Beberapa hari yang lalu, viral sebuah berita tentang penyekapan seorang istri oleh suaminya selama setahun karena perihal sepele. Ya, hanya karena masakannya tidak enak, seorang suami yang seharusnya menjadi pemimpin, pengayom keluarga sedemikian teganya kepada istrinya.
Untungnya, si istri tersebut memiliki keberanian untuk kabur dan melaporkan tindakan tersebut kepada pihak yang berwajib. Well, tidak sekali dua kali berita kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) ini terjadi. Masalahnya juga selalu sepele, hanya karena tidak masak, tidak bisa “memuaskan” suami dengan baik, bahkan ada juga yang tanpa sebab karena si suami memang “ringan tangan”.
Mengapa hal demikian terjadi? Penulis berpendapat bahwa ada dua hal masalah serius yang dihadapi oleh suami-suami. Pertama, kurangnya penghayatan memaknai makna nikah sebagai “ikatan kuat” yang bersifat suci dan sakral yang disebut Al-Quran sebagai mitsaqan ghalidzan.
Penghayatan ini berujung ketidakpahaman pada tujuan terjadinya pernikahan tersebut. Alih-alih mendapatkan sakinah (ketenangan) dalam rumah tangga, kasih sayang dan cinta kasih saja tidak didapatkan oleh pelaku pernikahan. Dalam kasus di atas, pernikahan hanya menjadi tempat “pemuas” bagi suami yang ingin dilayani secara totalitas. Termasuk makanan lezat, enak, nikmat, yang berujung pada pemuasan nafsu biologis.
Kedua, penanaman nilai-nilai patriarkis dalam kehidupan sehari-sehari yang mendarah daging hingga menjadikan seorang laki-laki bisa semena-mena dan menjadikan istri sebagai objek. Pemaknaan makna suami sebagai “pemimpin” dengan bumbu patriarkis telah mengaburkan hakikat makna pemimpin itu sendiri.
Karena menjadi pemimpin yang mengatur dan memimpin, istri “dipaksa” untuk patuh, tunduk tanpa syarat kepada istri. Inilah mengapa rekonstruksi pemaknaan pemimpin seharusnya bisa lebih luas dan lebih terbuka.
M. Quraish Shihab dalam tafsirnya Al-Misbah, berkenaan dengan ayat pemimpin, yaitu QS. An-Nisa ayat 34 “ar-rijalu qowwamuna ‘alan nisa’” memberikan pemaknaan lain yang ramah perempuan. Beliau menjelaskan bahwa makna qawwam kurang tepat dimaknai dengan pemimpin.
Qawwam ‘ala lebih tepat dimaknai dengan pengayom bagi perempuan. Dengan demikian, suami atau laki-laki adalah pengayom yang bertugas melindungi, menjaga, sekaligus membimbing istri. Dengan begitu, beliau menegaskan dalam penafsirannya terkait ayat pernikahan, QS. Ar-Rum ayat 21 menjadikan satu sama lain baik suami dan istri untuk saling mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan melalui pernikahan yang diwujudkan.
Jika sudah demikian, mengapa si suami-suami itu tidak mengajari saja istrinya masak agar makanan yang ia dan istri juga akan makan menjadi lebih lezat? Kalaupun berdalih bahwa ia harus bekerja, kenapa tidak dikursuskan saja istrinya? Kalau masih berkilah tidak punya uang, sadarilah bahwa nafkahmu juga masih perlu perbaikan, dan lagi-lagi istrimu yang harus menanggungnya. []