• Login
  • Register
Sabtu, 28 Januari 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Menyoal Sesajen: Muslim Budaya versus Muslim Hijrah

Bagi sebagian Muslim, menyatakan sesajen itu sebagai perbuatan syirik itu tidak jadi soal, selama bisa saling menghargai satu sama lain. Tidak main hakim sendiri, tidak berasa benar sendiri, apalagi disertai sikap arogan seperti itu

Mamang Haerudin Mamang Haerudin
12/01/2022
in Personal
0
Tips Menghilangkan Rasa Minder

Tips Menghilangkan Rasa Minder

48
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Kasus pembuangan sesajen yang tadinya sengaja ditaruh di sekitar gunung Semeru belum lama ini, langsung viral dan bahkan berujung pelaporan ke pihak kepolisian. Tindakan tersebut dianggap arogan dan tidak mencerminkan sikap Muslim yang berakhlakul karimah terhadap perbedaan. Bagi sebagian Muslim, menyatakan sesajen itu sebagai perbuatan syirik itu tidak jadi soal, selama bisa saling menghargai satu sama lain. Tidak main hakim sendiri, tidak berasa benar sendiri, apalagi disertai sikap arogan seperti itu.

Mula-mula kita harus memahami bahwa aliran kepercayaan, Ormas atau sekte dalam Islam itu banyak macamnya. Kasus sesajen ini hanya bom waktu yang skalanya kecil saja. Betapa di zaman modern seperti sekarang ini rivalitas antara Muslim budaya dan Muslim hijrah tak terhindarkan. Sebagai Muslim yang baik, menyembah atau meyakini kepada selain Allah jelas tidak dibenarkan. Hanya saja di sinilah letak perbedaannya, di mana menurut Muslim budaya bahwa sesajen itu tetap diperbolehkan hanya sekadar perantara, bukan berarti dijadikan objek sesembahan. Sementara bagi Muslim hijrah, sesajen itu tetap musyrik, haram dan berdosa besar.

Muslim hijrah ini bagian dari perkembangan dakwah Islam yang tak bisa dielakkan. Dakwah Muslim hijrah yang dulu dianggap konyol dan konservatif, justru semakin dianggap syar’i. Sebagai bentuk komitmen iman seorang Muslim yang tak bisa ditawar-tawar. Entah kenapa dakwah hijrah semakin diminati, seiring dengan canggihnya teknologi, dakwah hijrah malah semakin pesat. Sesuai dengan namanya “hijrah”, umat Muslim berbondong-bondong melakukan hijrah secara kaffah. Mulai dari cara berbicara, berpakaian, bergaul, tak terkecuali dari cara melakukan ritual. Ritual sesajen yang semakin ditinggalkan.

Jangankan di mana-mana, di Cirebon saja, budaya leluhur seperti sesajen semakin ditinggalkan. Di satu daerah misalnya, masih di Cirebon, yang selama ini secara turun-temurun menyelenggarakan selametan nadran atau pesta laut, kini justru semakin ditinggalkan. Bahkan saya pernah mendengar sendiri cerita di mana mantan para pegiat budaya nadran, kini justru semakin meninggalkannya. Memang budaya nadran di Cirebon kerap dibarengi dengan hura-hura, arak-arakan, dan lainnya, yang kemudian justru menodai kemuliaan budaya nadran.

Perkaranya bukan hanya soal setuju atau tidak setuju dengan sesajen saja, atau bahkan sampai pada tahap pelaporan kepada pihak kepolisian. Arus dakwah hijrah yang anti sesajen, anti perilaku-perilaku syirik lainnya, ini sudah semakin mempengaruhi umat di akar rumput. Ditambah lagi dakwah hijrah disampaikan dengan sederhana dengan logika-logika dasar saja. Ini satu dari sekian banyak kesalahan dakwah Muslim budaya yang sebetulnya sejak lama monoton. Sementara zaman terus dinamis dan berubah.

Muslim budaya terjebak zona nyaman. Muslim budaya sebetulnya mengikuti jejak pendahulunya, terutama para Walisongo, yang dulu juga berhasil memadukan unsur agama dengan unsur budaya dengan ciamik. Kalau dulu, para Walisongo melakukan adaptasi budaya memang efektif karena itu kebijaksanaan dakwah para Walisongo itu menjadi sebuah inovasi dakwah. Namun ketika zaman terus bergerak cepat, produk-produk dakwah Walisongo tak diadaptasi dengan zaman, maka timbulnya adalah kejumudan. Misal kalau dahulu nonton wayang tradisional yang tiketnya membaca syahadat itu dakwah Islam efektif yang menyenangkan, zaman ini tak berlaku begitu.

Daftar Isi

  • Baca Juga:
  • Islam Hadir Untuk Lakukan Revolusi Peradaban Mengenai Eksistensi Perempuan
  • Prinsip Dasar Islam Adalah Kemanusiaan
  • Perempuan Madura di Akar Rumput: Mendedahkan Sistem Pembagian Kerja dalam Rumah Tangga
  • Tahun Baru Imlek dan Keharmonisan antar Umat Beragama

Baca Juga:

Islam Hadir Untuk Lakukan Revolusi Peradaban Mengenai Eksistensi Perempuan

Prinsip Dasar Islam Adalah Kemanusiaan

Perempuan Madura di Akar Rumput: Mendedahkan Sistem Pembagian Kerja dalam Rumah Tangga

Tahun Baru Imlek dan Keharmonisan antar Umat Beragama

Nah dahsyatnya, Muslim hijrah memanfaatkan kecanggihan teknologi ini dengan dakwah. Mereka sejak lama diremehkan, dianggap bodoh, ilmunya tidak bersanad, tidak memahami gramatikal Bahasa Arab, dst, tapi ternyata hal itulah yang justru dijadikan motivasi dan momen untuk bangkit. Lihatlah kebangkitannya sekarang. Muslim hijrah bersatu padu dengan segala macam jenis dan kreasi dakwahnya. Ada yang bergerak di jalur politik oposisi, ada yang murni di jalur dakwah dan masih banyak lagi.

Muslim budaya harus berbenah. Muslim budaya sendiri basisnya sekarang berada di kalangan akademisi (Perguruan Tinggi) dan Pesantren-pesantren salaf/tradisional. Sebagian kecil di Ormas Islam dan LSM. Selebihnya medan dakwah secara umum sedang terus dikuasai Muslim hijrah. Bagaimana dengan cepatnya para da’i hijrah mengambil alih otoritas dakwah Islam dari da’i budaya.

Walhasil, kasus sesajen ini hanya bagian kecil dari agenda rivalitas antara Muslim budaya dan Muslim hijrah. Kalau Muslim budaya dengan segera bisa berbenah, bahkan berkolaborasi dengan Muslim hijrah, tentu komponen budaya dan agama akan semakin mengesankan. Namun kalau tidak, itu artinya kekosongan dakwah ini akan terus diterobos oleh Muslim hijrah. Wallaahu a’lam. []

Tags: BudayaislammuslimNusantaraSesajen
Mamang Haerudin

Mamang Haerudin

Penulis, Pengurus LDNU, Dai Cahaya Hati RCTV, Founder Al-Insaaniyyah Center & literasi

Terkait Posts

Pengalaman Perempuan

Writing for Healing: Mencatat Pengalaman Perempuan dalam Sebuah Komunitas

28 Januari 2023
Kampus Cantik

Akun Instagram Kampus Cantik, Sebuah Bentuk Glorifikasi Seksisme Bagi Perempuan

27 Januari 2023
Budak Cinta

Budak Cinta, Bumi Cinta, dan Mubadalah Cinta

24 Januari 2023
Ibu Mengeluh

Bolehkah Seorang Ibu Mengeluh?

21 Januari 2023
Menolak Feminisme

Gus Yahya Menolak Feminisme: Andai Ia bukan Ketum PBNU

21 Januari 2023
Feminisme Islam

Feminisme Islam dan Setelahnya

20 Januari 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Fatwa KUPI

    Menanti Hasil Fatwa KUPI dari Kokohnya Bangunan Epistemologi Part II-Habis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 5 Pilar Keluarga Berencana dalam Perspektif Mubadalah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Atensi Pesantren Menjawab Isu Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Writing for Healing: Mencatat Pengalaman Perempuan dalam Sebuah Komunitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Konco Wingking Dalam Perspektif Mubadalah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • 3 Hal yang Perlu Ditegaskan Ketika Perempuan Aktif di Ruang Publik
  • Content Creator atau Ngemis Online?
  • 5 Pilar Keluarga Berencana dalam Perspektif Mubadalah
  • Menanti Hasil Fatwa KUPI dari Kokohnya Bangunan Epistemologi Part II-Habis
  • Terminologi Mubadalah Berguna Untuk Gagasan Relasi Kerjasama

Komentar Terbaru

  • Menjauhi Sikap Tajassus Menjadi Resolusi di 2023 - NUTIZEN pada (Masih) Perlukah Menyusun Resolusi Menyambut Tahun Baru?
  • Pasangan Hidup adalah Sahabat pada Suami Istri Perlu Saling Merawat Tujuan Kemaslahatan Pernikahan
  • Tanda Berakhirnya Malam pada Relasi Kesalingan Guru dan Murid untuk Keberkahan Ilmu
  • Tujuan Etika Menurut Socrates - NUTIZEN pada Menerapkan Etika Toleransi saat Bermoda Transportasi Umum
  • Film Yuni Bentuk Perlawanan untuk Masyarakat Patriarki pada Membincang Perkawinan Anak dan Sekian Hal yang Menyertai
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist