Mubadalah.id – Melanjutkan tulisan sebelumnya mengenai materi yang disampaikan dalam Special Panel 1 Muktamar Pemikiran Santri Nusantara 2019 yang digelar di PP. Asshiddiqiyah pada 29 September kemarin dengan tema Modalitas Pesantren dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia. Tulisan ini akan sedikit menjelaskan materi yang disampaikan oleh pemateri ke-3 yaitu Prof. Dr. Nadirsyah Hosen.
Dalam kesempatan ini, Gus Nadir mengupas term perdamaian dari dalam turots (literatir klasik) atau yang lebih akrab kita sebut dengan kitab kuning. Hanya saja saya lupa nama-nama kitab yang disebutkan oleh Gus Nadir, karena itu saya hanya akan menyampaikan sedikit keterangannya saja disertai dengan sedikit pehaman yang dapat saya tangkap dari apa yang telah disampaikan oleh pemateri.
Perdamaian dalam kitab kuning sering diistilahkan dengan as-silm atau ash-shulh. Namun dua kata ini memiliki konteks yang berbeda dalam penggunaannya. Lafadz as-silm sering digunakan dalam konteks aqidah sedangkan ash-shulh sering digunakan dalam konteks muamalah.
Untuk pembahasan term as-silm, Gus Nadir menukil sepenggal ayat yang berbunyi “Yaa ayyuha al-ladziina aamanuu udkhuluu fi as-silm kaaffah”. Ayat ini oleh kelompok ‘Hijrah’ seringkali diartikan sebagai ayat yang menyeru umat muslim untuk memeluk agama islam secara sempurna. Namun ternyata makna dari ayat ini tidak sesederhana itu. Para ulama sendiri berbeda pendapat dalam menafsirkan ayat ini.
Para ulama ada yang menafsirkan as-silm sebagai agama dan ada juga yang menafsirkannya sebagai perdamaian. Namun jika kita mengikuti pendapat yang pertama, yakni menafsirkan as-silm sebagai agama akan muncul pertanyaan “mengapa ayat ini menyeru orang mukmin yang sudah barang tentu islam untuk masuk islam lagi?
Ada 3 alasan yang dapat menjawab pertanyaan ini:
Yang dimaksud dengan mukmin di sini adalah mukmin yang masih munafiq
Yang dimaksud dengan mukmin di sini adalah orang yang beriman kepada kitab samawi (ahlul kitab) namun tidak memeluk agama islam. Karena itu ayat ini mengajak mereka untuk memeluk agama Islam.
Yang dimaksud mukmin di sini adalah ahlul kitab yang belum beriman kepada Nabi Muhammad saw.
Selanjutnya, lafadz kaaffah dalam kalimat ini berkedudukan sebagai haal. Di mana ada haal pasti ada shahibul haal. Shahibul haal dari lafadz ini akan mempengaruhi makna yang terkandung dalam penggalan ayat di atas. Pertanyaannya lafadz mana yang menjadi shahibul haal dari kata kaaffah dalam penggalan ayat ini?
Ada dua lafadz yang dapat dijadikan shahibul haal dari lafadz kaaffah. Pertama fa’il (subjek) yang terkandung dalam lafadz Udkhuluu. Jika fa’il dalam lafadz ini menjadi shahibul haal dari lafadz kaaffah maka ayat ini menyeru orang-orang mukmin agar bersungguh-sungguh dalam memeluk islam. Begitu juga apabila as-silm diartikan sebagai perdamaian, maka ayat ini menyeru orang-orang mukmin untuk bersungguh-sungguh dalam melakukan perdamaian. Artinya, dalam posisi ini, subjek atau agent of peace harus memiliki jiwa yang damai dan mendamaikan agar bisa berdamai dengan siapapun.
Lafadz kedua yang dapat menjadi Shahibul Haal dari lafadz kaaffah adalah lafadz as-silm yang berarti agama atau perdamaian. Jika lafadz as-silm ini menjadi shahibul haal dari lafadz kaaffah dan dimaknai sebagai agama, maka ayat ini menuntut orang mukmin untuk memeluk agama islam yang sesungguhnya. Begitu juga jika as-silm ini dimaknai sebagi perdamainan, maka ayat ini menuntut para mukminin untuk masuk ke dalam perdamaian yang sesungguhnya, yakni perdamaian yang betul-betul murni tanpa adanya sedikitpun rasa benci. Artinya dalam konteks ini, lingkunganlah yang dituntut untuk damai terlebih dahulu agar setiap individu yang berada di dalamnya dapat merasakan kedamaian.
Sedangkan term ash-shulh biasa digunakan dalam ruang lingkup sosial. Dalam literatur Fiqh, lafadz ash-shulh digunakan sebagai istilah perdamaian antara ahlul baghy (pemberontak) dan pemerintah, suami istri yang sedang bertikai dan persengketaan harta. Selama ini pembahasan ash-shulh dalam fiqh hanya terbatas pada tiga hal tersebut, sedangkan persengketaan dalam kehidupan umat manusia jauh lebih banyak melebihi tiga hal tersebut.
Dari sini, makna ash-shulh dalam fiqh perlu diperluas lagi. Wacana perdamaian secara umum kiranya perlu untuk dikembangkan dalam fiqh agar perdamain bukan hanya sebagai “wacana di bawah permukaan” namun juga dapat menjadi kajian ilmu pengetahuan, undang-undang negara atau hukum formal yang mengikat.
Istilah as-silm dan ash-shulh merupakan sedikit saja dari sekian banyak kearifan lokal yang dimiliki oleh pesantren untuk dijadikan modal dalam mengusung perdamaian global.
Dengan terus mengembangkan dua istilah ini, besar kemungkinan pesantren akan dapat lebih banyak lagi menciptakan gagasan baru mengenai konsep perdamaian.[]