• Login
  • Register
Jumat, 11 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Tafsir 72 Pintu Keimanan Menurut al-Isfahani: Perspektif Mubadalah

Faqih Abdul Kodir Faqih Abdul Kodir
08/02/2022
in Hikmah
0
Tafsir 72 Pintu Keimanan Menurut al-Isfahani: Perspektif Mubadalah
133
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Hadits tentang 70 lebih pintu keimanan sangat populer di kalangan masyarakat Islam. Dalam sabda Nabi Saw, bahwa pintu-pintu keimanan itu ada 70 lebih, yang tertinggi kesaksian “Tiada Tuhan selain Allah” dan yang terendah adalah menyisihkan segala sesuatu yang bisa menyakitkan dari jalan”. Hadits ini diriwayatkan Imam Bukhari dalam Sahihnya. Tetapi apa saja tafsir dari 70 lebih pintu keimanan ini masih sangat sedikit ulama yang membahas.

Di antara yang sedikit itu adalah Imam Abu al-Qasim Husein bin Muhammad ar-Raghib al-Isfahani (w. 502 H) dalam kitabnya “Kitab adz-Dzari’ah ilaa Makaarim asy-Syari’ah”. Biasanya, hadits ini dibiarkan terbuka dengan dimaknai untuk segala jenis kebaikan apapun, ritual maupun sosial, tanpa memastikan bisa menyentuh angka persis 70 yang disebut dalam hadits tersebut.

Nah, al-Isfahani berbeda. Penjelasan angka ini secara persis ditetapkan. Ungkapan “bidh’un wa sab’uuna” atau 70 lebih, dalam hadits itu, dibatasi langsung dengan angka 72, bukan yang lain. Artinya, ada 72 pintu keimanan, yang diungkapkan Nabi Saw tersebut, dalam penjelasan al-Isfahani.

Pertama kali, al-Isfahani membagi keimanan ke dalam 2 bagian: keyakinan (i’tiqady) dan amal perbuatan (a’maal). Lalu, keyakinan dibagi ke dalam 3 tingkatan: keyakinan penuh (yaqiniy), dugaan penuh (dzanniy), idan ikutan penuh (taqlidiy). Keimanan tingkat pertama yaqiniy adalah yang dihasilkan sendiri dan sampai pada keyakinan penuh yang sama sekali tidak ada unsur keraguan sedikitpun (QS. Al-Hujurat, 49: 15).

Keimanan tingkat kedua dzanny adalah yang diusahakan sendiri dan sampai pada dugaan yang penuh, menyisakan sedikit sekali keraguan yang tidak mengganggu (QS. Al-Baqarah, 2: 46). Keimanan tingkat ketiga taqlidiy adalah hasil ikutan pada ulama, bukan yang hasil pencariannya sendiri (QS. An-Nisa, 4: 83).

Baca Juga:

Negara Inklusi Bukan Cuma Wacana: Kementerian Agama Buktikan Lewat Tindakan Nyata

Tauhid: Kunci Membongkar Ketimpangan Gender dalam Islam

Peran Perempuan dan Perjuangannya dalam Film Sultan Agung

Tauhid: Fondasi Pembebasan dan Keadilan dalam Islam

Amal perbuatan (a’maal) sendiri terbagi 3 jenis: amal sosial untuk memakmurkan seluruh penduduk bumi dan alam sekitar (‘imaarat al-ardh, QS. Hud, 11: 61); amal ibadah ritual (‘ibaadatullaah, QS. Adz-Dzariyat, 51: 56); amal kepemimpinan untuk memastikan kemuliaan-kemuliaan Islam berjalan (khilaafatullaah, QS. Al-Baqarah, 2: 30 dan al-A’raf, 7: 129).

Dengan 3 tingkat keyakinan dan 3 jenis amal perbuatah, berarti semuanya ada 6 pintu keimanan. Dari masing-masing 6 jalan keimanan ini dirambah seseorang dengan 2 cara. Ada yang menjalaninya karena dorongan ketakutan terhadap sesuatu (rahbah) atau rasa kecintaan pada sesuatu (raghbah QS. Al-Anbiya, 21: 90); dan ada yang melakukannya penuh keikhlasan (ikhlash) serta percaya diri (QS. An-Nisa, 4: 146). Berarti semuanya, berjumlah 12 pintu keimanan.

Ke-12 pintu keimanan ini, terbagi ke dalam 3 level. Ada yang masih level pemula (mubtada’), level tengah (mutawassith), dan level akhir (muntaha). Berarti semuanya menjadi 36 pintu keimanan. Lalu, masing-masing dari 36 pintu atau jalan ini, ada yang diperoleh melalui pilihan Allah Swt (ijtibaa’) ada yang diperoleh melalui petunjuk-Nya (ihtidaa’). Jalan pilihan (ijtibaa’) bagi para Nabi, wali, dan mereka yang menggunakan hati, sementara jalan petunjuk bagi para ulama, pemikir, dan mereka yang menggunakan akal pikiran (QS. Maryam, 19: 58 dan Asy-Syura, 42: 13).

Dengan demikian semuanya adalah 72 pintu atau jalan keimanan. Dan seperti terlihat nyata, dalam penjelasan di atas, semua pintu dan jalan keimanan itu terbuka bagi siapapun, laki-laki maupun perempuan. Jenis kelamin seseorang tidak menjadi jaminan keimanannya lebih baik, atau levelnya lebih tinggi. Jika kita ingin semua orang bisa merambah jalan-jalan keimanan tersebut, maka harus ada kondisi sosial yang mendukung, sehingga seseorang tidak karena jenis kelamin tertentu, terhalang dari salah satu pintu atau jalan keimanan yang berjumlah 72 tersebut. Wallahu a’lam.

Faqih Abdul Kodir

Faqih Abdul Kodir

Founder Mubadalah.id dan Ketua LP2M UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Terkait Posts

Tauhid

Tauhid: Kunci Membongkar Ketimpangan Gender dalam Islam

11 Juli 2025
Tauhid dalam Islam

Tauhid: Fondasi Pembebasan dan Keadilan dalam Islam

11 Juli 2025
Membebaskan Manusia

Islam: Membebaskan Manusia dari Gelapnya Jahiliyah

11 Juli 2025
Berkeluarga

Berkeluarga adalah Sarana Menjaga Martabat dan Kehormatan Manusia

10 Juli 2025
Perempuan sebagai Fitnah

Sudah Saatnya Menghentikan Stigma Perempuan Sebagai Fitnah

10 Juli 2025
Perempuan sebagai Fitnah

Hingga Saat Ini Perempuan Masih Dipandang sebagai Fitnah

10 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Berhaji

    Menakar Kualitas Cinta Pasangan Saat Berhaji

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ikrar KUPI, Sejarah Ulama Perempuan dan Kesadaran Kolektif Gerakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jalanan Jogja, Kopi yang Terlambat, dan Kisah Perempuan yang Tersisih

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Film Horor, Hantu Perempuan dan Mitos-mitos yang Mengikutinya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Life After Graduated: Perempuan dalam Pilihan Berpendidikan, Berkarir, dan Menikah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Negara Inklusi Bukan Cuma Wacana: Kementerian Agama Buktikan Lewat Tindakan Nyata
  • Tauhid: Kunci Membongkar Ketimpangan Gender dalam Islam
  • Peran Perempuan dan Perjuangannya dalam Film Sultan Agung
  • Tauhid: Fondasi Pembebasan dan Keadilan dalam Islam
  • Menakar Kualitas Cinta Pasangan Saat Berhaji

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID