• Login
  • Register
Sabtu, 28 Januari 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Figur

Pola Parenting-Childrening Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail Jelang Peristiwa Penyembelihan

Vevi Alfi Maghfiroh Vevi Alfi Maghfiroh
03/08/2020
in Figur, Hikmah, Keluarga
0
Ilustrasi NBU

Ilustrasi NBU

387
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Perayaan Idul Adha selain bertepatan dengan ibadah haji, juga tidak terlepas dari peristiwa sejarah yang tercatat dalam Al-Qur’an Surat As-Saffat Ayat 99-113 tentang percakapan demokratis penuh keikhlasan antara Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail mengenai peristiwa pengorbanan antara keduanya.

Perintah berkurban pada perayaan Idul Adha tidak terlepas dari peristiwa yang bermula saat Nabi Ibrahim bermimpi melihat dirinya menyembelih putranya sendiri, Ismail. Putra yang sangat ia cintai setelah terpisah karena diperintahkan Tuhan untuk membawa dan meninggalkannya di gurun Arab bersama Ibunda Siti Hajar saat masih bayi. Peristiwa ketangguhan Siti Hajar dan bayi Ismail tersebut juga kemudian diabadikan sebagai tuntunan berhaji bagi umat Islam.

Setelah Ismail bertumbuh, seperti yang disebutkan dalam surat As-Saffat ayat 102, Nabi Ibrahim berdialog dengan putranya tentang mimpi yang ia alaminya berturut-turut. “Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu?” Nabi Ibrahim, seorang nabi yang agung tetap menanyakan pendapat kepada anaknya mengenai hal yang melibatkan dirinya dan anaknya juga.

Lantas Nabi Ismail, sang anak juga menjawab: “Wahai ayahku! Lakukanlan apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu, Insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.” Jawaban Ismail tersebut menggambarkan betapa keikhlasan dan kepasrahan kepada perintah yang disampaikan Tuhan melalui ayahnya itu juga harus dilaksanakan tanpa paksaan.

Dari peristiwa ini, kita bukan hanya diajarkan tentang kesabaran, pengorbanan, dan keikhlasan saja. Tetapi juga teladan parenting-childrening Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Kedua pola tersebut harus ada, karena untuk menciptakan keluarga yang inklusif harus melibatkan seluruh anggota keluarga dalam hal apapun.

Daftar Isi

  • Baca Juga:
  • 3 Hal yang Perlu Ditegaskan Ketika Perempuan Aktif di Ruang Publik
  • Content Creator atau Ngemis Online?
  • 5 Pilar Keluarga Berencana dalam Perspektif Mubadalah
  • Menanti Hasil Fatwa KUPI dari Kokohnya Bangunan Epistemologi Part II-Habis

Baca Juga:

3 Hal yang Perlu Ditegaskan Ketika Perempuan Aktif di Ruang Publik

Content Creator atau Ngemis Online?

5 Pilar Keluarga Berencana dalam Perspektif Mubadalah

Menanti Hasil Fatwa KUPI dari Kokohnya Bangunan Epistemologi Part II-Habis

Bentuk relasi yang terbuka, hangat, dan saling percaya antara orang tua dan anak akan terbangun rasa hormat dan kepercayaan satu sama lain. Pola dialogis tersebut juga dibutuhkan agar pola pengasuhan tidak hanya bertumpu pada kacamata pandang orang tua saja, tetapi juga perlu melibatkan pandangan anak dalam melihat dan menanggapi sesuatu di depannya.

Hal ini karena pandangan anak (children eyes) tak selamanya sama dengan bagaimana orang tua memandang suatu perkara. Maka berdialog dengan anak juga perlu diperhatikan bagi para orang tua. Pola Childrening ini juga diabadikan dalam Al-Qur’an tentang kisah Nabi Nuh dan Kan’an. Kisah Ibunda Nabi Musa (ketika menyusui), juga Kisah Nabi Yusuf dan Nabi Ya’qub.

Namun berbeda dengan Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang penuh keteladanan, sebaliknya kisah Nabi Nuh dan Kan’an (putranya) yang termaktub dalam Surat Hud ayat 41-48 memberikan pelajaran yang berbeda. Ketika kapal Nabi Nuh berlayar membawa kaumnya ke dalam arus gelombang besar laksana gunung, Nabi Nuh memanggil anaknya ketika mengetahui Sang Anak berada di tempat yang jauh terpencil.

“Wahai anakku! Naiklah (ke kapal) bersama kami dan janganlah engkau bersama orang-orang kafir” yang kemudian dijawab oleh anaknya, “Aku akan mencari perlindungan ke gunung yang dapat menghindarkan aku dari air bah” jawab Sang Anak dalam dialog tersebut. Nabi Nuh berkata lagi, “Tidak ada yang melindungi dari siksaan Allah pada hari ini selain Allah yang Maha Penyayang.”

Namun Kan’an tetap tidak mengikuti perintah ayahnya, dan gelombang besar tersebut menenggelamkannya. Walau kisah ini menggambarkan bagaimana akhir tragis dari nasib Sang Anak, tetapi juga mengajarkan kita bahwa proses dialog itu harus ada untuk memastikan anak-anak melakukan sesuatu atas pilihannya dan menerima segala konsekuensi atasnya.

Dengan demikian puisi Kahlil Gibran yang mengatakan ‘Anakmu bukanlah anakmu, dia anak kehidupan yang merindui dirinya sendiri, dia terlahir melaluimu tapi bukan darimu, meski dia bersamamu tapi dia bukan milikmu’ menjadi nasihat tersendiri bagi para orang tua, bahwa Anak selain miliknya juga milik dirinya sendiri dan Tuhan yang menciptakan dan mematikannya kelak. []

Vevi Alfi Maghfiroh

Vevi Alfi Maghfiroh

Mahasiswa Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Terkait Posts

Ruang Publik

3 Hal yang Perlu Ditegaskan Ketika Perempuan Aktif di Ruang Publik

28 Januari 2023
Terminologi Mubadalah

Terminologi Mubadalah Berguna Untuk Gagasan Relasi Kerjasama

28 Januari 2023
Konco Wingking

Konco Wingking Dalam Perspektif Mubadalah

28 Januari 2023
khitan laki-laki dan perempuan

Khitan Baik Bagi Laki-laki dan Tidak Baik Bagi Perempuan

27 Januari 2023
Sikap Tajassus

Menjauhi Sikap Tajassus Menjadi Resolusi di 2023

27 Januari 2023
mubadalah

Kaidah yang Digunakan Dalam Perspektif Mubadalah

27 Januari 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Fatwa KUPI

    Menanti Hasil Fatwa KUPI dari Kokohnya Bangunan Epistemologi Part II-Habis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 5 Pilar Keluarga Berencana dalam Perspektif Mubadalah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Atensi Pesantren Menjawab Isu Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Writing for Healing: Mencatat Pengalaman Perempuan dalam Sebuah Komunitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Konco Wingking Dalam Perspektif Mubadalah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • 3 Hal yang Perlu Ditegaskan Ketika Perempuan Aktif di Ruang Publik
  • Content Creator atau Ngemis Online?
  • 5 Pilar Keluarga Berencana dalam Perspektif Mubadalah
  • Menanti Hasil Fatwa KUPI dari Kokohnya Bangunan Epistemologi Part II-Habis
  • Terminologi Mubadalah Berguna Untuk Gagasan Relasi Kerjasama

Komentar Terbaru

  • Menjauhi Sikap Tajassus Menjadi Resolusi di 2023 - NUTIZEN pada (Masih) Perlukah Menyusun Resolusi Menyambut Tahun Baru?
  • Pasangan Hidup adalah Sahabat pada Suami Istri Perlu Saling Merawat Tujuan Kemaslahatan Pernikahan
  • Tanda Berakhirnya Malam pada Relasi Kesalingan Guru dan Murid untuk Keberkahan Ilmu
  • Tujuan Etika Menurut Socrates - NUTIZEN pada Menerapkan Etika Toleransi saat Bermoda Transportasi Umum
  • Film Yuni Bentuk Perlawanan untuk Masyarakat Patriarki pada Membincang Perkawinan Anak dan Sekian Hal yang Menyertai
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist