Mubadalah.id – Hampir semua lembaga pendidikan pada masa wabah Covid-19 ini harus tutup sementara sebagaimana imbauan pemerintah. Hal ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir potensi penyebaran Covid-19. Aktifitas apapun yang berpotensi menarik kerumunan banyak orang dilarang, termasuk belajar di sekolah. Bagaimana dinamika pendidikan di masa pandemi?
Model pembelajaran yang diterapkan di masa penutupan sekolah bergeser menjadi tatap muka melalui Hp. Bisa dengan membuat grup WA, atau kelas Zoom, suatu aplikasi yang bisa mempertemukan banyak orang dalam satu forum secara online melalui HP.
Model pembelajaran ini dirasa berat. Banyaknya orang tua mengeluhkan sulitnya penerapan model pembelajaran ini. Kesulitan tersebut diantaranya, kuota Hp menjadi lebih boros, sinyal yang tidak bersahabat karena di daerah terpencil dan tetap diwajibkannya membayar SPP secara penuh.
Alasan-alasan di atas membuat posisi orang tua lebih banyak dirugikan. Mereka harus mendampingi anak belajar secara mandiri di rumah, namun harus tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga termasuk biaya SPP tetap dibayar penuh. Problematika yang terjadi masa wabah ini membuat shock therapy pada sebagian besar masyarakat. Semua dituntut untuk beradaptasi dengan model baru dalam menjalani keseharian termasuk bersekolah.
Fungsionalisasi Rumah sebagai Sekolah
Pada akhir 1970-an, Ivan Illich, seorang praktisi dan pemerhati pendidikan mengejutkan masyarakat dengan gagasan kontroversial tentang masyarakat tanpa sekolah Deschooling Society. Ivan Menyampaikan “Masing-masing dari kita mempunyai tanggung jawab untuk membebaskan diri dari sistem sekolah, karena hanya kitalah yang sanggup melaksanakannya.”
Idealnya jika merespon apa yang pernah disampaikan Ivan Illich, maka sudah seharusnya pemerintah memikirkan pola pembelajaran terbaru yang bisa ramah pada anak dan orang tua. Misalnya, melibatkan para orang tua di daerah untk menyusun kurikulum tersendiri dengan merespon potensi alam di sekitarnya.
Contoh tugas yang diberikan adalah membantu orang tua bekerja di sawah. Membantu bercocok tanam di sawah sebagai upaya dalam ketahanan keluarga. Memberikan pekerjaan rumah dengan membantu orang tua berjualan secara online, sehingga evaluasi tugas harian adalah seberapa anak dapat membantu pekerjaan orang tua di rumah, apapun profesi ortang tua.
Anak tidak akan dibebani tugas berat sekolah yang kadang sangat jauh dari aktifitas keseharian, di samping itu orang tua dapat bekerja sama tetap bekerja dengan dibantu anak-anaknya di rumah. Sehinggga aktifitas stay at home menjadi lebih ramah bagi semua anggota keluarga.
Jika ini dikemas secara baik oleh pihak-pihak yang berkepentingan, termasuk pemerintah yang menangani bidang pendidikan. Maka akan terdapat relasi resiprokal (timbal-balik) antara dunia pendidikan dengan kondisi sosial masyarakat.
Relasi ini bermakna bahwa apa yang berlangsung dalam dunia pendidikan merupakan gambaran dari kondisi yang sesungguhnya di kehidupan masyarakat yang kompleks. Demikian juga sebaliknya, kondisi masyarakat, baik dalam aspek kemajuan, peradaban dan sejenisnya, tercermin dalam kondisi dunia pendidikannya.
Masyarakat tidak lagi direduksi menjadi konsumen semata, sementara lembaga pendidikan menempatkan diri sebagai produsen. Selama ini masyarakat sering kali dilihat semata-mata sebagai objek pendidikan.
Dengan diterapkannya kurikulum sementara dalam melewati wabah ini, masyarakat akan mampu menjalankan fungsi pendidikan lewat elemen sosial dan budaya yang luas tanpa harus terikat dengan otoritas kelembagaan seperti sekolah. Gagasan ini memang belum konkret, tetapi jika melihatnya sebagai parodi, maka betapa tepatnya Illich menilai dan mendeskripsikan eksistensi lembaga pendidikan di tengah masyarkat terutama di masa pandemi ini.
Dalam proses pembelajaran dan pemberdayaan pendidikan, mengambil peran sebagai subyek bukanlah sesuatu yang mudah dalam kondisi sistem pendidikan kita yang sangat birokratis dan sentralistis. Ketimpangan relasi dalam praktik pendidikan kita bisa dilihat dari hal-hal yang dianggap kecil dan sederhana. Akan tetapi, sesungguhnya berimplikasi besar bagi kesejahteraan warga negara, khususnya warga miskin dan warga terpencil.
Proses pembelajaran di sekolah menggunakan sistem daring misalnya, berdampak pada proses pendidikan, yang berpihak hanya pada pemilik HP, kuota dan wilayah pemilik sinyal. Fenomena masyarakat marginal, memandang bahwa sekolah itu penting dan menganggap sekolah sebagai satu-satunya tempat untuk menyiapkan anak menghadapi masa depan yang lebih baik.
Kebutuhan masyarakat yang memiliki Sumber Daya Manusia tinggi, perantinya adalah pendidikan. Sayangnya, pendidikan melalui sekolah tidak mampu lagi dijangkau masyarakat miskin. Pendidikan adalah manifestasi kehidupan. Proses pendidikan adalah proses memanusiakan manusia. Kehidupan akan berkembang dengan optimal ketika ada suasana yang baik. Pendidikan berkualitas diharapkan bisa mengantarkan anak menjadi insan yang berkualitas.
Masalah lainnya, program pemerintah adalah menggratiskan uang SPP sekolah, namun pada praktiknya uang gedung dan uang alat sebagai sarana pendidikan tetap mahal. Masih banyak sekolah negeri yang meminta pungutan kepada wali siswa untuk uang sumbangan sekolah dengan nilai angka nominal yang tinggi.
Pendidikan sangat vital bagi pembentukan karakter sebuah peradaban dan kemajuan yang mengiringinya. Tanpa pendidikan, sebuah bangsa atau masyarakat tidak akan pernah mendapat kemajuan dan beradab. Karena itu, sebuah peradaban yang memberdayakan lahir dari suatu pola pendidikan dalam skala luas, tepat guna, efektif, kontekstual dan mampu menjawab segala tantangan zaman. []