• Login
  • Register
Senin, 19 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Gara-gara Wajib Jilbab: Kekerasan Berbasis Agama dan Gender

Aturan berpakaian dalam agama sering kali menjadi salah satu aspek penting dalam menjaga identitas, dan kemurnian agama

Alifah Nurul Fadilah Alifah Nurul Fadilah
05/09/2023
in Publik, Rekomendasi
0
Kekerasan Berbasis Agama

Kekerasan Berbasis Agama

1.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Kekerasan berbasis agama muncul ketika individu atau kelompok melakukan tindakan kekerasan dengan mengatasnamakan agama atau keyakinan tertentu. Fenomena ini melibatkan beragam bentuk tindakan, seperti diskriminasi hingga kekerasan fisik kepada individu atau kelompok, dengan dasar keyakinan bahwa tindakan-tindakan tersebut sejalan dengan nilai-nilai agama yang mereka anut.

Munculnya mekanisme kekerasan berbasis agama sering kali hadir karena interpretasi yang sempit atau ekstrem terhadap ajaran agama. Interpretasi semacam itu kemudian menggunakannya untuk membenarkan tindakan represif.

Dalam beberapa hari terakhir, telah terjadi kasus yang mencolok dalam bentuk hukuman pemotongan rambut siswi yang tidak mengenakan ciput (dalaman jilbab). Tindakan ini menyoroti dinamika kompleks dalam masyarakat kita yang melibatkan aspek sosial, agama, dan gender.

Dalam kasus semacam ini, tindakan kekerasan bukan hanya mencerminkan gejala sosial yang lebih dalam, tetapi juga mencerminkan pergeseran dalam tafsir dan pelaksanaan nilai-nilai agama.

Interpretasi Agama Yang Kaku = Melanggar Hak-hak Individu

Hukuman memotong rambut kepada siswi sebagai bentuk disiplin terhadap siswi yang tidak mengenakan ciput adalah suatu tindakan yang rumit dan problematik. Hal ini menjadi sorotan karena Interpretasi kaku aturan berpakaian agama mengilustrasikan bagaimana bisa muncul tindakan kekerasan dan penindasan pada individu.

Baca Juga:

Merangkul yang Terasingkan: Memaknai GEDSI dalam terang Dialog Antar Agama

Kritik Syaikh Al-Ghazali atas Diskriminasi Kesaksian Perempuan

Penyalahgunaan Otoritas Agama dalam Film dan Drama

Mempertegas Diksi Perempuan untuk Menjelaskan Ketimpangan Gender itu Nyata

Aturan berpakaian dalam agama sering kali menjadi salah satu aspek penting dalam menjaga identitas, dan kemurnian agama. Namun, potong rambut sebagai hukuman atas pelanggaran aturan menggugah pertanyaan tentang hak individu dan kebebasan beragama.

Kasus semacam ini mengingatkan kita akan perlunya konteks sosial dan budaya dalam menginterpretasikan aturan berpakaian agama. Apa yang dianggap sebagai pelanggaran dalam satu interpretasi agama mungkin dianggap sebagai hal yang lumrah dalam interpretasi lainnya.

Oleh karena itu, tindakan kekerasan semacam ini tidak dapat dibenarkan. Kita perlu menegakkan norma-norma agama pada interpretasi yang wajar dan tanpa melanggar hak asasi individu lainnya.

Kompelksitas Konflik: Agama, Gender dan Hak Asasi Manusia

Dalam melihat persoalan ini, kemudian membawa kita kepada sebuah kompleksitas konflik yang lebih luas tidak terbatas hanya pada aspek agama semata. Hukuman semacam ini sering kali juga menyasar pada konteks gender. Perempuan yang  menjadi sasaran utama, dalam tindakan ini.

Sebab, hal ini menjadi bentuk kontrol terhadap tubuh perempuan dan mengingatkan kita pada aspek patriarki dalam masyarakat. Pemahaman agama yang salah atau terdistorsi kadang-kadang digunakan untuk membenarkan tindakan semacam ini. Akibatnya, perempuan mungkin berpikir dirinya tak berdaya, dan terkungkung dalam ruang yang tersembunyi.

Selain itu, kasus semacam ini juga mengangkat pertentangan antara hak asasi individu dan norma-norma agama. Di masyarakat demokratis, perlindungan hak asasi mendasar seperti beragama dan berekspresi menjadi esensial. Namun, ketika hak-hak ini terkompromikan oleh interpretasi yang ekstrem dari ajaran agama, muncul konflik sedemikian rupa yang memperrumit isu-siu kebebasan di Negara kita.

Membangun Awareness dan Sikap Terbuka

Kasus ini kemudian membawa kita pada perlunya awareness atau kesadaran yang lebih dalam tentang isu kekerasan berbasis agama dan gender. Kesadaran ini tidak hanya mencakup pemahaman mendalam tentang tindakan-tindakan kekerasan tersebut, tetapi juga dampaknya secara sosial, psikologis, dan emosional. Awareness menjadi kunci dalam mengubah pandangan dan tindakan masyarakat terkait isu ini.

Hukuman semacam itu tidak hanya berdampak pada fisik, tetapi juga psikologis. Korban mungkin mengalami trauma dan stres akibat perlakuan tersebut. Rasa malu dan merasa mendapatkan perlakuan tidak adil dapat merusak harga diri siswi yang mengalami hukuman semacam ini. Dampak psikologis ini dapat membentuk pandangan negatif terhadap agama, serta mengganggu perkembangan pribadi dan akademik korban.

Edukasi memainkan peran penting dalam meningkatkan awareness terhadap isu kekerasan berbasis agama. Lembaga pendidikan dan agama perlu terlibat aktif dalam mengedukasi kita semua tentang hak asasi manusia, kesetaraan gender, dan pengertian agama yang inklusif. Melalui edukasi yang tepat, Kita dapat lebih memahami kompleksitas isu ini dan lebih terbuka terhadap dialog lintas agama dan budaya.

Perjuangan Melawan Kekerasan

Kasus kekerasan seperti ini; hukuman potong rambut terhadap siswi yang tidak mengenakan ciput ini menjadi momentum untuk mengatasi masalah yang lebih luas, termasuk perundungan di sekolah.

Oknum guru yang melakukan perundungan terhadap siswa harus mendapatkan sanksi tegas sebagai bentuk perlawanan terhadap perilaku merugikan ini. Guru seharusnya menjadi panutan yang mendorong pembelajaran, pertumbuhan, dan pengembangan siswa, bukan malah menyebabkan trauma dan penderitaan.

Sikap yang responsif dan peduli dari guru lainnya dan pihak sekolah menjadi sangat penting dalam menyikapi masalah kekerasan berbasis agama dan gender dalam lingkungan sekolah.

Pertama, pendekatan preventif melalui sosialisasi dan edukasi tentang nilai-nilai toleransi, hak asasi manusia, serta kesetaraan gender. Guru juga perlu menjaga komunikasi yang terbuka dengan siswa untuk memahami permasalahan yang mungkin mereka alami.

Guru dan pihak sekolah juga perlu menjalankan tanggung jawab untuk memberikan perlindungan kepada korban perundungan dengan cara mendengarkan dan memberikan dukungan. Mewujudkan lingkungan sekolah inklusif dan bebas dari kekerasan adalah tanggung jawab bersama, di mana setiap individu merasa aman dan saling menghormati, tak peduli jenis kelamin dan keyakinan agama. []

Tags: Aturan JilbabDiskriminasiHijab Syar'iHukum Menggunakan PakaianJilbabKekerasan Berbasis Agama
Alifah Nurul Fadilah

Alifah Nurul Fadilah

saya seorang pembelajar dan pejuang kesetaraan. isu perempuan, hak asasi manusia dan keberagaman adalah minat saya. Ig: @alifadilah_

Terkait Posts

Nyai Nur Channah

Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

19 Mei 2025
Nyai A’izzah Amin Sholeh

Nyai A’izzah Amin Sholeh dan Tafsir Perempuan dalam Gerakan Sosial Islami

18 Mei 2025
Inses

Grup Facebook Fantasi Sedarah: Wabah dan Ancaman Inses di Dalam Keluarga

17 Mei 2025
Dialog Antar Agama

Merangkul yang Terasingkan: Memaknai GEDSI dalam terang Dialog Antar Agama

17 Mei 2025
Inses

Inses Bukan Aib Keluarga, Tapi Kejahatan yang Harus Diungkap

17 Mei 2025
Kashmir

Kashmir: Tanah yang Disengketakan, Perempuan yang Dilupakan

16 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kekerasan Seksual Sedarah

    Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version