Mubadalah.id – Konflik Kelas dan Revolusi Kelas dalam Film Snowpiercer dengan adanya skenario dystopia dengan latar belakang post-akopoliptik yang memiliki latar zaman es kedua dengan didominasi pertarungan kelas dan stratifikasi sosial.
Tatanan yang ada dan sistem masyarakat merupakan dampak akibat dari apa yang disebut dengan post-modernisme sebagai simulacra, yang ditekankan secara berlebihan dan berakibat mengaburkan paradigma mengenai cara pandang penumpang dalam memaknai kehidpan mereka di dalam kereta.
Jean Baudrilllard mengatakan bahwa konsep simulacra mampu menyebabkan sebuah tatanan masyarakat menjalani pola hidup yang tidak sesuai order dan tidak sesuai dengan pola yang seharusnya. Proses pembaharuan dan revolusi yang sangat ekstra diperlukan untuk meruntuhkan tatanan lama menjadi tatanan baru sesuai. Kajian film ini menggunakan paradigma Post-Modernis dari Jean Baudillard teorinya yang merupakan anak turunan dari paham paham Marxisme dan modernitas.
Serial Snowpiercer yang merupakan adaptasi dari film yang sama karya dari sutradara Boong Joon-ho, Snowpiercer yang mengisahkan mengenai situasi dimana duna menjadi beku, dengan kehidupan manusia dalam kereta yang memliki 1001 gerbong yang mengelilingi dunia tanpa henti.
Fokus cerita yang mengangkat mengenai perang kelas ketidakadilan sosial, dan politk cara bertahan hidup, perjalanan kereta dengan pemisahan gerbong berdasarkan kelas yang memicu adanya perjuangan kelas bawah dalam melawan kaum atas yang dipimpin oleh tokoh protagonis Curtis Everett
Diskursus yang mewarnai film Snowpierce memperkenalkan konsep sosial. Terutama dalam wacana teori Marxisme, dengan adanya pembagian kelas yang dasar pembagian teori ini berdasarkan pada kepemilikan alat produksi dari sistem kapitalis. Pertentangan antara kaum borjouis dengan para kelas pekerja atau yang disebut dengan proletar yang menjual tenaga, dan kemampuan mereka kepada kaum borjouis demi mendapatkan upah.
Struktur kelas yang sudah hierarki dalam kereta terbagi menjadi beberapa golongan, pertama adalah Train elites (Wilford, Mason, Claude) yang mana mereka memiliki otoritas untuk mengendalikan dan menguasai mesin. Kedua, First class passengers, Ketiga Economy class Passengers seperti tentara dan para pekerja, dan yang terakhir adalah kelas yang menginisiasi adanya pemberontakan.
Alienasi kelompok Curtis yang berada dalam gerbong terakhir adalah dampak ketidakberdayaan kelompok ini dari tiga kelompok lainnya. Gerbong belakang tidak memperoleh sumber kehidupan mereka dari gerbong yang lainnya. Fungsi kehadiran gerbong belakang tak lebih hanya sekedar komoditas yang dipelihara oleh kelas elit untuk kepentingan kepentingan tertentu saja, bahkan kelompok belakang adalah bukan dari peradaban dari kereta ini sehingga mereka terasingkan oleh peradaban.
Mason sebagai sosok wanita yang pertama hadir dari golongan elit dalam pidatonya ia menerangkan mengenai batasan-batasan yang sudah ditentukan di dalam kereta untuk menghindari dan mencegah adanya kepunahan.
“Kita harus berada ditempat yang seharusnya. Sepatu haruslah dipakai di kaki. Dan begitupun dengan topi yang harus dipakai di kepala, sudah jelas bukan? Sejak awal tatanan telah diperjelas dengan tiket kalian. Kemudian suatau tatanan yang abadi sudah ditentukan oleh mesin yang memiliki waktu yang abadi, mesin menghidupi kalian, kemudian tatanan abadi yang menghidupi kalian, semua tertata dengan rapi semua penumpang menempati gerbong sesuai dengan dengan kelasnya. Ketika sepatu berusaha menempati bagian kepala, batas suci telah dilanggar. Terimalah tempat kalian. Tetaplah berada di sana. Jadilah sepatu!” Tegas Mason kepada penghuni kereta belakang.
Definisi tatanan yang diulang ulang oleh Mason menjadi penegas antara batas kelompok atas dengan kelompok bawah, ia menegaskan bahwa kelompok belakang agar pasrah dengan takdirnya dan posisinya untuk menjaga stabilitas penghuni kereta agar manusia tetap bertahan. Pembagian kelas yang dikelompokkan secara vertikal dengan status di dalam masyarakat di lingkup dari penumpang gerbong tengah dan gerbong depan yang menikmati kemewahan dan privelege. Sementara itu para penumpang di gerbong terakhir adalah segelintir penumpang yang tidak diperlakukan secara manusiawi.
Hingga sutradara menempatkan sosok revolusioner sebagai tokoh utama dalam melakukan gerakan pembebasan pada penumpang gerbong terakhir ari penindasan yang dilakukan gerbong depan. Curtis Everett sebagai sosok revolusioner dalam memimpin pergerakan. Sejak awal berkat optimisnya Curtis ia berhasil menguasai gebong paling depan. Setelah melalui puluhan gerbong dengan proses konflik yang sangat tajam dengan memakan korban dalam kedua belah pihak.
Tokoh gerbong depan yang menjadi sorotan adalah Wilford, yang menawarkan posisinya ke Curtis sebagai penjaga mesin suci, termasuk upaya dalam penerapan praktik pmbagian kelas demi menjaga tatanan kereta. Tetapi Curtis tidak begitu saja tertarik dengan jabatan yang ditawarkan kepadanya, tujuan pemberontakannya adalah mengambil anak kecil dari gerbong belakang yang diculik oleh gerbong depan.
Dengan keadaan seperti itu dalam film ini menceritakan ketidakpastian umat manusia pasca kereta tergelincir dan mengakhiri 18 tahun perjalanan. Di akhir film ini diceritakan bahwa tokoh perempuan Yona dan Timmy berhasil dan selamat keluar dalam kecelakaan kereta. Keduanya melangkah keluar dan meneruskan hidup di dunia yang dipenuhi dengan salju. []