• Login
  • Register
Rabu, 29 Maret 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Buku

Etin Anwar: Isu Gender dalam Pandangan Filsafat Islam

Prof. Etin menunjukkan bahwa jenis Islam yang di dalamnya ada santri akan menampilkan wajah yang moderat dan sangat inklusif terhadap perempuan

Fatikhatul Faizah Fatikhatul Faizah
04/03/2023
in Buku, Rekomendasi
0
Isu Gender

Isu Gender

567
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Telah banyak beredar buku dan atau gagasan berkenaan dengan kritik terhadap konstruksi kesejajaran laki-laki dan perempuan dari berbagai sudut pandang. Salah satunya melalui wacana keagamaan. Namun ketika berbincang melibatkan perpektif ini acap kali terpantul dua wajah paradoks; di satu sisi pantulan cermin realita sosio-historik yang kemudian kalau ditarik sering direlasikan dengan ideologi sekular khas warisan Barat. Di sisi lain wacana agama ketika mengemas isu gender kerap memunculkan pantulan supremasi keagamaan yang doktrinal.

Dalam Islam sendiri, metodologi yang kita gunakan untuk mengkaji isu gender sangat bervariasi, mulai dari perspektif ideologis, sejarah, fikih, dan lain-lain. Sementara di Barat untuk kajian gender dalam tradisi Islam acap kali masih memakai pendekatan sejarah, sosiologi dan hermeneutika. Dari sekian piranti tersebut orientasinya sama. Yakni untuk memahami perempuan secara proporsional.

Berangkat dari tujuan yang sama, adalah Etin Anwar-intelektual diaspora Indonesia yang tinggal di Amerika, menggunakan piranti filsafat Islam untuk membaca perempuan. Melalui bukunya “Jati-Diri Perempuan dalam Islam”, sebagai Muslimah ia tergugah untuk mengkaji gender dari kacamata insider.

Daftar Isi

    • Rentetan Kegelisahan Terkait Isu Gender
  • Baca Juga:
  • Islam Pada Awalnya Asing
  • 3 Tips Jika Target Ibadah Ramadan Berhenti di Tengah Jalan
  • 5 Dasar Toleransi Menurut Wahbah Az-Zuhaili
  • Asy-Syifa Binti Abdullah: Ilmuwan Perempuan Pertama dan Kepala Pasar Madinah
    • Mengapa Filsafat Islam?
    • Filsafat Kontemporer Belum Memasukkan Isu Gender
    • Penciptaan Manusia dari Nafs Wahidah
    • Berangkat dari Pandangan Seorang Insider

Rentetan Kegelisahan Terkait Isu Gender

Buku “Jati-Diri Perempuan dalam Islam” berangkat dari kegelisahan Prof. Etin. Mulai dari logika berpikir gender yang masih didominasi laki-laki, di mana produksi dan sirkulasi pengetahuan agama adalah milik laki-laki. Melalui sistem berpikir gender yang male-dominated akan menghasilkan sistem yang partriarki. Kedua, terkait dengan penciptaan manusia. Wacana yang bergulir kemudian menghasilkan konsepsi bahwa perempuan adalah ciptaan sekunder dan laki-lakilah yang sepenuhnya berperan dalam proses reproduksi.

Ketiga, adanya dampak legitimasi otoritatif terhadap reproduksi manusia. Lagi-lagi kontribusi perempuan dianggap sebagai sekunder. Keempat, problematika tentang maskulinitas dan femininitas yang dinarasikan dengan perintah agama. Prof. Etin mengangkat kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha. Selain itu juga menyoroti praktik keagamaan terkait dengan diri perempuan di dunia Muslim. Kelima, sistem gender yang dominan dan hierarkis akan menentukan pembentukan jati-diri perempuan.

Baca Juga:

Islam Pada Awalnya Asing

3 Tips Jika Target Ibadah Ramadan Berhenti di Tengah Jalan

5 Dasar Toleransi Menurut Wahbah Az-Zuhaili

Asy-Syifa Binti Abdullah: Ilmuwan Perempuan Pertama dan Kepala Pasar Madinah

Pada intinya buku “Jati-Diri Perempuan dalam Islam” ini tersusun dalam rangka membongkar akar-akar teologis, sosial, politik dan budaya dari sistem gender hierarki yang dominan dan dampaknya terhadap konstruksi jati-diri perempuan. Semua problematika gender tersebut dikupas tuntas oleh Prof. Etin dengan pisau analisis filsafat Islam.

Mengapa Filsafat Islam?

Profesor yang kerap kita sapa dengan Teh Etin ini mengemukakan beberapa hal yang memicu ketertarikannya pada filsafat Islam. Salah satunya perjumpaannya dengan pemikiran Ibn Sina yang mendialogkan hasil pemikiran dari wahyu dan akal. Kemudian masih langkanya kajian gender dalam tradisi keilmuan Islam yang jarang menggunakan filsafat Islam. Padahal bagi Prof. Etin, pendekatan filsafat memiliki keunggulan dalam memperlihatkan multidimensi sebuah realitas. Termasuk dimensi universal, aksidental, partikularitas, dan dimensi lainnya (hlm. 7).

Melalui rangkaian dimensi tersebut terjawab bagaimana ajaran Islam turun beserta rentetan panjang perjalanan dakwah Nabi. Dari sinilah Prof. Etin kemudian menarik benang merah bahwa realitas-realitas partikular yang bermuara pada kehidupan Nabi maupun interpretasi Al-Qur’an terkadang sering diterima sebagai tata nilai universal. Padahal di dalamnya banyak berkelindan tata nilai etis.

Yang kedua ini kemudian yang sering terlupakan (hlm. 7). Keuniversalan inilah yang dinormalisasi menjadi semacam framework yang kaitannya dengan konstruksi peran laki-laki dan perempuan, hingga mengarah pada patriarki dan misogini. Selain itu juga terserapnya budaya pra-Islam yang menjadikan perempuan sebagai objek seksual dan barang dagangan.

Lalu pertanyaan lanjutannya, bagaimana filsafat Islam bekerja? Untuk menjawab ini, Prof. Etin mengawali penjelasannya dengan pemaparan bagaimana filsafat secara umum menangani persoalan gender. Jawabannya didasarkan pada argument bahwa filsafat dapat mengurai masalah “peran sosial kaum perempuan, ketertindasan dan kebebasan mereka” secara filosofis (hlm. 36).

Filsafat Kontemporer Belum Memasukkan Isu Gender

Namun beberapa filsafat kontemporer terkadang belum memasukkan isu-isu gender karena masih berkutat seputar sejarah, epistemologi, mistik, etika, ontologi dan politik. Di sini Prof. Etin juga memberikan kritik terhadap terhadap pendekatan filsafat itu sendiri (hlm. 37-38).

Operasionalisasi filsafat Islam sebagai metodologi kurang lebih digunakan untuk membangun argument induktif untuk menghasilkan sebuah abstraksi pembahasan filosofis tentang gender dan jati-diri dalam Islam. “Sebuah karya filsafat”, begitu Prof. Etin menjuluki buku ini, karena memang penjabarannya sangat luas dan kaya akan khazanah keilmuan filsafat, khususnya filsafat Islam. Tidak hanya sekedar metodologi, filsafat Islam juga berkelindan dengan norma dan praktik Islam.

Oleh karena itu, piranti yang memang berangkat dari diri Islam sendiri itu harapannya dapat menghasilkan kajian yang objektif. Meskipun lagi-lagi masih berkembang asumsi bahwa filsafat Islam adalah metode yang tidak netral. Bagaimanapun dalam buku ini Prof. Etin menguatkan keobjektifikannya dengan menghadirkan beragam literatur serta melakukan autokritik terhadap interpretasi Islam sendiri.

Dalam bab satu sendiri, kerangka filsafat Islam ia gunakan untuk membedah secara filosofis akar-akar sistem gender. Mulai yang hierarkis hingga yang egaliter. Untuk mencapai konsep gender yang egaliter Prof. Etin menyajikan konsep “tiga realitas mendasar” dalam filsafat Islam, yakni Tuhan, alam semesta (makrokosmos), dan manusia (mikrokosmos).

Penciptaan Manusia dari Nafs Wahidah

Dalam pengertian ini lahirlah sifat dasar manusia sebagai makhluk menolak hak siapapun untuk mendominasi orang lain (hlm. 59-60). Di samping itu, jati-diri manusia yang terbentuk secara material (material self) yang memiliki fluiditas maskulin dan feminine juga seharusnya menghasilkan hubungan yang egaliter.

Selanjutnya dalam bab dua, filsafat Islam mengulas dalam ranah ontologis, di mana laki-laki dan perempuan berasal dari satu entitas. Penciptaan dari nafs wahidah ini memunculkan kemanusiaan yang inklusif (hlm. 108,139,147-148). Bab tiga sendiri memperlihatkan bahwa filsafat Islam bertanggungjawab terhadap de-esensialisasi peran perempuan dalam reproduksi. Adapun operasionalisasinya menghadirkan beragam tafsir Al-Qur’an dan juga keilmuan sains terkait dengan reproduksi.

Bab ke empat, Prof. Etin menyinggung lagi tentang material self . Dengan sarana filsafat Islam Prof. Etin menguraikan akar-akar budaya lokal yang mempengaruhi pembentukan jati-diri material perempuan. Ia juga menegaskan banyaknya problematika perempuan. Mulai dari stigmatisasi, marginalisasi, subordinasi, beban ganda, dan kekerasan karena material self perempuan terbentuk dari legitimasi otoritatif laki-laki.

Terakhir, filsafat Islam terpantulkan melalui konsep jati-diri yang multisegi, baik ontologis, etis, psikologis atau eksistensional. Prof. Etin menarik kesimpulan multisegi jati-diri perempuan tadi dilemahkan oleh gagasan legitimasi agama dan budaya lokal yang meremehkan nilai perempuan sebagai manusia. Oleh karena itu perempuan harus memupuk rasa bertanggungjawab dalam memperbaiki dan mengubah kehidupan baik dari bidang sosial, ekonomi, politik dan budaya.

Berangkat dari Pandangan Seorang Insider

Sebagai seorang diaspora Indonesia-santri-akademisi yang telah melalangbuana melalui rihlah spiritual dan intelektualnya menjadikan buku ini kaya akan pengalaman, data dan literatur. Meskipun sudah menetap di Amerika membuat Prof. Etin tidak melupakan “jati-diri”nya sebagai orang Indonesia. Malahan genuenitas pemikiran khas Islam Indonesia yang moderat menjadi semacam ilham untuk mendiseminasikan nilai-nilainya kepada masyarakat dunia. Prof. Etin mengungkapkan kehidupan perempuan di Indonesia jauh lebih dinamis di ranah publik dan privat. Oleh karena itu terdapat beberapa wacana yang memang dilandasi oleh pengalaman keislaman di Indonesia.

Menjadi perempuan yang menulis tentang perempuan dalam artian seorang insider membuatnya tidak bias dan subjektif. Gagasannya masih dalam lingkaran metodologi itu sendiri. Justru sebagai insider ia memperlihatkan bahwa pandangan orang dalam tentang teori dan praktik gender memiliki nuansa yang berlapis-lapis. Melalui pengalamannya berjumpa dengan berbagai elemen masyarakat menjadikan pemikirannya autentik. Menariknya, gagasan perempuan memang seharusnya diproduksi oleh perempuan itu sendiri sebagai insider bukan malahan oleh laki-laki (outsider).

Terakhir, gagasannya juga terekternalisasi dari pengejawantahannya sebagai seorang santri. Prof. Etin mendudukkan dirinya sebagai santri entah dalam sebuah kelas maupun identitas agama. Terkait ini ia berupaya untuk akrab dengan bahasa, narasi dan logika yang santri gunakan terhadap isu gender dalam Islam. Dan sekali lagi Prof. Etin menunjukkan bahwa jenis Islam yang di dalamnya ada santri akan menampilkan wajah yang moderat dan sangat inklusif terhadap perempuan. []

 

 

 

 

Tags: Etin AnwarFilsafat IslamislamIsu GenderJati Diri Perempuan
Fatikhatul Faizah

Fatikhatul Faizah

Ibu Rumah Tangga sembari sesekali mengajar. Minat/kajian di Kajian tafsir Al Qur'an, dan Domisili Yogyakarta

Terkait Posts

Flexing Ibadah

Flexing Ibadah selama Ramadan, Bolehkah?

28 Maret 2023
Propaganda Intoleransi

Waspadai Propaganda Intoleransi Jelang Tahun Politik

27 Maret 2023
Penutupan Patung Bunda Maria

Kisah Abu Nawas dan Penutupan Patung Bunda Maria

26 Maret 2023
Zakat bagi Korban

Pentingnya Zakat bagi Perempuan Korban Kekerasan Seksual

25 Maret 2023
Asy-Syifa Binti Abdullah

Asy-Syifa Binti Abdullah: Ilmuwan Perempuan Pertama dan Kepala Pasar Madinah

24 Maret 2023
Nalar Kritis Muslimah

Nalar Kritis Muslimah: Menghadirkan Islam yang Ramah Perempuan

23 Maret 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Sittin al-‘Adliyah

    Kitab Sittin Al-‘Adliyah: Prinsip Kasih Sayang Itu Timbal Balik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Menjadi Bapak Rumah Tangga Dianggap Rendah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menggali Nilai-nilai Tradisi di Bulan Ramadan yang Mulia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Islam Pada Awalnya Asing

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Imam Malik: Sosok yang Mengapresiasi Tradisi Lokal

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Islam Pada Awalnya Asing
  • Jalan Tengah Pengasuhan Anak
  • Imam Malik: Sosok yang Mengapresiasi Tradisi Lokal
  • Mengapa Menjadi Bapak Rumah Tangga Dianggap Rendah?
  • Kitab Sittin Al-‘Adliyah: Prinsip Kasih Sayang Itu Timbal Balik

Komentar Terbaru

  • Profil Gender: Angka tak Bisa Dibiarkan Begitu Saja pada Pesan untuk Ibu dari Chimamanda
  • Perempuan Boleh Berolahraga, Bukan Cuma Laki-laki Kok! pada Laki-laki dan Perempuan Sama-sama Miliki Potensi Sumber Fitnah
  • Mangkuk Minum Nabi, Tumbler dan Alam pada Perspektif Mubadalah Menjadi Bagian Dari Kerja-kerja Kemaslahatan
  • Petasan, Kebahagiaan Semu yang Sering Membawa Petaka pada Maqashid Syari’ah Jadi Prinsip Ciptakan Kemaslahatan Manusia
  • Berbagi Pengalaman Ustazah Pondok: Pentingnya Komunikasi pada Belajar dari Peran Kiai dan Pondok Pesantren Yang Adil Gender
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist