Selasa, 4 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Nifas

    Haidh, Nifas, dan Istihadhah: Fitrah Perempuan yang Dimuliakan

    Usia 20-an

    It’s OK Jika Masih Berantakan di Usia 20-an

    Haidh

    Haidh Bukan Alasan Mengontrol Tubuh Perempuan

    Haidh

    Haidh dan Bias Tafsir: Ketika Tubuh Perempuan Dikontrol Agama

    Ekonomi Biru

    Meniti Keadilan di Gelombang Ekonomi Biru

    Haidh

    Membaca Ulang Makna Haidh dalam Islam

    Aksesibilitas Fasilitas Umum

    Aksesibilitas Fasilitas Umum Bukan Hanya Proyek Seremonial!

    Perempuan KUPI yang

    KUPI Menolak Tafsir yang Menafikan Martabat Perempuan

    Mandat KUPI

    Membaca Mandat KUPI dalam Kerangka Rahmatan lil ‘Alamin

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Nifas

    Haidh, Nifas, dan Istihadhah: Fitrah Perempuan yang Dimuliakan

    Usia 20-an

    It’s OK Jika Masih Berantakan di Usia 20-an

    Haidh

    Haidh Bukan Alasan Mengontrol Tubuh Perempuan

    Haidh

    Haidh dan Bias Tafsir: Ketika Tubuh Perempuan Dikontrol Agama

    Ekonomi Biru

    Meniti Keadilan di Gelombang Ekonomi Biru

    Haidh

    Membaca Ulang Makna Haidh dalam Islam

    Aksesibilitas Fasilitas Umum

    Aksesibilitas Fasilitas Umum Bukan Hanya Proyek Seremonial!

    Perempuan KUPI yang

    KUPI Menolak Tafsir yang Menafikan Martabat Perempuan

    Mandat KUPI

    Membaca Mandat KUPI dalam Kerangka Rahmatan lil ‘Alamin

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Keluarga

Belajar Mengimplementasikan Prinsip Kesalingan Keluarga di Bulan Ramadhan

Prinsip kesalingan dalam keluarga di bulan Ramadhan menjadi penting dalam upaya menciptakan keluarga yang maslahat, dengan memperhatikan beberapa aspek seperti spiritual, psikologis, sosial, dan ekonomi

Irfan Hidayat Irfan Hidayat
13 Desember 2022
in Keluarga, Rekomendasi
0
Prinsip Kesalingan

Prinsip Kesalingan

184
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Sebagai keluarga yang masih menyandang status ‘pengantin baru’, salah satu peran vital dalam mengimplementasikan prinsip kesalingan keluarga ketika menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, bagi saya adalah peran domestik, terutama yang berkaitan dengan masak-memasak.

Mengingat setiap keluarga memiliki kesepakatan terkait prinsip kesalingan, dan pembagian peran yang berbeda-beda, hal ini mungkin tidak berlaku bagi keluarga dengan pembagian peran: suami bekerja dan melakukan peran publik, maka peran domestik pada umumnya akan dilakukan oleh sang istri, apalagi bagi keluarga yang tidak memiliki Asisten Rumah Tangga (ART).

Lalu bagaimana dengan keluarga yang sama-sama bekerja dan sama-sama melakukan peran domestik? Siapa yang bertanggung jawab atas peran domestik terutama terkait pekerjaan masak memasak? Bagaimana prinsip kesalingan dipraktikkan? Tidak jarang kita temui pasangan suami-istri yang sama-sama bekerja di bulan Ramadhan, kemudian sepulang dari kerja istri langsung memasak di dapur, dan suami istirahat menunggu adzan maghrib untuk buka puasa. Lantas mengapa hal ini masih sering terjadi?

Menurut Herien Puspitawati (2013), dalam tulisannya yang berjudul: “Fungsi Keluarga, Pembagian Peran dan Kemitraan Gender dalam Keluarga”, masalah keluarga pada zaman modern mengalami perubahan pola keluarga tradisional-feodal menjadi urban-modern. Apabila dibiarkan dan tidak dikomunikasikan dengan baik dengan anggota keluarga, hal tersebut dapat menimbulkan persoalan ketimpangan gender dalam keluarga.

Herien Puspitawati menjelaskan bahwa dalam keluarga tradisional-feodal, peran publik dilakukan oleh laki-laki/suami dan perempuan/istri melakukan peran domestik. Sedangkan bagi keluarga urban-modern, peran publik sudah banyak dilakukan suami dan istri. Namun, peran domestik masih dilakukan oleh istri. Fenomena seperti ini yang kemudian menjadikan perempuan/istri mengalami beban ganda.

Berdasarkan pemaparan permasalahan secara singkat tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembagian peran dengan prinsip kesalingan dalam keluarga merupakan hal yang sangat vital, sehingga diperlukan suatu kesepakatan internal keluarga terkait peran dan tanggungjawab, serta bagaimana membangun keluarga yang maslahat dengan menerapkan prinsip mubadalah (kesalingan) dalam melaksanakan peran publik/domestik, khususnya di bulan suci Ramadhan.

Kesetaraan Gender dalam Keluarga Perspektif Mubadalah

Sedikit bercerita, saya mengenal istilah mubadalah sekitar empat tahun lalu, tepatnya ketika bertemu dengan seorang perempuan yang saat ini sudah menjadi istri saya. Kala itu ia sering melontarkan pertanyaan “kenapa istri di dapur, di sumur, dan di kasur?”, dan “bagaimana kalau sistem itu ditukar?”, seiring berjalannya waktu, ia pun bercerita terkait media online yang konsisten membahas terkait keadilan dan kesetaraan gender, iya betul! Media tersebut ialah mubadalah.id. Sejak itu pun saya dan istri mulai mengirimkan opini-opini ringan dari hasil diskusi kami berdua.

Diskusi itupun berlanjut hingga kami memutuskan untuk menikah. Tentu dengan kesepakatan prinsip kesalingan dalam tanggung jawab peran. Dan yang paling berat bagi saya, ialah ketika menjadikan buku Qira’ah Mubadalah sebagai salah satu maskawin dalam acara sakral kami waktu itu.

Kenapa berat? Tentu karena secara tidak langsung saya harus mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip kesalingan atau mubadalah, baik dalam keluarga ataupun dalam kehidupan lain. Akan tetapi, prinsip mubadalah menjadi menyenangkan ketika saya dan istri telah melakukan kesepakatan mubadalah dan konsisten menjaganya.

Sudah dulu ceritanya, supaya tulisan ini fokus ke intinya!

Melalui Buku Qira’ah Mubadalah (2019), istilah mubadalah dikembangkan oleh K.H. Faqihuddin Abdul Kodir sebagai sebuah pemahaman dan perspektif dalam relasi tertentu di antara dua pihak dengan menjunjung semangat dan nilai prinsip kesalingan, kemitraan, timbal balik, kerja sama, serta azas resiprokal.

Relasi dalam konteks ini berlaku secara umum, seperti negara dan rakyat, orang tua dan anak, guru dan murid, majikan dan buruh, mayoritas dan minoritas, laki-laki dan perempuan, laki-laki dan laki-laki atau perempuan dan perempuan, baik dalam skala lokal ataupun global.

Tulisan ini hendak berfokus terhadap relasi dalam keluarga, yaitu relasi istri dan suami. Konsep mubadalah yang saya gunakan dalam tulisan ini hanya menggunakan pengertian sebagai relasi kemitraan perempuan serta bagaimana teks Islam mencakup laki-laki dan perempuan sebagai subjek dari makna yang sama.

Terdapat banyak surat dan ayat dalam al-Qur’an yang mengandung makna mubadalah, misalnya pada QS. al-Hujurat ayat 13 yang artinya:

“Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.”

Kata “ta’arafu” dalam ayat tersebut adalah bentuk kata kerja sama (musyarakah) dan kesalingan (mufa’alah) dari kata ‘arafa yang memiliki arti saling mengenal satu sama lain, satu pihak mengenal pihak lain, dan sebaliknya.

Selanjutnya yaitu QS. al-Maidah ayat 2 yang artinya:

“… Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran ….”

Kata “ta’awanu” memiliki arti ‘saling tolong-menolongllah kalian semua’ dengan bentuk kata yang sama seperti “ta’arafu”. Kedua ayat tersebut menjelaskan terkait pentingnya relasi kesalingan dan kerjasama antar manusia, termasuk relasi antara perempuan dan laki-laki.

Menurut K.H. Faqihuddin Abdul Kodir, prinsip kesalingan mubadalah pada dasarnya adalah menekankan pada prinsip kesalingan antara perempuan dan laki-laki dalam kehidupan. Melalui prinsip kesalingan ini, sebagaimana laki-laki yang ingin dihormati pilihannya, diakui keberadaannya, didengar suaranya, serta dipenuhi segala keinginannya, maka berlaku juga bagi perempuan untuk mendapatkan perlakuan yang serupa.

Perspektif mubadalah membuahkan cara pandang yang memanusiakan manusia, baik laki-laki maupun perempuan. Sebuah perspektif yang mengarah terhadap relasi yang setara dan timbal balik dalam kebaikan hidup antara perempuan dan laki-laki untuk mencapai kemaslahatan kehidupan, baik domestik maupun publik.

Perspektif mubadalah mencerminkan suatu keadilan dan kesetaraan dalam relasi antara perempuan dan laki-laki, yang mendorong kerja sama yang partisipatif, adil, serta memberi manfaat bagi keduanya tanpa diskriminatif dalam bentuk apapun. Ruang publik tidak hanya diberikan bagi laki-laki, dan ruang domestik juga tidak hanya dibebankan bagi perempuan saja. Partisipasi keduanya (publik dan domestik), harus diberikan secara adil meskipun dilakukan melalui model, cara, serta pilihan yang berbeda-beda.

Bulan Ramadan Sebagai Pembelajaran Penerapan Prinsip Kesalingan Dalam Keluarga

Dalam hal implementasi prinsip kesalingan dalam keluarga di bulan suci Ramadhan, bagi saya setidaknya ada beberapa aspek yang perlu menjadi pertimbangan dalam kehidupan keluarga. Di antaranya:

Pertama, aspek spiritualitas. Di bulan suci Ramadhan, secara beriringan baik saya dan istri, setidaknya dapat meningkatkan spiritualitas, mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan adanya ketenangan hati dan pikiran, maka akan dapat berpikir pula secara tenang, sehingga dapat melaksanakan ibadah puasa dengan tenang pula.

Kedua, aspek psikologis. supaya psikologi keluarga tetap terjaga di bulan Ramadan, maka prinsip saling mu’syarah bil ma’ruf senantiasa harus dijaga bahkan ditingkatkan. Hal tersebut dilakukan dengan menjalin hubungan  yang baik antara suami dan istri. Pola relasi komunikasi yang dapat digunakan adalah yang dapat membentuk suatu hubungan yang harmonis, dimana baik saya ataupun istri dapat beralih peran (publik/domestik).

Ketiga, aspek sosiologis. Dalam upaya belajar menghadirkan kemaslahatan dalam keluarga, khususnya di bulan penuh keberkahan ini, dapat dimulai dengan menerapkan konsep maṣlaḥah ta’awun atau saling memberikan bantuan/kontribusi, motivasi atau dukungan antara istri dan suami, serta antara keluarga dengan tetangga atau masyarakat sekitar.

Keempat, aspek ekonomi. Menerapkan konsep kesalingan (mubadalah) di bulan suci Ramadhan menjadi penting. Hal itu mengingat harga-harga kebutuhan pokok yang naik di pasar serta akses pekerjaan yang semakin sulit di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Dengan berlandaskan mubadalah, maka tidak akan ada kondisi saling menuntut antara satu sama lain, serta saling memahami kondisi masing-masing.

Berdasar uraian singkat tersebut, maka tidak ada alasan untuk memposisikan laki-laki lebih unggul dan menghasilkan relasi subordinasi terhadap perempuan atau sebaliknya. Allah SWT menciptakan perempuan dan laki-laki untuk saling berbagi, bukan untuk saling mendominasi atau mengeksploitasi satu sama lain.

Untuk itu, di bulan suci Ramadhan ini, prinsip kesalingan (mubadalah) perlu ditanamkan, bahwa pekerjaan domestik adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab istri. Selain itu, prinsip kesalingan dalam keluarga di bulan Ramadhan menjadi penting dalam upaya menciptakan keluarga yang maslahat, dengan memperhatikan beberapa aspek seperti spiritual, psikologis, sosial, dan ekonomi.

Semoga di bulan Ramadan ini, menjadi awal untuk mencegah terjadinya ketidakadilan dalam keluarga serta menjadi nilai ibadah dan menambah ketaqwaan. Karena yang dapat dibedakan dari laki-laki dan perempuan ialah akhlak dan taqwanya. Artinya, yang paling mulia di hadapan Allah SWT ialah yang bertaqwa dan amal baik, bukan jenis kelaminnya. []

Tags: istrikeluargaKesalinganMubadalahRamadhanRelasisuami
Irfan Hidayat

Irfan Hidayat

Alumni Hukum Tata Negara UIN Sunan Kalijaga, Kader PMII Rayon Ashram Bangsa

Terkait Posts

Fahmina
Personal

Refleksi Perjalanan Bersama Fahmina; Ketika Mubadalah Menjadi Pelabuhan Jiwaku

1 November 2025
Raisa dan Hamish Daud
Publik

Berkaca pada Cermin Retak; Kisah Raisa dan Hamish Daud

1 November 2025
Komunikasi Islam
Publik

Kasih, Bukan Kasihan: Komunikasi Islam bagi Teman Difabel

31 Oktober 2025
Rumah Tangga yang
Uncategorized

Membangun Relasi Ekonomi Rumah Tangga yang Adil dan Setara

31 Oktober 2025
Pengalaman Perempuan
Personal

Membincang Perceraian yang Berpihak pada Pengalaman Perempuan

30 Oktober 2025
Backburner
Personal

Menolak Backburner: Bahaya Relasi Menggantung dalam Islam

29 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Haidh

    Membaca Ulang Makna Haidh dalam Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Meniti Keadilan di Gelombang Ekonomi Biru

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Wangari Muta Maathai: Perempuan Afrika Pertama Peraih Nobel Perdamaian untuk Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Haidh dan Bias Tafsir: Ketika Tubuh Perempuan Dikontrol Agama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • It’s OK Jika Masih Berantakan di Usia 20-an

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Haidh, Nifas, dan Istihadhah: Fitrah Perempuan yang Dimuliakan
  • It’s OK Jika Masih Berantakan di Usia 20-an
  • Haidh Bukan Alasan Mengontrol Tubuh Perempuan
  • Wangari Muta Maathai: Perempuan Afrika Pertama Peraih Nobel Perdamaian untuk Lingkungan
  • Haidh dan Bias Tafsir: Ketika Tubuh Perempuan Dikontrol Agama

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID