• Login
  • Register
Selasa, 1 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Laki-laki pun Tertindas oleh Dunia akibat Patriarki

Cara laki-laki melihat dunia sebagai sebuah pertaruhan kuasa dan kekuatan merupakan benang kusut yang butuh waktu seumur hidup untuk mengurainya

Habibus Salam Habibus Salam
03/08/2021
in Personal, Rekomendasi
0
Laki-laki

Laki-laki

184
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

“… if a man does not master his circumstance then he is bound to be mastered by them”

(Towles, 2016:25)

Mubadalah.id – Kutipan singkat dari A Gentleman in Moscow di atas, yang merupakan novel kedua Amor Towles setelah Rules of Civility-nya (salah satu novel terlaris versi The New York Times di tahun 2011), mungkin merupakan penggambaran yang tepat untuk menjelaskan bagaimana seorang laki-laki melihat dunianya. Tidak semua laki-laki memang, tapi data Komnas Perempuan 2020 yang menyebutkan ada 299.911 kasus kekerasan terhadap perempuan setidaknya cukup untuk mengatakan bahwa itu ada, dan tidak sedikit jumlahnya.

Cara laki-laki melihat dunia sebagai sebuah pertaruhan kuasa dan kekuatan merupakan benang kusut yang butuh waktu seumur hidup untuk mengurainya. Ini bukan perihal satu atau dua orang saja, tapi lebih luas lagi melingkupi sebuah desa, wilayah atau kota, dan bahkan negara. Ini adalah tentang bagaimana mendefinisikan ‘laki-laki’ dan ‘maskulinitas’ dalam tradisi dan kultur tertentu.

Kebanyakan dari kita sebagai laki-laki mungkin tidak memiliki pemahaman dan penghayatan yang sama secara spesifik tentang atribut, perilaku, dan peran kita dalam berbagai aspek kehidupan. Apalagi Indonesia adalah negara yang dalam pandangan Clifford Geertz, merupakan negara yang begitu kompleks sehingga sulit sekali untuk menentukan anatominya secara pasti. Cara kita memahami dan menghayati ‘maskulinitas’ tentu sangat tergantung pada tradisi, budaya, etnis, dan bahkan agama, sebagaimana itu semua memengaruhi terbentuknya bangsa ini.

Perbedaan itu bisa kita lihat misalnya dari  bagaimana Hamka menggambarkan Zainuddin dalam novelnya yang berjudul Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Ia digambarkan sebagai umumnya lelaki berdarah Makassar dengan menghayati maskulinitasnya dalam lingkup nilai siri’ atau Cristian Perlas menyamakannya dengan rasa bangga dan malu (Perlas, 2006:251).

Siri’ tersebut dianggap sebagai salah satu bagian penting dalam sistem kebudayaan Sulawesi Selatan, yang membuatnya enggan menerima Hayati setelah menjadi janda dari orang lain. Perkataan “pantang pisang berbuah dua kali, pantang lelaki mengambil sisi” yang dikatakan Zainuddin kepada Hayati merupakan penggambaran konstruksi maskulinitas yang dihayatinya.

Baca Juga:

Ikhtiar Menyuarakan Kesetaraan Disabilitas

Bagaimana Mubadalah Memandang Fenomena Perempuan yang Menemani Laki-laki dari Nol?

Belajar Nilai Toleransi dari Film Animasi Upin & Ipin

Lelaki Patriarki : Bukan Tidak Bisa tapi Engga Mau!

Hal yang berbeda dialami oleh laki-laki Madura, yang menghayati maskulinitas dalam lingkup nilai kemaduraannya. Carok (duel maut satu lawan satu) bagi laki-laki madura bukan sekedar perkelahian biasa, tapi merupakan media pembuktian harkat dan martabat diri sebagai seorang laki-laki. Istilah tak lake’ (tidak jantan) dalam masyarakat Madura juga biasa digunakan untuk laki-laki yang tidak mampu mempertahankan kehormatannya.

Ada peribahasa yang sangat populer bagi masyarakat Madura; pengu’ potea tolang, katembhang pote matah (lebih baik putih tulang (mati), dari pada putih mata (menanggung malu). Apapun akan dilakukan oleh orang Madura untuk mempertahankan nilainya sebagai seorang laki-laki bahkan jika harus dengan membunuh lawan yang dianggap telah mencoreng nama baiknya. Mendekam di penjara bukan apa-apa jika dibandingkan dengan harus hidup di tengah masyarakat dengan berlumur malu.

Bagaimanapun dan dengan cara apapun maskulinitas itu dihayati, selalu ada benang merah yang mengikatnya menjadi satu, yaitu pertaruhan kuasa dan kekuatan. Dengan kata lain, laki-laki cenderung menikmati surplus kuasa dan kekuatan yang diperoleh dari konsep maskulinitas itu. Bahkan hal itu mengakibatkan kaum adam berusaha menjadi yang paling dominan dalam relasi apapun karena jika tidak demikian berarti mereka yang harus didominasi.

Memang selalu ada surplus yang laki-laki terima dari konsep maskulinitas itu, Tetapi, meminjam istilahnya mas Nur Hasyim dalam sebuah live talk, ‘harga’ yang harus mereka bayar untuk surplus itu terlalu mahal. Ya, harga sebagai seorang manusia. Saya ingat dulu ketika masih kecil, ada teman saya diolok-olok karena sambil menangis ia mengadu pada Ibunya lantaran kalah berkelahi dengan teman yang lain. Ia dianggap tidak jantan karena tidak bisa menyelesaikan urusannya sendiri.

299.911 kasus yang dicatat oleh Komnas Perempuan di awal tulisan ini, hampir tujuh puluh persennya kasusnya didominasi oleh kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT), yang rata-rata dilakukan oleh suami kepada istrinnya lantaran merasa punya kekuatan dan kuasa terhadap keluarga. Banyak sekali peristiwa di sekitar kita yang memperlihatkan bahwa menjadi laki-laki itu harus kuat, tahan banting, tidak boleh cengeng dan lain sebagainya.

Padahal, sejatinya menjadi laki-laki adalah tentang bagaimana menjadi manusia seutuhnya. Tapi alih-alih menghargai ia apa adanya, dunia justru membebankan banyak ekspektasi yang memaksa para pejantan untuk melawan sekuat tenaga. Tak ayal, Ralph Waldo Emerson pun sampai berbagi nasihat, “to be yourself in a world that is constantly trying to make you something else is the greatest accomplishment.” []

Tags: Aliansi laki-Laki BaruBudaya PatriarkiGenderkeadilanKesalinganKesetaraanlaki-lakimaskulinitasTradisi
Habibus Salam

Habibus Salam

Alumni Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir STAI Al-Anwar dan Pondok Pesantren Al Anwar 3 Sarang, Penulis Lepas, Pegiat Literasi dan Kajian Keislaman, Dewan Pengurus Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (HEBITREN) Wilayah Jawa Tengah

Terkait Posts

Toxic Positivity

Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman

30 Juni 2025
Second Choice

Women as The Second Choice: Perempuan Sebagai Subyek Utuh, Mengapa Hanya Menjadi Opsi?

30 Juni 2025
Tradisi Ngamplop

Tradisi Ngamplop dalam Pernikahan: Jangan Sampai Menjadi Beban Sosial

29 Juni 2025
Geng Motor

Begal dan Geng Motor yang Kian Meresahkan

29 Juni 2025
Fiqh Al-Usrah

Fiqh Al-Usrah Menjembatani Teks Keislaman Klasik dan Realitas Kehidupan

28 Juni 2025
Sejarah Indonesia

Dari Androsentris ke Bisentris Histori: Membicarakan Sejarah Perempuan dalam Penulisan Ulang Sejarah Indonesia

27 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Toxic Positivity

    Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Women as The Second Choice: Perempuan Sebagai Subyek Utuh, Mengapa Hanya Menjadi Opsi?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kekerasan dalam Pacaran Makin Marak: Sudah Saatnya Perempuan Selektif Memilih Pasangan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ikhtiar Menyuarakan Kesetaraan Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Taman Eden yang Diciptakan Baik Adanya: Relasi Setara antara Manusia dan Alam dalam Kitab Kejadian

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Menjaga Pluralisme Indonesia dari Paham Wahabi
  • Taman Eden yang Diciptakan Baik Adanya: Relasi Setara antara Manusia dan Alam dalam Kitab Kejadian
  • Kekerasan dalam Pacaran Makin Marak: Sudah Saatnya Perempuan Selektif Memilih Pasangan!
  • Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman
  • Bukan Lagi Pinggir Kota yang Sejuk: Pisangan Ciputat dalam Krisis Lingkungan

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID