Semua pekerjaan, baik yang domestik maupun publik pada dasarnya tidak memiliki jenis kelamin. Karena ia bukan jenis kelamin yang lahirnya secara kodrati melainkan dibentuk oleh kesepakatan masyarakat maka boleh untuk dilakukan perubahan atau pertukaran.
Artinya pekerjaan publik maupun domestik sama-sama bisa dikerjakan oleh perempuan dan laki-laki.
Tapi praktiknya masyarakat masih saja sulit menerima kalau pekerjaan domestik dikerjakan oleh laki-laki sehingga perempuan yang bekerja di luar tetap harus mengerjakan pekerjaan rumah tangganya.
Perempuan sepulang bekerja masih harus memasak, mencuci baju, membersihkan rumah, dan mengasuh anak. Laki-laki sepulang bekerja mandi, makan, lalu istirahat. Hal ini diperparah jika laki-laki tidak bekerja maka ia tidak memiliki beban apapun. Sungguh malang sekali menjadi perempuan.
Penolakan masyarakat ini ternyata diamini dengan keengganan laki-laki untuk ikut andil dalam urusan domestik. Mengerjakan pekerjaan domestik mereka anggap dapat mengurangi sifat maskulin mereka. Mengerjakan pekerjaan rumah tangga berarti mereka tunduk dengan perempuan dan siap diinjak-injak perempuan. Bahkan tidak jarang orang sekitar akan me-bully laki-laki yang menjemur baju. Mereka akan dianggap sebagai laki-laki “menye-menye” atau takut istri.
Keengganan laki-laki dengan pekerjaan domestik ini dipengaruhi oleh konsep gender yang dianutnya melalui ajaran-ajaran yang didapatnya sejak kecil. perkembangan identitas gender anak berlangsung lewat interaksinya dengan lingkungan. Pendidikan juga lingkungan yang menyumbang proses belajar anak mengenali identitas gender.
Pembelajaran bahasa (Indonesia, Arab, Inggris, dan lainnya) memiliki peran penting dalam mentransfer gambaran gender kepada anak. Pembelajaran ini menampilkan kehidupan sehari-hari sebagai materi ajar yang ditawarkannya. Akan tetapi sejauh ini masih saja ditemui proses pembelajaran bahasa yang bias gender. Laki-laki digambarkan sebagai sosok yang bekerja publik dan tidak pernah menyentuh urusan domestik.
Penyajian materi pembelajaran yang bias ini harus direvisi menjadi pembelajaran yang berimbang atau kesalingan. Yang dimaksud dengan bahan ajar kesalingan adalah bahan ajar yang memuat semangat kesetaraan, kerjasama, dan maslahat bagi semua.
Bahan ajar dengan semangat kesalingan bisa disajikan dengan cara-cara berikut: pertama, menampilkan ayah mengerjakan pekerjaan rumah tangga; kedua, menampilkan kondisi-kondisi tertentu di mana hanya ibu yang bekerja maka ayah tampil dengan pengurusan rumah tangga;
Ketiga, menghilangkan kalimat yang meberikan stereotip seperti “pekerjaan rumah tangga biasanya dikerjakan ……”. Keempat, menggunakan diksi yang netral-gender seperti meminimalisir penggunanaan para siswa dan memilih kata peserta didik.
Dengan menampilkan laki-laki yang bisa berbagi peran dengan perempuan pada bahan ajar diharapkan peserta didik laki-laki akan memiliki keyakinan bahwa pekerjaan domestik bukan menjadi kewajiban perempuan sehingga ketika nanti ketika mereka dibutuhkan untuk terlibat dalam kegiatan domestik mereka akan siap.[]