Berbicara perempuan dan masyarakat, lagi dan lagi kita harus membahas konstruk sosial. Kebudayaan yang tercipta adalah pembentukan kebiasaan – kebiasaan dan kebijakan yang perlahan menjadi hal yang mendasar dalam pemikiran. Konstruk sosial, khususnya tentang gender ini terbangun secara evolusi dan memerlukan waktu panjang.
Sehingga, ketika kita ingin merubah sebuah konstruk, ini akan membutuhkan waktu yang lumayan lama, tentunya dengan usaha menerapkan perubahan dan tak kenal kata henti
Pada zaman milenial ini, media banyak mempengaruhi pemikiran manusia, baik laki-laki maupun perempuan, media dengan mudahnya bisa diakses siapapun, dan mereka berhak menjadi pembaca maupun penulis tentang suatu isu apapun di media.
Bagusnya perempuan penulis akan lebih mudah diakui dunia, karena ada media yang mendukung, memudahkan banyak pembaca untuk paham dan mengaktualisasikan pemikiran-pemikiran baik dan menjadi perubahan pemikiran bagi pembaca. Kurang bagusnya, masih banyak penulis yang menuliskan tentang budaya lama, yakni memaparkan hadits dan ayat al’quran dengan tafsir partiarkis yang tidak adil gender.
Komunikasi dengan bahasa yang baik sangat diperlukan oleh penulis, agar topiknya dapat tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca. Menurut Mc Luhan artinya media merupakan pesan yang mampu memberikan perubahan budaya bagi penggunanya.
Media membentuk, mengontrol skala dan bentuk asosiasi serta tindakan manusia. Penyebaran media sangat berkaitan dengan teknologi. Mirisnya, Teknologi ini sering dikarakterisasikan sebagai wilayah laki-laki karena interpretasinya yang cenderung teknis.
Hal-hal yang bersikap teknis kerap kali dianggap pekerjaan berat dan konstruk sosial menilai perempuan dianggap tidak cocok melakukan hal ini. Seperti yang bisa kita lihat, mahasiswa Fakultas Teknik kebanyakan adalah laki-laki, dan jarang sekali perempuan menjadi ahli teknik, karena banyak orang tua yang melarang anak perempuannya masuk jurusan Teknik, terlebih Teknik Mesin.
Padahal perempuan pun mampu belajar teknik, teknik komputer misalnya, atau teknik mesin dan yang lainnya. Dalam hal ini, Najwa Shihab menjawab tantangan konstruk yang menilai perempuan dianggap tidak cocok berkecimpung di dunia teknis.
Putri dari KH Quraish Shihab ini membuat media yang dipimpinnya sendiri yang bernama Narasi TV, menurutnya Narasi TV ini seluruh elemennya adalah perempuan. Najwa ingin membuktikan bahwa perempuan pun bisa melakukan banyak hal dan bisa setara dengan laki-laki.
Sadie Plant, filsuf perempuan yang juga ahli budaya asal Inggris dalam bukunya yang berjudul Zeroes and Ones: Digital Women and the New Technoculture menuliskan, internet adalah feminim. Feminis melihat adanya ruang publik baru untuk menyuarakan perubahan melalui penghapusan batasan ruang publik, sehingga internet diinterpretasikan tidak begitu teknis namun lebih bersifat sebagai media.
Pada 1995, ketika penggunaan internet meningkat secara drastis, tidak banyak perempuan yang ikut menggunakannya. Karena waktu itu teknologi masih terbatas, dari sini mulailah laki-laki mengeksploitasi tubuh perempuan dalam media massa, seperti dalam iklan-iklan yang banyak menampilkan perempuan menunjukan kecantikannya dari wajah dan bentuk tubuhnya. Selain eksploitasi tubuh, perempuan juga mengalami ketidakadilan dalam media pada penulisan fiksi, banyak penulis lebih sering menjadikan laki-laki sebagai tokoh utama dalam cerita.
Fiksi di sini adalah cerita yang mengambil contoh dari kehidupan sehari-hari dan amanah yang terkandung bisa membuat pembaca menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ketika laki-laki lebih mendominasi dalam fiksi yang ada, maka kehidupan nyata pun akan demikian.
Karena lagi lagi harus dikatakan media adalah pesan untuk masyarakat mengubah budaya. Jika sudah demikian, hal yang harusnya kita lakukan adalah mengubah konstruk sosial agar lebih memandang perempuan itu setara dengan laki-laki. Lalu hal apa yang bisa kita lakukan?
Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi hal ini; Pertama, perlu dilakukannya upaya menyosialisasikan kesetaraaan gender dalam media secara terus menerus, agar semakin banyak orang yang mendapatkan pesan untuk perubahan kebudayaan dalam dirinya.
Kedua, perempuan harus menunjukkan action bahwa perempuan bisa setara dengan laki-laki, di sini perempuan harus bisa terjun ke berbagai ranah kehidupan, agar bisa mendapat mengakuan kesetaraan; Ketiga, Perempuan perlu meningkatkan kapasitasnya agar memiliki karakter yang unggul dan mampu menyetarakan diri; dan sangat diperlukan kerjasama dengan semua pihak, agar relasi antara perempuan dan media massa bisa terjalin dengan baik.
Maka dengan begitu, perlahan pesan untuk perubahan pembentukan sosial akan terwujud, konstruk adil gender akan terrealisasikan dalam segala ranah kehidupan manusia. []