Mubadalah.id – Nasr Hamid Abu Zayd, salah seorang pemikir Islam kontemporer garda depan, menyampaikan pandangan yang sangat krusial. Dia mengkritik sangat tajam pandangan konservatif yang terpaku pada tekstualitas dan mengabaikan realitas sosial yang terus berubah dan berganti. Menurutnya:
“Realitas adalah asal (dasar) dan tidak ada jalan meniadakannya. Dari realitas terbentuklah teks. Dan dari bahasa teks dan tradisinya terbentuklah konsep. Dan dalam interaksinya dengan aktivitas manusia, pemaknaan atasnya terjadi perubahan/pembaruan.”
“Maka realitas adalah yang pertama, yang kedua, dan yang terakhir. Mengabaikan realitas hanya karena mempertimbangkan teks yang statis dan konservatif, hanya akan menjadikan teks sebagai “legenda” (catatan sejarah), karena mengabaikan dimensi yang bersifat manusiawi hanya untuk mempertahankan dimensi yang metafisis.”
Dengan demikian, pemahaman kita atas sebuah teks al-Qur’an atau teks-teks keagamaan yang lain seharusnya lebih ditekankan pada aspek logika dan maksud dari teks-teks tersebut dan tidak semata-mata membaca bunyi literalnya.
Untuk memahami hal ini, realitas sosial dan kenyataan-kenyataan empiris sudah seharusnya menjadikan pemikiran Nasr Hamid Abu Zayd sebagai sumber pertimbangan dalam penafsiran (pemahaman teks).
Teks-teks keagamaan selain harus dipikirkan dan dikaji logikanya juga harus selalu didialogkan dengan realitas dan fakta-fakta empiris yang sedang terjadi dan dihadapi.
Ini berbeda dengan teori tafsir. Peristiwa yang melatarbelakangi munculnya teks dan konteks sosio-historis yang menyertainya, menurut teori tafsir, tidak terlalu signifikan. Yang utama dalam pandangan mufassir adalah makna literal teks sendiri dan validitas sumber hukumnya.
Jika kita menghubungkan teori pembacaan teks ini pada dua aliran di atas, maka jelas sekali bahwa aliran konvensional-konservatif lebih cenderung mengambil teori tafsir sebagai cara memahami teks-teks agama. Sementara aliran progresif memilih sebaliknya, mengambil teori ta’wil. Hari ini terminologi ta’wil diidentikkan dengan “hermeneutika”.
Dengan demikian, ta’wil lebih menempatkan teks yang dibaca sebagai teman dialog bagi pembaca dalam menemukan kebenaran yang sedang dicari, dengan mempertimbangkan realitas sekarang yang sedang dihadapi dan realitas yang dulu menjadi konteks di mana teks itu turun. []