Jumat, 28 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Fahmina

    Marzuki Rais: Fahmina Tumbuh dari Kontrakan, Kuat di Pendidikan, Meluas Lewat Jejaring Asia

    Fahmina

    Marzuki Rais Beberkan Tantangan Advokasi dan Misi Keberagaman Fahmina

    Inklusif

    Peringati Seperempat Abad, Fahmina Kuatkan Gerakan Pendidikan Inklusif

    Demokrasi

    Kelas Diskusi Islam & Demokrasi Fahmina Soroti Rapuhnya Demokrasi dan Pengalaman Diskriminasi Kelompok Minoritas

    Kekerasan Seksual

    Kelas Diskusi Islam dan Gender Fahmina Ungkap Masalah Laten Kekerasan Seksual dan Perkawinan Anak

    Fahmina yang

    Fahmina Luncurkan Buku “Bergerak untuk Peradaban Berkeadilan” di Harlah ke-25

    25 Tahun Fahmina

    Fahmina Akan Gelar Peringatan 25 Tahun, Ini Rangkaian Acaranya

    P2GP

    P2GP Harus Diakhiri: KUPI Minta Negara Serius Libatkan Ulama Perempuan dalam Setiap Kebijakan

    P2GP

    Istiqamah di Tengah Penolakan: Perjuangan Panjang KUPI Menghentikan P2GP

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Buah Sukun

    Sukun Cikalahang: Ketika Riset Aksi Mengubah Buah yang Diabaikan Jadi Rupiah

    Fiqh al-Murunah

    Disabilitas sebagai Subaltern: Menimbang Fiqh al-Murūnah

    Seni Brai

    Seni Brai: Merawat Warisan Dakwah Sunan Gunung Djati untuk Masa Depan

    Perkawinan Beda Agama

    Perkawinan Beda Agama: Gugatan Baru, Masalah Lama

    Ritual Perempuan Adat

    Kearifan Perempuan Adat: Melestarikan Alam Lewat Ritual dan Kosmologi

    Madrasah Creator KUPI

    Madrasah Creator KUPI, Menulis Biografi Ulama Perempuan dengan Gaya Storyteller

    Kekerasan Terhadap Perempuan dalam Al-Qur'an

    Al-Qur’an dan Upaya Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan

    Hukuman Mati

    Hukuman Mati dalam Pandangan Gereja Katolik

    Kekerasan Terhadap Perempuan masih

    Dari Keluarga hingga Negara: Kekerasan terhadap Perempuan Masih PR Bersama

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Fahmina

    Marzuki Rais: Fahmina Tumbuh dari Kontrakan, Kuat di Pendidikan, Meluas Lewat Jejaring Asia

    Fahmina

    Marzuki Rais Beberkan Tantangan Advokasi dan Misi Keberagaman Fahmina

    Inklusif

    Peringati Seperempat Abad, Fahmina Kuatkan Gerakan Pendidikan Inklusif

    Demokrasi

    Kelas Diskusi Islam & Demokrasi Fahmina Soroti Rapuhnya Demokrasi dan Pengalaman Diskriminasi Kelompok Minoritas

    Kekerasan Seksual

    Kelas Diskusi Islam dan Gender Fahmina Ungkap Masalah Laten Kekerasan Seksual dan Perkawinan Anak

    Fahmina yang

    Fahmina Luncurkan Buku “Bergerak untuk Peradaban Berkeadilan” di Harlah ke-25

    25 Tahun Fahmina

    Fahmina Akan Gelar Peringatan 25 Tahun, Ini Rangkaian Acaranya

    P2GP

    P2GP Harus Diakhiri: KUPI Minta Negara Serius Libatkan Ulama Perempuan dalam Setiap Kebijakan

    P2GP

    Istiqamah di Tengah Penolakan: Perjuangan Panjang KUPI Menghentikan P2GP

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Buah Sukun

    Sukun Cikalahang: Ketika Riset Aksi Mengubah Buah yang Diabaikan Jadi Rupiah

    Fiqh al-Murunah

    Disabilitas sebagai Subaltern: Menimbang Fiqh al-Murūnah

    Seni Brai

    Seni Brai: Merawat Warisan Dakwah Sunan Gunung Djati untuk Masa Depan

    Perkawinan Beda Agama

    Perkawinan Beda Agama: Gugatan Baru, Masalah Lama

    Ritual Perempuan Adat

    Kearifan Perempuan Adat: Melestarikan Alam Lewat Ritual dan Kosmologi

    Madrasah Creator KUPI

    Madrasah Creator KUPI, Menulis Biografi Ulama Perempuan dengan Gaya Storyteller

    Kekerasan Terhadap Perempuan dalam Al-Qur'an

    Al-Qur’an dan Upaya Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan

    Hukuman Mati

    Hukuman Mati dalam Pandangan Gereja Katolik

    Kekerasan Terhadap Perempuan masih

    Dari Keluarga hingga Negara: Kekerasan terhadap Perempuan Masih PR Bersama

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Perempuan dan Ekstremisme

Reni Sujinah Reni Sujinah
11 Agustus 2020
in Publik
0
perempuan, ekstremisme

Ilustrasi: Pixabay

45
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Miris ketika harus mendengar kabar hasil penelitian Institute for Policy of Conflict (IPAC) yang menunjukkan perempuan mulai memegang peran penting dalam extrimisme dan radikalisme. Sebenarnya para perempuan yang terlibat dalam radikalisme maupun extrimisme paham tidak ya tentang pengertian keduanya?

Sangat ditakutkan ketika hasil penelitian menunjukkan demikian, tetapi justru perempuan sendiri yang tidak banyak mengerti tentang radikalisme dan extrimisme. Ketidaktahuan bisa menjerumuskan seseorang masuk dalam pengaruh buruk orang lain yang disampaikan dengan cara baik, perumpamaannya adalah seperti racun berselimut madu.

Tidak semua perempuan mudah dijadikan boneka untuk merealisasikan tindakan extrem, banyak juga perempuan yang justru malah melarang dengan tegas tindakan tersebut, bukan hanya melarang dirinya, tetapi juga melarang saudara, teman, anak, atau orang terdekatnya.

Perempuan selalu jago dalam hal lobi. beberapa perempuan memperkokoh ajaran dasar agamanya sejak dini dan beberapa ada juga yang baru mengenal agama ketika usianya sudah beranjak dewasa, dan di sini rawan sekali paham-paham radikalisme yang extrem masuk dalam pemikiran dengan mudah.

Pada dasarnya, radikal memang diperlukan untuk cara berpikir yang mendasar dan mengupas tuntas sebuah bahasan. Tetapi radikalisme berbeda pengertian dengan berpikir radikal, radikalisme adalah sebuah ideologi dan paham yang ingin melakukan perubahan pada sistem sosial dan politik dengan menggunakan cara-cara extrem.

Faktor yang membuat manusia terutama perempuan mudah terkena paham radikalisme adalah pertama, pemikiran, banyak sekali penyebaran ajaran radikalisme dibumbui dengan ajaran-ajaran agama. Perlu kita ketahui, semua agama yang diakui negara Indonesia ini tidak ada yang menganjurkan kekerasan tanpa sebab dan musyawarah yang jelas.

Kedua, faktor ekonomi, sudah kodratnya manusia untuk bertahan hidup, dan dalam situasi terdesak masalah ekonomi maka manusia dapat melakukan apa saja termasuk melakukan kekerasan, karena pada kondisi ekonomi yang tidak stabil manusia sering kali tidak dapat berpikir bijak.

Ada juga faktor politik, mulanya terjadi karena adanya kaum oposisi yang muncul dengan dalih ingin menegakkan keadilan. Yang keempat ada faktor sosial dan psikologis, bisa dari segala hal seperti hubungan yang menyebabkan benci dan dendam sehingga seseorang bisa menjadi anarkis dan radikalis.

Faktor besar yang menyebabkan radikalisme adalah pendidikan, khususnya pendidikan agama, karena sering kali radikalisme disangkut pautkan dengan agama. Kultur patriarki diIndonesia juga menjadi faktor mudahnya perempuan terserang paham radikalisme. Patriarki menempatkan perempuan dalam posisi marjinal dan subordinat sehingga menyebabkan perempuan kebingungan akan gerak dan langkahnya, alhasil masuklah pada rekrutmen paham radikalisme melalui cara  seperti pernikahan.

Sering kali penyebaran paham radikalisme pada kalangan perempuan ini diawali dengan kebohongan yang sengaja disampaikan agar pendengar salah paham dengan maksud kebenarannya. Seperti contohnya, sebuah perempuan diajak berbincang masalah poligami itu dianjurkan Rasul dan lebih baik lagi jika seorang perempuan yang mau dipoligami itu mau ikut serta berperan berjihad di jalan Allah, dan perempuan tersebut menyetujui ajakan poligami dan ikut berjihad hingga mau melakukan bunuh diri dengan bom dengan iming-iming surga.

Padahal nyatanya Rasul lebih banyak menghabiskan waktunya dengan memiliki seorang istri yaitu Khadijah dibanding hidup dengan memiliki istri banyak. Rasul menikahi beberapa janda karena memang yang dinikahinya adalah orang yang harus diselamatkan hidupnya, dan tentang berjihad itu tidak harus sampai rela bunuh diri dan membunuh beberapa orang yang memang sengaja dibunuh dengan bom padahal orang tersebut tidak bersalah dan hanya bereda agama.

Pada kasus seperti demikian perempuan dituntut untuk pandai dan cerdas dalam berpikir serta berpengetahuan, karena ketika seseorang sudah memiliki dasar pengetahuan yang jelas, maka akan sulit dibohongi, termasuk dipengaruhi paham radikalisme, itu sangat tidak mudah.

Kelompok radikal di Indonesia memang sudah ada sejak jaman dulu dan bahkan kini sudah bertransformasi. Terutama terlihat sekali dalam pelaku, pelaku radikalisme terdahulu banyak melibatkan laki-laki dalam aksinya, tetapi dimasa kini kondisinya semakin parah dan melibatkan perempuan dalam berjihad.

Hal berbeda juga ditunjukkan dengan istilah lone wolf yang artinya bergerak sendiri tanpa koordinasi dengan jaringan kelompoknya. Seperti di Sibolga, Sumatera Utara masyarakat digemparkan oleh penangkapan beberapa perempuan dari kelompok teroris jamaah anshorut daulah (JAD).

Salah satunya bernama Solimah, istri teroris ini lebih radikal dibanding suaminya, ia lebih memilih meledakkan diri, dari pada ditangkap polisi. Pernyataan Solimah tersebut diambil ketika pengintrogasian dan ia berkata demikian tanpa berpikir panjang.

Meski begitu peran perempuan sangat penting untuk menanggulangi radikalisme, karena di Indonesia perempuan sebagai ibu menuntut untuk banyak mendidik anak, dari sini peran perempuan harus digunakan sebaik-baiknya untuk melawan radikalisme.

Perempuan harus berpendidikan, terkhusus pendidikan agama dengan sanad guru yang jelas agar bisa mendidik anaknya dengan baik dan seorang anak akan memproteksi dirinya dari paham radikalisme ketika sudah dididik dengan baik sejak dini. Karena radikalisme memiliki ciri kekerasan, sedangkan ajaran agama yang bijak tidak menganjurkan penganutnya melakukan kekerasan.[]

Reni Sujinah

Reni Sujinah

Terkait Posts

Buah Sukun
Personal

Sukun Cikalahang: Ketika Riset Aksi Mengubah Buah yang Diabaikan Jadi Rupiah

28 November 2025
Fiqh al-Murunah
Publik

Disabilitas sebagai Subaltern: Menimbang Fiqh al-Murūnah

28 November 2025
Seni Brai
Publik

Seni Brai: Merawat Warisan Dakwah Sunan Gunung Djati untuk Masa Depan

28 November 2025
Perkawinan Beda Agama
Publik

Perkawinan Beda Agama: Gugatan Baru, Masalah Lama

28 November 2025
Ritual Perempuan Adat
Publik

Kearifan Perempuan Adat: Melestarikan Alam Lewat Ritual dan Kosmologi

28 November 2025
Madrasah Creator KUPI
Personal

Madrasah Creator KUPI, Menulis Biografi Ulama Perempuan dengan Gaya Storyteller

28 November 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kekerasan Terhadap Perempuan dalam Al-Qur'an

    Al-Qur’an dan Upaya Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Soft Life : Gaya Hidup Anti Stres Gen Z untuk Kesejahteraan Mental

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dari Keluarga hingga Negara: Kekerasan terhadap Perempuan Masih PR Bersama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perkawinan Beda Agama: Gugatan Baru, Masalah Lama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kearifan Perempuan Adat: Melestarikan Alam Lewat Ritual dan Kosmologi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Sukun Cikalahang: Ketika Riset Aksi Mengubah Buah yang Diabaikan Jadi Rupiah
  • Disabilitas sebagai Subaltern: Menimbang Fiqh al-Murūnah
  • Seni Brai: Merawat Warisan Dakwah Sunan Gunung Djati untuk Masa Depan
  • Perkawinan Beda Agama: Gugatan Baru, Masalah Lama
  • Kearifan Perempuan Adat: Melestarikan Alam Lewat Ritual dan Kosmologi

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID