• Login
  • Register
Senin, 19 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Belajar Toleransi dari Pura Agung Jati Pramana Cirebon

Orang Hindu sama dengan orang Islam, menyambut tamu dengan ramah dan penuh kasih sayang. Itu lah mengapa kita tidak boleh berprasangka buruk pada orang yang berbeda

Muhammad Dwi Arya Wibawa Muhammad Dwi Arya Wibawa
15/11/2024
in Publik
0
Pura Agung Jati Pramana Cirebon

Pura Agung Jati Pramana Cirebon

248
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Pada hari Sabtu, 26 Oktober 2024 aku dan teman-teman Mahasantriwa Sarjana Ulama Perempuan (SUPI) ikut berkunjung ke Pura Agung Jati Pramana Cirebon. Kunjungan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Studi Agama dan Kepercayaan bagi Orang Muda yang diinisiasi oleh Fahmina Institute.

Awalnya aku memang merasa takut untuk ikut terlibat dalam kegiatan ini, sebab ini merupakan pengalaman pertamaku berkunjung ke rumah ibadah selain Masjid. Ini juga pertemuan pertamaku dengan orang-orang yang berbeda agama.

Sejak kecil aku memang sering mendengar bahwa di Indonesia ada banyak agama dan keyakinan selain Islam, tetapi aku tidak pernah diajarkan untuk bertemu, berdialog apalagi berteman dengan mereka. Hal semacam ini dianggap tabu di agama Islam yang aku pelajari selama ini.

Di sisi lain, aku juga merasa khawatir apakah orang Hindu itu terbuka dengan orang yang berbeda. Apakah mereka akan menyambut orang Islam dengan ramah dan penuh kasih.

Selama perjalanan menuju Pura, pertanyaan-pertanyaan semacam ini terus muncul di benakku. Kalau boleh jujur, ikut kegiatan ini lebih membuat aku deg-degan dibanding dengan hal-hal menantang lainnya.

Baca Juga:

KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Kontekstualisasi Ajaran Islam terhadap Hari Raya Waisak

Alarm Bahaya Pencabulan Anak: Belajar dari Kasus Keluarga di Garut

Pesan Toleransi dari Perjalanan Suci Para Biksu Thudong di Cirebon

Namun meski begitu, aku tetap percaya diri untuk tetap tenang. Aku tidak mau berprasangka buruk terlebih dahulu. Aku harus bertemu langsung dengan orang-orang Hindu ini, supaya aku tau sendiri bagaimana mereka yang sesungguhnya.

Kesan Pertama Bertemu Orang Hindu

Perasaan pertamaku menginjakkan kaki di Pura Agung Jati Pramana Cirebon, sungguh rasanya sangat aneh. Ada perasaan deg-degan, tetapi juga kagum. Rumah ibadah orang Hindu ternyata sangat unik, banyak ornamen-ornamen yang dipajang.

Selain itu, kekagumanku juga bertambah ketika semua orang di sana menyambut kami dengan hangat. Mereka mempersilahkan kami masuk dan juga menyajikan beberapa makanan ringan.

Ah ternyata mereka tidak semenakutkan yang aku bayangkan. Orang Hindu sama dengan orang Islam, menyambut tamu dengan ramah dan penuh kasih sayang. Itu lah mengapa kita tidak boleh berprasangka buruk pada orang yang berbeda, sebelum bertemu langsung dengan mereka.

Setelah beramah Tamah dan saling berkenalan, salah satu pemuka agama dari Hindu pun menjelaskan bahwa kami saat ini sedang berada di Pura. Dari penuturan beliau, Pura merupakan tempat ibadah agama Hindu. Pura juga berfungsi sebagai tempat memuja roh suci leluhur.

Selain itu, Pura juga merupakan pusat kegiatan sosial dan budaya masyarakat Hindu. Di Pura pun sering mengadakan perayaan keagamaan, pertemuan masyarakat, dan pertunjukan seni tradisional.

Mengenal Lima Ajaran Agama Hindu

Lebih lanjut dari itu, beliau juga menjelaskan bahwa umat Hindu berpegang teguh pada dasar keyakinan dalam menjalankan agamanya. Dasar inilah yang selanjutnya menjadikan semua umat beragama Hindu percaya dan sangat meyakini keberadaan Tuhan atau Sang Hyang Widhi Wasa.

Dasar keyakinan ini terdiri dari lima aspek yang disebut dengan Panca Sradha. Kata Panca Sradha berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Panca yang berarti lima dan Sradha yang berarti “yakin” atau “percaya”.

Lima dasar keyakinan dalam Panca Sradha adalah:

Pertama, keyakinan terhadap Brahman atau Widhi Tattwa. Ajaran pertama ini berfokus pada keyakinan pada Brahman atau Tuhan. Ada banyak sebutan nama Tuhan dalam agama Hindu, seperti Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Brahman. Ini artinya, setiap umat Hindu meyakini dengan benar bahwa Tuhan itu ada, Maha Esa, Maha Kuasa, Maha segalanya.

Kedua, keyakinan terhadap Atman atau Atman Tattwa. Umat Hindu meyakini pula bahwa keberadaan Jiwatman membuat manusia bisa hidup. Atman diyakini memiliki sifat kekal dan sempurna.

Ketiga, keyakinan terhadap adanya Reinkarnasi. Orang Hindu percaya bahwa Atman atau diri sejati akan hidup kembali dalam tubuh baru setelah kematian.

Keempat, keyakinan terhadap hukum Karmaphala. Hukum abadi dari tuhan dan bisa kita sebut juga hukum sebab akibat, kalau ada suatu penyebab pasti ada akibatnya. Karmaphala adalah hukum sebab akibat dalam agama Hindu yang menyatakan bahwa setiap perbuatan akan mendatangkan hasil.

Kelima, keyakinan terhadap Moksa atau Moksa Tattwa. Moksa adalah tujuan di dalam agama Hindu. Lebih tepatnya Moksartam Jagathita Ya Ci Iti Dharma. Moksartam Jagathita Ya Ci Iti Dharma adalah tujuan hidup untuk mencapai kesejahteraan di dunia dan Moksa, yaitu kebahagiaan di akhirat. Tujuan akhir adalah bersatunya Atman pada sang asal.

Berperilaku Baik dan Benar

Jika kita lihat lebih dalam, ajaran Panca Sradha ini mengajarkan manusia untuk berperilaku baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dengan melakukan tindakan positif dan menghargai orang yang lebih tua.

Tentu saja ajaran ini jika dikaitkan dengan ajaran Islam, hampir memiliki kesamaan. Di mana setiap manusia yang taat pada Tuhan, ia akan senantiasa untuk selalu berbuat baik pada sesama. Sebab, kebaikan-kebaikan itu akan kembali pada diri kita masing-masing.

Sebagaimana yang diajarkan Allah, seluruh umat manusia memang harus memperlakukan orang lain dengan baik. Termasuk pada orang yang berbeda agama dan keyakinan. Karena sebaik-baiknya manusia adalah ia yang paling bertakwa pada Allah. Dan ketakwaan ini bisa kita nilai dengan sejauh mana kita memperlakukan orang lain dengan setara, adil dan penuh kasih. []

Tags: belajarCirebonPura Agung Jati Pramanatoleransi
Muhammad Dwi Arya Wibawa

Muhammad Dwi Arya Wibawa

Saya adalah Mahasantriwa Sarjana Ulama Perempuan Indonesia (SUPI) ISIF

Terkait Posts

Inses

Grup Facebook Fantasi Sedarah: Wabah dan Ancaman Inses di Dalam Keluarga

17 Mei 2025
Dialog Antar Agama

Merangkul yang Terasingkan: Memaknai GEDSI dalam terang Dialog Antar Agama

17 Mei 2025
Inses

Inses Bukan Aib Keluarga, Tapi Kejahatan yang Harus Diungkap

17 Mei 2025
Kashmir

Kashmir: Tanah yang Disengketakan, Perempuan yang Dilupakan

16 Mei 2025
Nakba Day

Nakba Day; Kiamat di Palestina

15 Mei 2025
Nenek SA

Dari Kasus Nenek SA: Hukum Tak Lagi Melindungi yang Lemah

15 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kekerasan Seksual Sedarah

    Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version