Mubadalah.id – Film Cocote Tonggo karya Bayu Skak, yang mulai tayang di bioskop sejak 15 Mei 2025, menyuguhkan lebih dari sekadar tawa dan kelucuan khas Jawa. Di balik banyolan dan logat jawa yang renyah, film ini menyimpan satu hal yang sangat dalam, pengalaman perempuan yang sering kali terlupakan, bahkan tersakiti atas nama kepedulian sosial.
Cerita tentang Luki dan Murni, pasangan muda asal Solo yang berjualan jamu kesuburan, adalah cerita banyak perempuan yang mengalami tekanan sosial hanya karena belum menjadi ibu.
Murni menghadapi bukan hanya pertanyaan, tetapi juga penilaian dan penghakiman dari orang-orang di sekitarnya. Film ini, dengan segala kesederhanaannya, berhasil menunjukkan bagaimana perempuan seperti Murni. Dia sering kali tidak dianggap sebagai subjek utuh melainkan hanya terlihat dari fungsi reproduktifnya. Seakan-akan nilai perempuan terukur dari kemampuannya memiliki anak, bukan dari dia sebagai manusia seutuhnya.
Di titik ini, penulis teringat dengan pemikiran Nyai Nur Rofiah bahwa perempuan adalah subjek utuh kemanusiaan. Bukan objek kultural ataupun simbolik dari kehormatan atau keberhasilan rumah tangga.
Ketika masyarakat menuntut perempuan untuk “segera hamil” atau “segera jadi ibu” tanpa mempertimbangkan kondisi fisik, mental, dan spiritualnya, sesungguhnya yang terlanggar bukan hanya hak, tapi juga kemanusiaan perempuan itu sendiri. Bagi Nyai Nur Rofiah pengalaman perempuan adalah pengalaman kemanusiaan, dan itu harus kita hargai, terdengar, dan kita beri tempat.
Luka Perempuan
Film Cocote Tonggo menyentuh titik penting itu secara halus tapi tajam. Murni tak pernah melawan dengan kata-kata keras. Ia tidak mengumbar kesedihannya secara dramatis. Tapi lewat tatapan, lewat diamnya, dan lewat ketegarannya. Penonton terpaksa menyadari bahwa ada luka yang tumbuh diam-diam di balik senyum seorang perempuan. Luka yang lahir bukan dari musuh, tetapi dari lingkungan yang mengaku peduli.
Relasi Luki dan Murni dalam film ini pun menarik kita amati. Meski Luki tampak mendampingi, film ini tetap memperlihatkan bahwa beban sosial lebih berat jatuh di bahu Murni. Inilah bentuk ketimpangan relasi yang kerap terjadi dalam masyarakat patriarkal, urusan anak dianggap domain perempuan semata.
Padahal, dalam prinsip kesalingan segala urusan rumah tangga adalah tanggung jawab bersama. Termasuk ketika pasangan belum terkaruniai anak. Maka bukan hanya perempuan yang harus menjelaskan, menghadapi gosip, dan membuktikan diri.
Cocote Tonggo mengajak kita berpikir, seberapa sering kita menyakiti tanpa sadar? Seberapa sering kita menjadikan perempuan sebagai objek dalam cerita hidup orang lain, alih-alih menghormatinya sebagai subjek yang punya cerita sendiri?
Dalam masyarakat kita, gosip kerap kali hadir dengan wajah yang “ramah”. Tapi film ini menunjukkan bahwa gosip adalah kekerasan, terutama bagi perempuan yang tubuh dan kehidupannya terus-menerus menjadi konsumsi publik.
Lekat dengan Nuansa Lokal
Nuansa lokal yang kuat dalam film ini bahasa Jawa Mataraman, latar Solo, serta gaya komunikasi warga kampung membuat pesan yang tersampaikan terasa otentik. Tidak menggurui, tidak menghardik, tapi mengajak kita tertawa dan merenung dalam waktu yang bersamaan.
Bayu Skak tidak menjadikan perempuan sebagai bahan tertawaan, tapi justru menunjukkan bagaimana perempuan menjadi korban dari tawa yang sering kali tak pada tempatnya.
Ketika lampu bioskop menyala, kita meninggalkan bangku dengan dua hal senyum karena kelucuan film, dan hening karena kenyataan yang terpotret. Film ini bukan hanya tentang Luki dan Murni, tetapi tentang ribuan perempuan yang pernah dan masih merasakan sunyi yang tak pernah punya ruang untuk mereka ceritakan.
Dan melalui pandangan Nyai Nur Rofiah, kita diingatkan bahwa pengalaman sunyi itu tidak seharusnya menjadi beban pribadi semata. Ia adalah tanda bahwa kita sebagai masyarakat masih perlu belajar menjadi lebih manusiawi lebih adil, lebih empatik, dan lebih mendengar.
Cocote Tonggo adalah film kecil dengan suara yang besar. Ia tidak membawa bendera perjuangan, tapi justru karena itulah ia terasa jujur. Dalam tawa-tawa itu, ada suara Murni. Dan mungkin, juga suara kita. Dengan hati yang lebih terbuka untuk menyambut, bukan menghakimi, untuk mendampingi, bukan menekan.
Sebab di sekitar kita, ada banyak Murni yang masih bergulat dengan sunyi, dipeluk harapan, dan terbungkam oleh gosip. Kepada mereka, mari kita ciptakan ruang yang aman, ruang yang memberi hormat, mendengar tanpa prasangka, dan menerima keberadaan mereka sepenuhnya, sebagai manusia yang utuh. Karena dunia yang berpihak pada perempuan, kita mulai dari kesediaan kita untuk memanusiakan sesama. []