• Login
  • Register
Sabtu, 12 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Beribadah Tanpa Batas: Saatnya Rumah Ibadah Ramah untuk Semua!

Inklusivitas dalam ibadah bukan hanya soal memberi akses, tetapi juga tentang memberikan penghormatan dan pengakuan yang setara.

arinarahmatika arinarahmatika
13/03/2025
in Publik, Rekomendasi
0
Rumah Ibadah

Rumah Ibadah

962
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Setiap orang memiliki hak untuk menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinannya, termasuk penyandang disabilitas. Namun, kenyataannya, masih banyak rumah ibadah yang belum sepenuhnya ramah bagi mereka.

Masalah aksesibilitas menjadi hambatan utama, mulai dari tidak adanya jalur khusus bagi pengguna kursi roda, minimnya penerjemah bahasa isyarat bagi jamaah tuli, hingga kurangnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya inklusivitas dalam ibadah.

Pentingnya Kebebasan Beragama untuk Difabel

Kebebasan beragama bukan hanya tentang menjalankan ritual keagamaan, tetapi juga tentang memastikan bahwa setiap individu dapat melakukannya dengan nyaman dan tanpa hambatan. Penyandang disabilitas sering kali menghadapi tantangan yang tidak dialami oleh jamaah lain. Seperti sulitnya mengakses tempat ibadah karena desain bangunan yang tidak inklusif atau bahkan sikap diskriminatif yang masih terjadi di lingkungan sosial.

Dalam ajaran agama, setiap manusia memiliki kedudukan yang sama di hadapan Tuhan. Oleh karena itu, sudah sewajarnya rumah ibadah menjadi tempat yang terbuka dan ramah bagi semua kalangan.

Salah satu kendala utama adalah fasilitas fisik yang tidak ramah bagi difabel. Banyak tempat ibadah yang masih belum menyediakan ramp untuk pengguna kursi roda, guiding block untuk tunanetra, atau pintu yang cukup lebar agar mereka bisa bergerak dengan nyaman.

Baca Juga:

Praktik Kesalingan sebagai Jalan Tengah: Menemukan Harmoni dalam Rumah Tangga

Tidak Ada yang Sia-sia Dalam Kebaikan, Termasuk Menyuarakan Isu Disabilitas

Menakar Kualitas Cinta Pasangan Saat Berhaji

Sudahkah Etis Jokes atau Humor Kepada Difabel? Sebuah Pandangan Islam

Selain itu, bagi jamaah tuli, akses terhadap penerjemah bahasa isyarat di masjid atau gereja masih sangat minim. Sehingga membuat mereka kesulitan memahami ceramah atau khotbah yang disampaikan.

Selain hambatan fisik, stigma dalam pemahaman agama juga menjadi tantangan tersendiri. Masih ada anggapan bahwa penyandang disabilitas tidak wajib menjalankan ibadah tertentu karena kondisi mereka. Bahkan, dalam beberapa komunitas, mereka dianggap sebagai individu yang “pasti masuk surga” tanpa harus bersusah payah menjalankan ibadah.

Pemahaman seperti ini dapat menghambat mereka dalam berpartisipasi aktif dalam kegiatan keagamaan. Baik sebagai jamaah maupun sebagai bagian dari kepengurusan rumah ibadah. Padahal, difabel juga memiliki hak yang sama untuk beribadah dan berperan dalam komunitas keagamaan.

Kurangnya kesadaran dari pengurus rumah ibadah juga menjadi masalah besar. Banyak pemuka agama dan pengurus masjid atau gereja yang belum memahami pentingnya inklusivitas. Tanpa adanya dialog dan edukasi, mereka cenderung tidak menyadari bahwa penerapan desain dan kebijakan di tempat ibadah bisa menjadi penghalang bagi sebagian jamaah.

Langkah Nyata Menuju Rumah Ibadah yang Inklusif

Agar rumah ibadah benar-benar bisa terakses oleh semua orang, termasuk penyandang disabilitas, kita memerlukan beberapa langkah konkret;

Pertama, penting untuk mengawal kebijakan tentang aksesibilitas tempat ibadah. Salah satu regulasi yang bisa kita terapkan adalah Permen PUPR No. 14 Tahun 2017 yang mengatur kemudahan akses bangunan, termasuk rumah ibadah. Implementasi kebijakan ini bisa menjadi pijakan awal dalam membangun fasilitas yang lebih inklusif.

Kedua, perlunya dialog antara komunitas difabel dengan pemuka agama. Para pemimpin agama perlu kita beri pemahaman mengenai tantangan yang penyandang disabilitas hadapi saat beribadah. Dengan adanya diskusi terbuka, kita harapkan muncul kesadaran untuk menciptakan lingkungan ibadah yang lebih ramah bagi semua orang. Selain itu, pengurus rumah ibadah juga bisa mendapatkan masukan langsung mengenai fasilitas apa saja yang dibutuhkan.

Ketiga, kampanye publik tentang pentingnya inklusivitas dalam ibadah juga harus kita galakkan. Media sosial dan platform digital dapat kita gunakan untuk menyebarkan informasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai hak-hak penyandang disabilitas dalam menjalankan ibadah.

Semakin banyak orang yang memahami pentingnya aksesibilitas, semakin besar peluang untuk mendorong perubahan dalam desain dan tata kelola rumah ibadah.

Keempat, memberdayakan penyandang disabilitas agar lebih aktif dalam komunitas keagamaan. Mereka harus kita beri kesempatan untuk berperan, baik sebagai pengurus masjid atau gereja, sebagai pembicara dalam kajian keagamaan, maupun sebagai imam atau pemimpin ibadah jika memungkinkan.

Hal ini tidak hanya membantu mereka merasa lebih diterima, tetapi juga membuktikan bahwa disabilitas bukanlah penghalang untuk berkontribusi dalam aspek spiritual.

Mewujudkan Rumah Ibadah untuk Semua

Mengubah cara pandang terhadap aksesibilitas tempat ibadah bukan hanya soal mematuhi regulasi, tetapi juga tentang menjalankan nilai-nilai agama dengan lebih baik. Dalam berbagai ajaran agama, termasuk Islam dan Kristen, prinsip keadilan dan kemudahan dalam ibadah selalu ditekankan.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Sesungguhnya agama ini mudah, dan tidaklah seseorang memperberat dirinya dalam agama ini melainkan dia akan dikalahkan olehnya.” (HR. Bukhari). Hadis ini mengajarkan bahwa ibadah seharusnya tidak menjadi sesuatu yang sulit atau menyulitkan orang lain.

Dengan sedikit perubahan dalam pola pikir dan kebijakan, kita dapat menciptakan tempat ibadah yang benar-benar menjadi rumah bagi semua umat. Inklusivitas dalam ibadah bukan hanya soal memberi akses, tetapi juga tentang memberikan penghormatan dan pengakuan yang setara kepada setiap individu. Mari bersama-sama mendorong perubahan agar setiap orang, tanpa kecuali, bisa beribadah dengan tenang, nyaman, dan bermakna.

 

Tags: DifabelibadahInklusi SosialPenyandang DisabilitasRamah DisabilitasRelasiRumah Ibadah
arinarahmatika

arinarahmatika

Terkait Posts

Perempuan dan Pembangunan

Perempuan dan Pembangunan; Keadilan yang Terlupakan

12 Juli 2025
Isu Disabilitas

Tidak Ada yang Sia-sia Dalam Kebaikan, Termasuk Menyuarakan Isu Disabilitas

12 Juli 2025
Negara Inklusi

Negara Inklusi Bukan Cuma Wacana: Kementerian Agama Buktikan Lewat Tindakan Nyata

11 Juli 2025
Ikrar KUPI

Ikrar KUPI, Sejarah Ulama Perempuan dan Kesadaran Kolektif Gerakan

11 Juli 2025
Kopi yang Terlambat

Jalanan Jogja, Kopi yang Terlambat, dan Kisah Perempuan yang Tersisih

10 Juli 2025
Humor Kepada Difabel

Sudahkah Etis Jokes atau Humor Kepada Difabel? Sebuah Pandangan Islam

10 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Isu Disabilitas

    Tidak Ada yang Sia-sia Dalam Kebaikan, Termasuk Menyuarakan Isu Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perbedaan Biologis Tak Boleh Jadi Dalih Mendiskriminasi Hak Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Islam dan Persoalan Gender

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan dan Pembangunan; Keadilan yang Terlupakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Laki-laki dan Perempuan adalah Manusia yang Setara

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Praktik Kesalingan sebagai Jalan Tengah: Menemukan Harmoni dalam Rumah Tangga
  • Pentingnya Menempatkan Ayat Kesetaraan sebagai Prinsip Utama
  • Perempuan dan Pembangunan; Keadilan yang Terlupakan
  • Perbedaan Biologis Tak Boleh Jadi Dalih Mendiskriminasi Hak Perempuan
  • Tidak Ada yang Sia-sia Dalam Kebaikan, Termasuk Menyuarakan Isu Disabilitas

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID