• Login
  • Register
Jumat, 3 Februari 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Catatan Reflektif Wadon Dermayu Ora Meneng

Zahra Amin Zahra Amin
01/07/2019
in Publik
0
Wadon Dermayu Ora Meneng

Anak perempuan Indramayu yang mengikuti tradisi ngarot.

43
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Komunitas jaringan Wadon Dermayu Ora Meneng merupakan respon atas banyaknya persoalan perempuan di Indramayu. Seperti tingginya angka perkawinan anak, trafficking atau tindak pidana perdagangan orang, angka kematian ibu dan bayi yang baru dilahirkan (AKI/AKB), stunting, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), kekerasan seksual dan lain sebagainya.

Sementara, setiap komunitas perempuan dan organisasi yang peduli dengan isu perempuan hanya fokus pada isu yang sesuai dengan programnya masing-masing, sehingga cenderung cuek dan tidak peduli dengan persoalan perempuan lainnya.

Kita tak memungkiri, Indramayu pernah dipimpin oleh Bupati perempuan Hj. Anna Sophanah, dan banyak tokoh perempuan yang tidak diragukan lagi kiprahnya bahkan hingga dikenal ke level nasional. Sebut saja, Hj. Maria Ulfah Anshor yang pernah menjadi Komisioner Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Mantan Ketua PP. Fatayat NU.

Belum ditambah dengan sejumlah aktivis perempuan, pegiat dan penggerak isu-isu perempuan yang bertebaran dan masih asyik dengan programnya masing-masing. Semua itu merupakan potensi besar yang sayang jika tidak diberdayakan secara maksimal. Dan bagaimana potensi yang ada mampu dijadikan sebagai bagian dari solusi atas sekian masalah perempuan.

Masih hangat dalam ingatan saya ketika kecil dulu, stigma tentang perempuan Indramayu terdengar negatif. Mulai dari prostitusi illegal yang tersebar di sepanjang jalan pantura, sebutan RCTI (Rangda Cilik Turunan Indramayu), yang artinya banyak perempuan yang dikawinkan saat masih usia anak dan menjadi janda dalam rentang waktu yang singkat. Lalu tingkat pendidikan rendah bagi anak perempuan, sehingga akses terhadap peluang pekerjaan pun minim serta terbatas.

Daftar Isi

  • Baca Juga:
  • Menyoal Relasi Kemiskinan dan Tingginya Angka Dispensasi Perkawinan di Ponorogo
  • Angka Stunting yang Kian Genting
  • CATAHU 2022: Yayasan Selendang Puan Dharma Ayu Sebut Kekerasan Seksual di Indramayu Masih Tinggi
  • Mendidik Anak dengan Cinta dan Toleransi

Baca Juga:

Menyoal Relasi Kemiskinan dan Tingginya Angka Dispensasi Perkawinan di Ponorogo

Angka Stunting yang Kian Genting

CATAHU 2022: Yayasan Selendang Puan Dharma Ayu Sebut Kekerasan Seksual di Indramayu Masih Tinggi

Mendidik Anak dengan Cinta dan Toleransi

Streotype yang terlanjur melekat selama bertahun-tahun terhadap perempuan Indramayu menjadi tantangan tersendiri bagaimana melakukan perubahan, dari hal negatif menjadi positif. Meski menyadari tak semudah membalikkan telapak tangan, namun komunitas “Wadon Dermayu Ora Meneng” optimis jalan panjang kesetaraan akan semakin terang.

Selain membangun kesadaran dan komitmen bersama dengan menggunakan strategi keadilan gender dalam Islam, juga bagaimana menguatkan kapasitas para pegiat dan penggerak agar mampu melakukan pengorganisiran persoalan yang dihadapi perempuan.

Karena mayoritas masyarakat Indramayu adalah pemeluk agama Islam, yang selama ini tafsir terhadap teks agama masih bias dan misoginis. Dan hal itu juga tidak bisa dilakukan secara sepihak, maka komunitas harus menggandeng sebanyak mungkin jaringan yang akan terlibat nanti.

Atas dasar itu, saya berikhtiar memulainya dengan penguatan kapasitas agar tak lagi gamang saat melangkah ke depan. Karena menyadari bahwa perempuan sangat rentan dijadikan sebagai objek seksual dan domestikasi peran yang selalu dikaitkan dengan tubuh serta kesehatan reproduksinya. Sehingga dengan demikian, peran perempuan lantas dibatasi. Tak bisa apa-apa. Dan tak boleh ke mana-mana. Ruangnya hanya berada di sekitar rumah saja.

Perspektif mubadalah menjawab semua ketakutan dan kekhawatiran yang selama ini menghinggapi pikiran banyak perempuan. Karena mubadalah mengajak pada nilai kebaikan, bukan melakukan upaya perlawanan, sehingga persoalan tentang perempuan bukan hanya domain perempuan semata, tetapi menjadi masalah yang harus diselesaikan bersama, ditarik menjadi problem kemanusiaan.

Sejalan dengan gagasan dan strategi membentuk komunitas ini, saya menyimak buku “Menolak Tumbang Narasi Perempuan Melawan Kemiskinan”, yang ditulis oleh Ibu Lies Marcoes, bahwa ada empat isu perjuangan Kartini yang harus menjadi perhatian kita bersama. Pertama pendidikan perempuan, kedua tekanan untuk menikah, ketiga kesehatan reproduksi, dan keempat kekerasan terhadap perempuan.

Menurut Ibu Lies dalam buku tersebut, daur (siklus) hidup perempuan miskin sepertinya begitu pendek. Dalam waktu singkat, mereka melewati kanak-kanak, bergegas masuk ke dunia kerja sambil berrumah tangga. Periode ini sering disebut usia produktif. Bagi perempuan, itu bermakna ganda yang membutuhkan tenaga : produktif beranak pinak dan produktif secara ekonomi.

Selama periode itu, perempuan miskin berhadapan dengan sejumlah tantangan, pendidikan rendah, pernikahan di bawah umur, beban kerja berlipat ganda, serta hambatan menjalani kesehatan reproduktifnya dengan aman. Namun, kekerasan fisik dan non fisik merupakan gudang soal yang tak berkesudahan.

Pekerjaan rumah bagi pegiat dan penggerak perempuan, terutama di Indramayu memang sangat banyak sekali. Selain penguatan kapasitas perempuan itu sendiri, juga dibutuhkan kerjasama jaringan untuk melakukan pendampingan kasus, mendorong kebijakan publik serta pengolahan data yang berdasarkan hasil penelitian. Yang semua itu dilakukan secara bertahap dan simultan.

Saya percaya, perempuan yang berjuluk “matahari yang tak pernah tenggelam”, akan benar-benar hadir dan berdiri tegak sebagai makhluk yang merdeka dan berdaya. Tanpa diskriminasi, domestikasi dan stigmatisasi yang memasung harap serta cita-cita Kartini bagi perempuan di negeri ini.[]

Tags: IndramayuKasus Kawin AnakKomunitas
Zahra Amin

Zahra Amin

Zahra Amin Perempuan penyuka senja, penikmat kopi, pembaca buku, dan menggemari sastra, isu perempuan serta keluarga. Kini, bekerja di Media Mubadalah dan tinggal di Indramayu.

Terkait Posts

Satu Abad NU

Satu Abad NU:  NU dan Kebangkitan Kaum Perempuan 

3 Februari 2023
Pengelolaan Sampah

Bagaimana Cara Melakukan Pengelolaan Sampah di Pengungsian?

31 Januari 2023
Aborsi Korban Perkosaan

Ulama Bolehkan Aborsi Korban Perkosaan

31 Januari 2023
Pemakaman Muslim Indonesia

5 Konsep Pemakaman Muslim Indonesia dan Kontribusinya dalam Pelestarian Lingkungan Hidup

30 Januari 2023
Ulama Perempuan

Ulama Perempuan dan Gerak Kesetaraan Antar-umat Beragama

30 Januari 2023
Tradisi Tedhak Siten

Menggali Makna Tradisi Tedhak Siten, Benarkah Tidak Islami?

29 Januari 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Satu Abad NU

    Satu Abad NU:  NU dan Kebangkitan Kaum Perempuan 

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kisah Anak Perempuan yang Nabi Muhammad Saw Hormati

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kritik Ibn Hazm aẓ-Ẓahiri Terhadap Ulama yang Membolehkan Pernikahan Tanpa Wali

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 5 Penyebab Su’ul Khatimah yang Dilalaikan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Gaya Hidup Minimalis Dimulai dari Meminimalisir Pakaian

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Makna Hijab Menurut Para Ahli
  • 5 Penyebab Su’ul Khatimah yang Dilalaikan
  • Kisah Saat Perempuan Berbicara dan Berpendapat di Depan Nabi Saw
  • Gaya Hidup Minimalis Dimulai dari Meminimalisir Pakaian
  • Kisah Anak Perempuan yang Nabi Muhammad Saw Hormati

Komentar Terbaru

  • Refleksi Menulis: Upaya Pembebasan Diri Menciptakan Keadilan pada Cara Paling Sederhana Meneladani Gus Dur: Menulis dan Menyukai Sepakbola
  • 5 Konsep Pemakaman Muslim Indonesia pada Cerita Singkat Kartini Kendeng dan Pelestarian Lingkungan
  • Ulama Perempuan dan Gerak Kesetaraan Antar-umat Beragama pada Relasi Mubadalah: Muslim dengan Umat Berbeda Agama Part I
  • Urgensi Pencegahan Ekstrimisme Budaya Momshaming - Mubadalah pada RAN PE dan Penanggulangan Ekstrimisme di Masa Pandemi
  • Antara Ungkapan Perancis La Femme Fatale dan Mubadalah - Mubadalah pada Dialog Filsafat: Al-Makmun dan Aristoteles
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist