Bagen Rangda
Sing Penting Bahagia
Timbang Karo Sampean
Sing Slalu Gawe Lara
Bagen Dadi Dayuni
Dadi Dayuni
Rangda Ayu Jarang Dikeloni”
Secara umum ini lagu berkisah tentang seorang istri yang ingin memerdekan dirinya dari belenggu suami yang suka selingkuh, dan khianat. Ia tidak lagi malu dengan anggapan masyarakat atas label janda yang akan disandangnya kelak.
Zaman sudah berubah, aib tidak melulu disematkan oleh istri yang meminta cerai (dalam fiqh disebut khulu’) tapi juga kepada mereka suami-suami yang selalu menantikan kiriman dari istri TKW mereka di akhir bulan. Saya menyangka lagu-lagu tarling yang menggugat ketertindasan kondisi rumah tangga dan dialami istri adalah gambaran realita sosio-kultur masyarakat pantura dimana konsep mawaddah wa rahmah (istri di jeddah suami di rumah) banyak terjadi.
Jabatan rangda sudah bisa mereka rayakan dengan rasa bangga, seperti singkatan Dayuni itu. Banyak lagu-lagu yang berkisah seputar kehidupan para istri yang harus menjadi tulang punggung keluarga di luar negeri, seperti; kiriman entok, buaya dikadali, dermayu hongkong dan sebagainya, seakan-akan ini adalah parole dalam semesta langue kehidupan rumah tangga di era yang nan kapitalistik seperti sekarang ini.
Terdapat satu penggalan lirik lagu buaya dikadali, yang secara vulgar melawan kesemena-menaan laki-laki yang suka pacaran, begini teksnya “yen laki demenan kula bisa selingkuhan, dudu bae ngelawan pengen niru sampean”, secara resiprokal si perempuan hanya sebatas meniru perbuatan yg dilakukan oleh laki-laki, entah sebagai balas dendam atau menuntut keadilan dari komitmen yang dilanggar dalam perkawinan.
Perempuan sudah memiliki kesadaran atas ketertindasan dari hegemoni budaya patriarki, walaupun terkadang kesadaran itu meminjam tangan laki-laki, tidak mengapa demikian. Ia menjelma menjadi agen atas tubuhnya sendiri, pilihan hidup, karir yang dipilihnya, dan juga otoritas penuh.
Perlu kita apresiasi, biduan-biduan tarling ini adalah penyumbang suara-suara subaltern yang terbungkam oleh lagu patah hati yang dinyanyikan mengharu biru dan penuh nuansa ketertindasan dan ketidakberdayaan perempuan. Para biduan itu menolak menjadi “the second sex” dan menghadirkan diri di ruang publik, sebuah gerakan yang memaknai diri perempuan oleh perempuan itu sendiri.
Sekadar tips bagi yang suka nonton tarling, jika anda disebut oleh si biduan maka hendaklah memberikan infaq aka saweran, karena bagaimanapun juga nyawer adalah rukun nonton acara tarling.
Tiba-tiba ada yg menyahut dari atas panggung,
“kang Imbi, bos Korea, sing duwe koleksi drakor pitulikur”, oh iya hampir kelupaan untuk menyawer, tapi saya bingung dimana harus saya kasihkan, baju biduannya gak punya kantong. []