• Login
  • Register
Senin, 12 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Hipergami dan Problem Mubadalah

Dalam konteks sosial dan antropologis, hipergami sering dikaitkan dengan strategi memilih pasangan yang dapat memberikan keuntungan atau keamanan lebih besar

Dhuha Hadiyansyah Dhuha Hadiyansyah
20/11/2024
in Personal, Rekomendasi
0
Hipergami

Hipergami

1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Bagi kebanyakan perempuan, pria sukses (terutama karir dan finansial) akan jauh dipandang lebih menarik daripada pria baik. Perempuan (meski tidak selalu) cenderung memilih pria yang lebih bernilai, dalam arti kebanyakan wanita menikah secara hipergami.

Hipergami adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani hyper yang berarti ‘di atas’ dan gamos yang berarti ‘pernikahan’. Secara umum, hipergami merujuk pada praktik atau kecenderungan seseorang, biasanya wanita. Yakni untuk mencari pasangan yang memiliki status sosial, intelektual, atau kekayaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan dirinya.

Dalam konteks sosial dan antropologis, hipergami sering kita kaitkan dengan strategi di mana individu memilih pasangan yang dapat memberikan keuntungan atau keamanan lebih besar. Baik dalam hal sumber daya (ekonomi), status, atau perlindungan.

Menikahi pria hebat adalah validasi bagi sebagian perempuan. Sebagian perempuan rela dinikah siri atau bahkan selingkuh dengan seorang tokoh meski sudah tahu dia sudah punya istri-anak. Sebagian perempuan tak akan peduli sejelek apa pun penampilan fisik seorang pria jika sudah memiliki status eknomi papan atas, misalnya. Dengan kesuksesan itu, semua keburukan bisa dimaklumi dan kesalahan dapat terampuni.

Fenomena hipergami tentu adalah pilihan personal dari perempuan. Akan tetapi, apabila hipergami kita kondisikan sebagai nilai atau norma yang kita kejar, beberapa dampak buruk secara sosial akan timbul.

Baca Juga:

Kontekstualisasi Ajaran Islam terhadap Hari Raya Waisak

Jangan Nekat! Pentingnya Memilih Pasangan Hidup yang Tepat bagi Perempuan

Kritik Syaikh Al-Ghazali atas Diskriminasi Kesaksian Perempuan

Persoalan Gender dalam Fikih Kesaksian

Patriarki Setengah Hati

Kawula muda kekinian yang sudah terekspose dengan gagasan kesetaraan tampak berusaha memodifikasi pola hubungan patriarkis, tetapi faktanya tetap mempertahankan elemen-elemen tradisional yang membatasi prinsip kesetaraan. Saya menyebutnya praktik ini sebagai “patriarki setengah hati”.

Problem patriarki setengah hati ini menjadi gejala umum hubungan manusia kekinian. Misalnya, seorang perempuan lajang (31) yang menceritakan kesulitan menemukan pria yang cocok sebagai pendamping hidupnya. Alasan utama, menurutnya, adalah dia selalu berhubungan dengan pria yang bergaji lebih rendah dari dirinya.

“Kalau tidak lebih tinggi dari saya, buat apa menikah?!” ungkapnya yakin.

Dalam kasus ini, terdapat sedikitnya dua elemen patriarki setengah hati yang berangkat dari normalisasi hipergami. Pertama, satu sisi dia mendapatkan kesempatan untuk fokus pada karir dan hidup mandiri dan menginginkan posisi yang setara dalam pernikahan, tapi di sisi yang lain dia mendambakan seorang suami yang lebih superior dari dia secara ekonomi.

Gagasan bahwa suami harus lebih hebat dan superior daripada wanita adalah patriarkis. Di sini dia tidak menerima pria yang “lemah”. Kedua, satu sisi, dia meminta kebebasan dan karir yang ia inginkan (jika nanti menikah), tetapi di sisi lain dia merasa aneh bahwa jika gaji sang calon lebih rendah.

Hal ini menunjukkan bahwa dia mempercayai norma tradisional tentang suami yang menanggung semua kebutuhan. Bukan berdasarkan pada kesepakatan bersama dengan pasangan.

Seorang influencer yang tampak membranding diri sebagai aktivis kesetaraan jender juga terjebak gagasan hipergami ini. Misalnya, dia mengatakan bahwa saat ini perempuan malas menjalin hubungan karena pria mapan itu sulit kita cari. Ini adalah promosi bagi hipergami.

Ancaman bagi Mubadalah

Kasus di atas menunjukkan bahwa terkadang yang tidak siap dengan nilai-nilai kesetaraan atau prinsip mubadalah adalah perempuan itu sendiri. Konsep mubadalah atau “mutualitas” merujuk pada prinsip kesetaraan dan timbal balik dalam hubungan, di mana kedua pasangan berkontribusi secara setara dan saling mendukung, menghormati, dan bekerja sama.

Cita-cita ini membawa berbagai kemungkinan: pria berangkat dari status (ekonomi misalnya) lebih tinggi dan dia tetap memuliakan eksistensi perempuan. Baik pria dan perempuan nyaris setara, atau perempuan memiliki status lebih tinggi dan dia tetap menghargai ekstensi laki-laki pilihannya.

Keyakinan perempuan terhadap hipergami, secara alami, berpotensi menempatkan mereka dalam posisi subordinat dalam hubungan. Dinamika pernikahan terdorong oleh konflik untuk mendapatkan keuntungan finansial atau sosial daripada cinta atau rasa saling menghormati.

Dorongan mempraktikkan hipergami dapat menciptakan ketidakseimbangan dalam hubungan, karena perempuan merasa harus menikah demi kestabilan finansial atau status, daripada kebutuhan untuk terhubung secara emosional dan tumbuh secara spiritual.

Kondisi ini dapat memperkuat nilai-nilai patriarkis dan memperlemah konsep mubadalah, yang mengedepankan kemitraan yang berdasarkan pada tanggung jawab bersama, di mana kedua belah pihak berkontribusi secara setara dalam hubungan, baik secara emosional maupun praktis.

Supaya prisip mubadalah dapat berkembang, perlu ada perubahan dalam pengakuan terhadap kesetaraan kedua pasangan dalam hubungan. Hipergami tidak kita perlukan jika kedua pasangan didorong untuk sama-sama otonom dalam memilih pasangan hidup berdasarkan nilai-nilai yang disepakati, saling cinta dan menghormati, dan kesepakatan untuk tumbuh secara spiritual, bukan sekadar pertimbangan finansial atau status. []

Tags: GenderHipergamikeadilanKesetaraankritikMubadalahpernikahan
Dhuha Hadiyansyah

Dhuha Hadiyansyah

Dosen pada Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) dan fasilitator Sekolah Pernikahan

Terkait Posts

Umat Buddha

Waisak: Merayakan Noble Silence untuk Perenungan Dharma bagi Umat Buddha

12 Mei 2025
Pekerja Rumah Tangga

Ibu, Aku, dan Putriku: Generasi Pekerja Rumah Tangga

11 Mei 2025
Membaca Kartini

Merebut Tafsir: Membaca Kartini dalam Konteks Politik Etis

10 Mei 2025
Neng Dara Affiah

Islam Memuliakan Perempuan Belajar dari Pemikiran Neng Dara Affiah

10 Mei 2025
Kisah Luna Maya

Kisah Luna Maya, Merayakan Perempuan yang Dicintai dan Mencintai

9 Mei 2025
Waktu Berlalu Cepat

Mengapa Waktu Berlalu Cepat dan Bagaimana Mengendalikannya?

9 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Barak Militer

    Apakah Barak Militer Bisa Menjadi Ruang Aman bagi Siswi Perempuan?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vasektomi untuk Bansos: Syariat, HAM, Gender hingga Relasi Kuasa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Waisak: Merayakan Noble Silence untuk Perenungan Dharma bagi Umat Buddha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengirim Anak ke Barak Militer, Efektifkah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenal Paus Leo XIV: Harapan Baru Penerus Paus Fransiskus

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Mengenal Paus Leo XIV: Harapan Baru Penerus Paus Fransiskus
  • Waisak: Merayakan Noble Silence untuk Perenungan Dharma bagi Umat Buddha
  • Islam Hadir untuk Gagasan Kemanusiaan
  • Apakah Barak Militer Bisa Menjadi Ruang Aman bagi Siswi Perempuan?
  • Ibu, Aku, dan Putriku: Generasi Pekerja Rumah Tangga

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version