• Login
  • Register
Sabtu, 23 September 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Aktual

Al-Khansa, Perempuan Penyair Terbaik Masa Rasulullah

Fatikha Yuliana Fatikha Yuliana
02/07/2019
in Aktual
0
Al Khansa

Al Khansa

154
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.i – Di antara kita mungkin belum banyak yang mengenal Al-Khansa. Ia merupakan penyair perempuan pada masa Nabi SAW. Al-Khansa yang bernama lengkap Tumadlir binti ‘Amru bin al-Harth bin al-Syarid bin ‘Ushiyyah al-Sulaimiyah berasal dari Bani Sulaim. Di antara sajak yang pernah ditulis Al-Khansa adalah syair-syair elegi berikut:

(Air mata) kutumpahkan, maka malam kulalui tanpa pejam

Seakan mataku bercelak kebutaan

Aku akan menangisimu, dengan ratapan tiada henti

Hingga bintang-bintang malam tak lagi dapat menerangi pejalan kaki

Daftar Isi

  • Baca Juga:
  • Peran Perempuan dalam Sejarah di Indonesia
  • Nyai Khoiriyah Hasyim: Ulama Perempuan Indonesia yang Memperjuangkan Pendidikan Perempuan di Makkah pada Abad ke-20 M
  • Aktivitas Perempuan Nusantara di Tanah Suci Makkah pada Abad ke-20 M
  • Menelusuri Pengaruh Putri Dwarawati dalam Penyebaran Islam di Jawa

Baca Juga:

Peran Perempuan dalam Sejarah di Indonesia

Nyai Khoiriyah Hasyim: Ulama Perempuan Indonesia yang Memperjuangkan Pendidikan Perempuan di Makkah pada Abad ke-20 M

Aktivitas Perempuan Nusantara di Tanah Suci Makkah pada Abad ke-20 M

Menelusuri Pengaruh Putri Dwarawati dalam Penyebaran Islam di Jawa

Ia kemudian oleh bangsa Arab diberi julukan Al-Khansa, yang konon berarti berhidung pendek dengan pucuk hidung menjulang. Penyair perempuan ini lahir di Najd, sebuah kota di wilayah tengah Arab Saudi pada 575 Masehi. Ia berasal dari keluarga kaya pada zaman itu.

Sejarah sastra Arab mencatat Al-Khansa sebagai penyair perempuan paling berpotensi di bidang sastra baik sebelum maupun sesudah zamannya. Bahkan Rasulullah menyampaikan secara langsung kekaguman dan mengakui kepandaiannya dalam bersyair, saat Al Khansa menemui beliau untuk mengikrarkan dirinya masuk agama Islam.

Pada masa Jahiliyah, peran penyair perempuan umumnya hanya menggubah syair-syair ratapan kesedihan untuk orang yang telah meninggal, kemudian menampilkannya dalam kompetisi publik sebagai perwakilan kabilah atau suku tertentu. Penyair perempuan ini berhasil memenangkan kompetisi tersebut dengan sajak-sajak eleginya tentang dua saudaranya yang gugur dalam perang suku, yakni Shakr dan Muawiyah.

Pemilihan diksi dan gaya tuturnya luar biasa. Penyair perempuan ini dapat menggabungkan kata-kata secara alami, menarik, dan indah. Dalam tiap baitnya seakan ada jiwa yang hidup di dalamnya. Ia tak lagi menggunakan rajaz atau saj yang biasa dipakai dalam puisi-puisi bergenre ritsa, ia menggubah puisinya dalam bentuk matra dan rima.

Melalui karya-karyanya, Al-Khansa berhasil menjadikan syair-syair ritsa (syair ratapan yang digunakan oleh orang bangsa Arab Jahiliyah untuk merefleksikan kesedihan yang mendalam atas kemalangan yang menimpa mereka baik peperangan maupun kematian) ke tingkat qaridl (jenis puisi yang dipandang oleh bangsa Arab pada masa itu berstatus tinggi). Syair beraliran ritsa telah lama dikenal  dalam sejarah kesusastraan Arab masa Jahiliyah, yang jika dalam kesusastraan Indonesia lebih dikenal sebagai elegi.

Sosok Al-Khansa sebagai penyair perempuan bergenre ritsa (elegi) tampak jelas dari mayoritas syair-syairnya yang ditujukan untuk mengenang kedua saudaranya yang mati di medan perang, yakni Muawiyah yang merupakan saudara laki-laki kandung dan Shakr yang merupakan saudara laki-laki se-Ayah.

Setelah Shakr mati terbunuh dalam perang Kulab, Al Khansa menghabiskan waktunya di samping pusara saudaranya tersebut. Di sanalah saja-sajak eleginya tersebut lahir dan diciptakan.

Penggalan sajaknya yang paling masyhur adalah sebagai berikut:

Wahai mata, mengapa engkau tidak menangis dengan linangan air mata yang deras, sedang waktu ini menjadi nelangsa dan sungguh amat nelangsa.

Wahai mata, menangislah dengan air mata yang sangat deras bak permata yang berkilauan pada kalung.

Wahai mata, mengalirlah dan janganlah membeku, bukankah kau sedang menangisi seorang seorang Shakr yang amat dermawan.

Tangisilah saudaramu atas nama para yatim dan janda.

Dan tangisilah saudaramu jika suatu saat nanti kamu bertetangga dengan orang lain.

Pada penggalan sajak di atas terlihat betapa kepedihan dan rasa sakit akan kehilangan saudara-saudara yang dicintainya begitu mendalam. Kata begitu terbatas sedang manusia dengan ide, pemikiran, dan perasaannya sangat kompleks.

Bait terakhir sajak tersebut menggambarkan kegelisahan Al Khansa terhadap nasib anak dan istri Shakr yang menjadi yatim dan janda sepeninggalnya Shakr yang terbunuh di medan perang.

Saat Al Khansa mendengar kematian keempat puteranya, Yazid, Muawiyah, ‘Amr, dan Amrah terbunuh dalam perang Qadisiyyah di masa Khalifah Umar bin Khattab, dengan keimanannya Al Khansa melepas dan menerima kematian keempat puteranya dengan penuh keridaan. Tak seperti kebanyakan perempuan yang meluapkan kesedihan dengan mengoyak pakaian dan menyakiti dirinya sendiri.

Sejak saat itu, tema dan isi sajak-sajak elegi yang telah membawanya ke puncak populeritas berubah. Berbeda dengan kesedihan dan ratapannya di masa lalu ketika kehilangan saudara-saudaranya.

Tak berlebihan jika Al Khansa sangat dikagumi dan dihormati oleh sastrawan Arab lainnya, salah satunya Nabighah Al Dhubyani, seorang penyair kontemporer Arab mengatakan bahwa Al Khansa seorang perempuan penyair terbaik.[]

Tags: Al-KhansaSejarah Perempuan
Fatikha Yuliana

Fatikha Yuliana

Fatikha Yuliana, terlahir di Indramayu. Alumni Ponpes Putri Al-Istiqomah Buntet Pesantren Cirebon. Berkuliah di Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon. Jatuh cinta pada kopi dan pantai.

Terkait Posts

Hari Santri 2023

Jelang Hari Santri 2023, Kemenag Harap Jadi Momen Glorifikasi Pesantren

17 September 2023
Stabilitas Wakaf

Pengembangan Instrumen Wakaf Dinilai Efektif Jaga Stabilitas Sosial Ekonomi Masyarakat

11 September 2023
Suara Perempuan Pemilu

Suara Perempuan untuk Pemilu 2024: Pertegas Pemilu yang Setara, Adil dan Inklusif

29 Agustus 2023
Perempuan Nasional

5 Rekomendasi Kongres Perempuan Nasional Semarang

27 Agustus 2023
Kongres Perempuan Nasional

Kongres Perempuan Nasional Hasilkan Maklumat Semarang dan 5 Rekomendasi

27 Agustus 2023
Ponpes Kebon Jambu

Ponpes Kebon Jambu Merdeka Sampah Plastik di Hari Kemerdekaan Indonesia

17 Agustus 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Mahnaz Afkhami

    Perjalanan Mahnaz Afkhami dalam Advokasi Hak-Hak Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ronggeng Gunung: Hakikat Penari Perempuan Sunda

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Buku Perempuan bukan Sumber Fitnah: Akikah bagi Anak Laki-laki dan Perempuan Cukup Satu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 4 Cara Kreatif Penghijauan di Ruang-ruang Terbuka

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Lagu Satu-Satu: Pentingnya Berdamai dengan Diri Sendiri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • 4 Cara Kreatif Penghijauan di Ruang-ruang Terbuka
  • Dukungan Kiai Sahal terhadap Kiprah Nyai Nafisah
  • Buku Perempuan bukan Sumber Fitnah: Akikah bagi Anak Laki-laki dan Perempuan Cukup Satu
  • Ronggeng Gunung: Hakikat Penari Perempuan Sunda
  • Buku Bapak Tionghoa Nusantara: Ini Alasan Gus Dur Membela Orang Tionghoa

Komentar Terbaru

  • Ainulmuafa422 pada Simple Notes: Tak Se-sederhana Kata-kata
  • Muhammad Nasruddin pada Pesan-Tren Damai: Ajarkan Anak Muda Mencintai Keberagaman
  • Profil Gender: Angka tak Bisa Dibiarkan Begitu Saja pada Pesan untuk Ibu dari Chimamanda
  • Perempuan Boleh Berolahraga, Bukan Cuma Laki-laki Kok! pada Laki-laki dan Perempuan Sama-sama Miliki Potensi Sumber Fitnah
  • Mangkuk Minum Nabi, Tumbler dan Alam pada Perspektif Mubadalah Menjadi Bagian Dari Kerja-kerja Kemaslahatan
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist