• Login
  • Register
Rabu, 9 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom

Relasi Kesalingan dalam Ruang Kelas

Siwi Nurdiani Siwi Nurdiani
13/10/2022
in Kolom
0
Relasi Kesalingan dalam Ruang Kelas

Relasi Kesalingan dalam Ruang Kelas

55
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.Id– Relasi kesalingan dalam ruang kelas terbilang penting. Pasalnya, dalam suatu ruang kelas di Madrasah Aliyah, guru memulai pembelajaran dengan membagi kelompok.

“Mas, kalian yang laki-laki, yang kuat angkat meja itu. Biar lebih leluasa kerja kelompok,” ujar sang guru.

Saat membentuk pengurus kelompok, giliran siswa perempuan tidak mau menjadi ketua. Karena menurutnya masih ada siswa laki-laki yang jadi ketua kelas. Di ruang kelas jurusan keagamaan, hampir semua siswa perempuan menganggap, siswa lelakilah yang pantas menjadi ketua kelompok.

Baca juga: Benarkah Perempuan Tidak Boleh Sekolah Tinggi-tinggi?

Kelihatannya kisah di atas tergolong ‘receh’ akan tetapi rasakan dahsyatnya mindset yang tertanam dalam benak siswa putri. Lelaki kuat dan identik kerja fisik. Sedangkan perempuan lemah dan tidak kompeten.

Baca Juga:

Mengapa Perempuan Lebih Religius Daripada Laki-laki?

Mengapa Pengalaman Biologis Perempuan Membatasi Ruang Geraknya?

Meruntuhkan Mitos Kodrat Perempuan

Menggugat Batas Relasi Laki-Laki dan Perempuan di Era Modern-Industrialis

Perempuan hanya akan diberi pekerjaan ‘halus’ macam merajut, memasak, merawat anak. Mereka tidak bisa kerja berat, atau diberi tanggung jawab ‘berat’ semacam  ketua kelompok, seorang pemimpin di ruang publik.

“Ketuanya yang cowok saja, Bu. Laki-laki kan pemimpin. Saya sekretaris saja,” ujar seorang siswa putri.

Baca juga: Perempuan Juga Berhak Jadi Pemimpin

Lihatlah, bahwa dengan santai, dia mengakui bahwa yang kompeten menjadi ketua kelas itu laki-laki. Sedang perempuan bisa menempati posisi pekerjaan yang siswa lelaki malas untuk melakukannya.

Ujung-ujungnya, kelas itu dipimpin siswa lelaki. Di sisi lain, ia sangat tidak dipercaya untuk urusan administratif dan manajemen keuangan.

Begitu pun konsep relasi berkeadilan dalam hal kepemimpinan OSIS.  Siswa di MA mayoritas perempuan tapi kenapa ketua OSIS masih dipercayakan kepada siswa lelaki. Sedangkan perempuan ditempatkan sebagai pendamping saja atau pengurus bagian njlimet bin ngremit macam sekretaris atau bendahara.

Ketika vote berlangsung, keberpihakan para pemilih siswa perempuan pun tidak lantas signifikan memilih ketua OSIS perempuan.

Hal tersebut juga sesuai ketika dalam sebuah pembelajaran, guru memberikan questioner “laki-laki atau perempuan yang layak jadi pemimpin?”. Faktanya, 98% siswa di kelas itu menjawab: laki-laki. Hanya 2% bahkan kurang yang yakin bahwa perempuan pun layak menjadi pemimpin.

Kasus itu nyata. Bukti adanya ketimpangan relasi antara siswa laki-laki dan perempuan. Siswa laki-laki merasa memiliki superioritas, sedangkan siswa perempuan sebaliknya, merasa tidak percaya pada kemampuan diri sendiri.

Padahal apabila menyimak perkembangan peran perempuan di ranah publik, sudah tidak saatnya lagi perempuan merasa jadi nomor dua. Sebut saja Halimah Jacob—presiden perempuan pertama di Singapura.

Baca juga: Kabar Gembira dari Nabi untuk Perempuan

Sudah bukan saatnya perempuan merasa menjadi nomor dua setelah laki-laki, sebab perempuan dan laki-laki diciptakan Tuhan dalam kedudukan yang sama tinggi derajatnya.

Relasi yang terbentuk adalah kesalingan. Jika perempuan yang menjadi ketua kelas maka laki-laki berperan sebgai bendahara. Berlaku sebaliknya.

Menjadi tugas bagi pendidik/guru untuk menumbuhkan kesadaran tersebut. Agar tidak ada lagi asumsi, satu pihak lebih tinggi dari yang lain. Sehingga siswa perempuan pun bisa memiliki kepercayaan diri, bahwa ia layak menjadi pemimpin.

Sudah seyoginya relasi kesalingan dalam ruang kelas. Agar paham gender dan kesataraan sudah mengakar pada siswa sejak masih di bangku pelajaran. []

Tags: GenderkelaskerjaKesalinganlaki-lakiMubadalahperanperempuantugas
Siwi Nurdiani

Siwi Nurdiani

Terkait Posts

Pelecehan Seksual

Stop Menormalisasi Pelecehan Seksual: Terkenal Bukan Berarti Milik Semua Orang

9 Juli 2025
Pernikahan Tradisional

Sadar Gender Tak Menjamin Bebas dari Pernikahan Tradisional

8 Juli 2025
Jiwa Inklusif

Menanamkan Jiwa Inklusif Pada Anak-anak

8 Juli 2025
Nikah Massal

Menimbang Kebijakan Nikah Massal

8 Juli 2025
Intoleransi di Sukabumi

Intoleransi di Sukabumi: Ketika Salib diturunkan, Masih Relevankah Nilai Pancasila?

7 Juli 2025
Retret di sukabumi

Pengrusakan Retret Pelajar Kristen di Sukabumi, Sisakan Trauma Mendalam bagi Anak-anak

7 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Nikah Massal

    Menimbang Kebijakan Nikah Massal

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menggugat Batas Relasi Laki-Laki dan Perempuan di Era Modern-Industrialis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menanamkan Jiwa Inklusif Pada Anak-anak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Meruntuhkan Mitos Kodrat Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sadar Gender Tak Menjamin Bebas dari Pernikahan Tradisional

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Mengapa Perempuan Lebih Religius Daripada Laki-laki?
  • Mengapa Pengalaman Biologis Perempuan Membatasi Ruang Geraknya?
  • Stop Menormalisasi Pelecehan Seksual: Terkenal Bukan Berarti Milik Semua Orang
  • Perjanjian Pernikahan
  • Sadar Gender Tak Menjamin Bebas dari Pernikahan Tradisional

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID