Jumat, 7 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    istihadhah yang

    Istihadhah: Saat Fiqh Perlu Lebih Empatik pada Perempuan

    Rumah Ibadah

    Rumah Ibadah Belum Memberikan Ruang Aman untuk Perempuan

    istihadhah

    Ketika Fiqh Tak Ramah Perempuan: Meninjau Ulang Hukum Istihadhah

    Nostra Aetate

    Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

    Memudahkan

    Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

    Pesantren Inklusif

    Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

    Haid yang

    Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan

    Menikah

    Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    Haid yang

    Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    istihadhah yang

    Istihadhah: Saat Fiqh Perlu Lebih Empatik pada Perempuan

    Rumah Ibadah

    Rumah Ibadah Belum Memberikan Ruang Aman untuk Perempuan

    istihadhah

    Ketika Fiqh Tak Ramah Perempuan: Meninjau Ulang Hukum Istihadhah

    Nostra Aetate

    Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

    Memudahkan

    Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

    Pesantren Inklusif

    Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

    Haid yang

    Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan

    Menikah

    Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    Haid yang

    Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Hentikan Rasisme dan Sikap Diskriminatif

Hal-hal demikian dapat kita lakukan sebagai bahan refleksi, di antaranya adalah dengan menanamkan kebiasaan berpikir rasional dan ilmiah

Efrial Ruliandi Silalahi Efrial Ruliandi Silalahi
31 Mei 2023
in Publik
0
Sikap Diskriminatif

Sikap Diskriminatif

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Sebelum mengulas upaya menghentikan rasisme dan sikap diskriminatif, saya ingin berbicara mengenai sejarah kemunculan ras. Ide tentang ras tentunya mengacu pada kategorisasi manusia yang para antropolog dan filsuf lakukan di abad ke-18 lalu. Mereka menggunakan lokasi geografis dan ciri-ciri fisik orang (seperti warna kulit, tekstur rambut, ciri wajah, bentuk mata) dalam kelompok yang berbeda.

Motif dari pengelompokan ini sangat berhubungan erat dengan budaya perekonomian di masa lalu. Di mana orang-orang di masa itu melakukan praktik perbudakan. Meskipun praktik perbudakan [[mungkin]] tidak ada lagi di jaman sekarang, namun sejarah perbudakan sangat berdampak pada bagaimana orang dengan karakteristik tertentu mendapatkan perlakuan secara tidak adil dalam kultur sosial.

Apa Itu Rasis?

Rasis adalah sifat individu yang menilai atau memperlakukan orang maupun kelompok orang secara berbeda berdasarkan karakteristik fisik yang terlihat, seperti fitur-fitur pada wajah, warna kulit atau rambut, bentuk mata dan sifat morfologi (penampakan fisik) lainnya.

Nah, bagaimana sifat ini berkembang dalam diri manusia? Secara alamiah, manusia memiliki kecenderungan genetik untuk mempertahankan gennya atau membuat gennya dapat bertahan (dengan cara diturunkan kepada generasi berikutnya).

Maka dalam proses ini, manusia membutuhkan sumber daya. Keterbatasan sumber daya ini menjadi seleksi terhadap kelestarian gen. Sebagai contoh, keturunan seseorang bisa mati akibat kurangnya sumber daya makanan yang bergizi atau air bersih.

Dari situlah orang memiliki kecenderungan naluri untuk membantu orang lain yang memiliki kedekatan genetik dengannya dan mengorbankan yang tidak.

Misalnya berbicara mengenai kondisi bencana kelaparan, orang akan mengutamakan memberi makan anak kandungnya dibandingkan anak orang lain, atau saat terjadi bencana gempa bumi atau longsor, ketika mendapatkan bantuan dari yang bukan seagama ataupun satu suku, akan memiliki kesan maupun asumsi yang negatif terhadap bantuan tersebut.

Sikap diskriminatif ini ada dalam berbagai bentuk dan rasis adalah salah satu bentuknya. Kenapa bisa begitu? Padahal faktanya, kedekatan genetik itu tidak ditentukan oleh penampakan fisik?

Naluri tidaklah selalu benar. Ilustrasi sederhananya yakni kita mengembangkan naluri tidak secara rasional. Artinya, kita memang tidak secara sadar membangun naluri berdasarkan fakta-fakta. Naluri dengan sendirinya ada sebagai hasil campuran antara kecenderungan genetik dan ajaran budaya yang ditanamkan dalam proses kita bertumbuh.

Oleh karena itu, dorongan sikap diskriminatif yang ada di awal tadi, bisa berkembang menjadi sifat rasis yang berbasis pada penampakan fisik. Hal inilah kemudian diperparah dengan adanya dukungan dari ajaran budaya tertentu (dalam bentuk norma, kepercayaan, paradigma berpikir, nilai-nilai, dan lain sebagainya) yang membiasakan bersifat rasis.

Upaya Mengurangi Sifat Diskriminatif

Saat ini rasanya agak sulitnya untuk membangun kesadaran bersolidaritas. Dalam dunia yang semakin terbatas dan kompetitif, bakat sikap diskriminatif dalam diri manusia bisa jadi terpicu untuk menguat. Sehingga hal ini mempersulit upaya untuk membangun rasa kemanusiaan atau solidaritas manusia (humanity) yang solid.

Setidaknya, ada beberapa cara untuk mengurangi sifat diskriminatif, termasuk rasis, dalam diri masyarakat. Hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan sebagai bahan refleksi, di antaranya adalah dengan menanamkan kebiasaan berpikir rasional dan ilmiah. Hal ini sangat diperlukan untuk menjinakkan dorongan insting yang tidak sesuai fakta dan tidak sehat dalam diri kita.

Berikutnya dengan mengupayakan ketersediaan sumber daya dasar untuk semua. Tentunya sangat diperlukan agar orang merasa kebutuhannya bisa terpenuhi dengan baik tanpa harus mengorbankan orang lain. Dan terakhir, mengupayakan penghematan dan pelestarian sumber daya.

Kelangkaan dan krisis sumber daya bisa menyebabkan rusaknya solidaritas kemanusiaan. Maka dari itu, harus ada kebijakan publik yang mendorong masyarakat untuk menghemat dan melestarikan sumber daya yang ada.

Apakah Ras Punya Basis Ilmiah?

Jawabannya tergantung mendefenisikan ras yang kita pakai. Bila mendefenisikan ras adalah pengelompokan manusia berdasarkan ciri fisiknya, bisa kita katakan mempunyai basis ilmiah. Faktanya, manusia dari wilayah geografis yang berbeda cenderung memiliki penampakan fisik yang berbeda sebagai dampak dari perbedaan seleksi alamnya.

Namun, bila memakai ras sebagai acuan untuk membedakan asal geografis dan gen seseorang jelas hal itu tidak memiliki basis ilmiahnya. Sederhananya, tidak terbukti secara empiris.

Mengapa demikian? Seiring dengan berkembangnya teknologi transportasi dari masa ke masa, manusia dari berbagai wilayah di dunia banyak melakukan migrasi ke wilayah lain. Sehingga, sebaran gen yang tadinya cukup terisolasi di suatu wilayah mulai bermunculan di wilayah lainnya.

Kesimpulannya, kita tidak boleh melakukan pengelompokan orang bila tidak dengan defenisi yang jelas dan basis pembuktian yang ilmiah. []

Tags: BudayaDiskriminasietniskemanusiaanmanusiaRasRasismeSuku
Efrial Ruliandi Silalahi

Efrial Ruliandi Silalahi

Suka Menonton Film dan Pemburu Buku Gratisan

Terkait Posts

Haid dalam
Keluarga

Islam Menghapus Stigma Haid Perempuan: Dari Mata Iblis ke Martabat Kemanusiaan

4 November 2025
Aborsi
Keluarga

Aborsi, Fiqh, dan Kemanusiaan

31 Oktober 2025
Backburner
Personal

Menolak Backburner: Bahaya Relasi Menggantung dalam Islam

29 Oktober 2025
Perempuan dengan Disabilitas
Publik

Diskriminasi Berlapis Perempuan dengan Disabilitas

25 Oktober 2025
Ki Ageng Suryomentaram
Buku

Memaknai Kebahagiaan Lewat Filosofi Mulur Mungkret Ki Ageng Suryomentaram

23 Oktober 2025
Nyai Badriyah
Aktual

Nyai Badriyah Fayumi: KUPI Tegaskan Semua Manusia Adalah Subjek Kehidupan, Termasuk Disabilitas

25 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Pesantren Inklusif

    Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketika Fiqh Tak Ramah Perempuan: Meninjau Ulang Hukum Istihadhah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Perempuan dalam Luka Sejarah: Membaca Novel Dendam Karya Gunawan Budi Susanto
  • Istihadhah: Saat Fiqh Perlu Lebih Empatik pada Perempuan
  • Rumah Ibadah Belum Memberikan Ruang Aman untuk Perempuan
  • Ketika Fiqh Tak Ramah Perempuan: Meninjau Ulang Hukum Istihadhah
  • Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID