• Login
  • Register
Selasa, 21 Maret 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Film

Tanah Ibu Kami; Perempuan sebagai Sosok Pionir Perlawanan

Film ini membawa kita untuk memahami persoalan-persoalan agraria dan juga melihat peran perempuan dalam mempertahankan haknyna atas tanah.

Atu Fauziah Atu Fauziah
20/05/2021
in Film
0
menjaga lingkungan

menjaga lingkungan

240
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Ibu bumi wis maringi

(Ibu bumi telah memberi)

Ibu bumi dilarani

(Ibu bumi disakiti)

Ibu bumi kangadili

(Ibu bumi yang akan mengadili)

Mubadalah.id – Begitu kira-kira potongan syair yang dialunkan oleh kartini-kartini Kendeng tatkala menuai hasil kebun mereka. Ada makna yang cukup dalam serta kekuatan yang begitu menggugah dalam syair itu, seolah kita dibawa untuk merenungi kata perkatanya.

Alam yang dianalogikan sebagai sosok ibu yang selalu memberi apa yang dimiliki. Tetapi apa yang telah ibu bumi beri tak  juga disyukuri dan malah diingkari, dengan terus mengeruk keuntungan tiada henti, tanpa sadar  jikalau dengan itu bumi telah tersakiti. Meski begitu, ibu bumi tentu tidak akan diam begitu saja, karena apa yang diperbuat akan berbalik, tak terkecuali pada alam. Ibu bumi akan mengadili setiap tindakan merusak, dan membalas tangan-tangan angkara.

Tanah ibu kami, adalah sebuah film yang diproduksi oleh The Gecko Projek dan Mangabay tayang perdana pada 2 November 2020 lalu. Sebuah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan seorang jurnalis Independen yang bernama Febriana Firdaus menyusuri empat daerah di Nusantara, yakni, Desa Tegaldawo, Jawa Tengah; Mallo, Nusa Tenggara Timur;Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah; dan terakhir Banda Aceh.

Film yang merekam kisah-kisah perjuangan para perempuan yang dengan gagah berani berdiri di garda terdepan untuk mempertahkankan apa yang dimilikinya, serta meneguhkan apa yang diyakininya, dengan berbagai cara, tak terkecuali dengan cara melawan.

Tanah Ibu Kami bukan hanya menyuguhkan sebuah kisah yang dengan menontonnya menyulut rasa empati dan semangat berjuang, lebih dari itu Tanah Ibu Kami adalah Empat kisah perlawanan perempuan dalam satu film yang  berdurasi 55 menit namun  sudah berhasil membawa kita membuka mata betapa perempuan bukan makhluk yang mudah disepelekan apa lagi dianggap lemah.

Daftar Isi

  • Baca Juga:
  • Perempuan Juga Wajib Bekerja
  • Webinar Zakat Peduli Perempuan Korban Kekerasan akan Digelar Nanti Malam
  • Poligami Banyak Merugikan Kaum Perempuan
  • Bagaimana al-Qur’an Berbicara Mengenai Gender?

Baca Juga:

Perempuan Juga Wajib Bekerja

Webinar Zakat Peduli Perempuan Korban Kekerasan akan Digelar Nanti Malam

Poligami Banyak Merugikan Kaum Perempuan

Bagaimana al-Qur’an Berbicara Mengenai Gender?

Berikut empat nilai yang dimuat dalam film Tanah Ibu Kami :

Perempuan dan Kesadarannya untuk Melawan

Di awal, film ini sudah berhasil menguras emosional dengan melihat betapa kartini-kartini Kendeng tanpa rasa takut menyemen kedua kakinya dan pergi ke Istana Negara sebagai bentuk perlawanan dan penolakan terhadap pembangunan PT Semen Indonesia. Penolakan  mereka bukan tanpa alasan, karena pabrik semen tersebut telah merenggut tanah adat milik mereka, dan berpotesnsi menimbulkan kerusakan alam.

Hilangnya tanah mereka maka akan hilang pula sumber penghidupan masyarakat adat, sedangkan mereka menggantungkan hidupnya pada alam. Tak hanya itu, sumber air masyarakat pun akan terancam, sedangkan sumber air ini adalah segalanya apalagi bagi perempuan yang memiliki pengalaman biologis berbeda dengan laki-laki.

Itulah yang kemudian mendorog kartini-kartini Kendeng untuk melawan, mereka memiliki kesadaran atas potensi-potensi kerusakan yang akan ditimbulkan bila adanya pabrik semen. Karena apa yang mereka khawatirkan bukan saja keberlangsungan hidup mereka kini, tetapi juga keberlangsungan hidup anak cucu mereka kelak. Sehingga mereka memiliki kesadaran untuk tidak membiarkan hal tersebut terjadi, mereka harus melakukan sesuatu untuk mencegah pabrik semen tersebut beropersi.

Kesadaran untuk melawan  eksploitasi alam ini bukan hanya dilakukan oleh para kartini Kendeng, tetapi juga perempuan lainnya seperti Aleta Baun di Mallo, Nusa Tenggara Timur. Dan di Sulawesi Tengah ada Eva Bande yang melakukan perlawanan bersama kawan-kawannya dalam usaha menolak pengalihpungsian lahan menjadi perkebunan sawit.

Sederet kisah-kisah mereka telah menyadarkan kita betapa perempuan memiliki daya kritis terhadap realitas yang terjadi di lingkungannya, perempuan bukan makhluk kelas dua yang kurang akal atau bodoh. Tetapi perempuan makhluk yang peka dengan situasi yang terjadi, juga memiliki keberanian untuk melakukan hal-hal yang mereka yakini sebagai tindakan yang memang perlu dilakukan.

Perempuan Memiliki Peran Penting dalam Upaya Mempertahankan Keutuhan Alam

Tanah Ibu Kami membawa pesan bahwa perempuan memiliki peran yang besar dalam upaya pelestarian alam. Hal tersebut terlihat bagaimana perempuan-perempuan Kendeng yang kurang lebih seratus orang melakukan demo hingga pada akhirnya berujung kekerasan,. Perlawanan mereka sampai pada puncaknya ketika  kartini-kartini Kendeng menyemen kaki mereka di Istana Negara. Meski pada akhirnya mereka harus kehilangan kawan seperjuangan mereka yang wafat ketika selesai aksi di Jakarta menuju pulang, yaitu Yu Patmi.

Jika di Jawa Tengah ada kartini-kartini Kendeng, maka di NTT ada mama-mama Mallo yang berjuang mempertahankan gunung batu milik masyarakat adat. Perlawanan demi perlawaan mereka lakukan, dengan rela meninggalkan kebun mereka sehingga terbengkalai. Mereka pun banyak medapatkan kekerasan dari aparat yang memaksa melawan mama-mama Mallo. Tidak hanya luka fisik yang mereka dapatkan, tapi juga psikologis dari perjuangan itu.

Terlihat nyata banyak sekali perempuan-perempuan yang memiliki kekuatan besar dalam melawan eksploitasi terhadap alam, meski perjuangan yang mereka tempuh tentu tidaklah mudah. Begitulah yang juga dirasakan oleh Eva Bande dan juga Farwiza.

Film Tanah Ibu Kami Telah Mematahkan Stigma Bahwa Perempuan Hanyalah Makhluk yang Pantas Mengurus Urusan Domestik Saja

Stigma bahwa perempuan tidak memiliki kapsitas dalam urusan publik hanya pernyataan yang tidak berdasar. Nyatanya Aleta Baun menjadi penggagas upaya melawan perusahaan tambang di Mallo. Aleta  memang seorang anak kepala suku, tetapi dilahirkan sebagai perempuan membuat Aleta tidak diberikan kepercayaan untuk mengatur juga memutuskan suatu persoalan sukunya.

“Mereka bilang perempuan tak bisa memimpin, mama-mama bangkit dan melawan” begitu yang dikatakan mama Aleta.

Budaya yang patriarkal mencoba membatasi ruang gerak perempuan dalam urusan publik, Tetapi mama Aleta dapat meyakinkan masyarakat adatnya bahwa siapa saja dapat mejadi pemimpin. Sehingga mama Aleta bisa mengajak masyarakat adat lain untuk melakukan perlawanan dalam mempertahankan tanahnya.

Bagaimana perempuan mampu jadi sosok yang berpengaruh dalam suatu masyarakat, bahkan dapat mengorganisir masa untuk melakukan suatu perlawanan, itu jugalah yang dilakukan Eva Bande. Bahkan Eva bisa dibilang menjadi salah satu sosok yang ditakuti oleh para korporasi di tempatnya. Eva terkenal dengan tinjunya dalam jeruji besi yang menjadi sebuah simbol ketangguhan sosok perempuan pejuang itu .

Sosok Eva Bande, Mama Aleta, Kartini Kendeng, Wiza, bukan hanya muncul sebagai perempuan yang memiliki kesadaran atas pentingnya mempertahankan alam, tetapi menggambarkan betapa perempuan menjadi sosok pionir perlawanan.

Perempuan serta Keunikannya dalam Melakukan Perlawanan

Dan terakhir, yang ingin saya soroti dari film Tanah Ibu Kami adalah bagaimana perempuan selalu memiliki cara unik dalam melawan dan bergerak. Perempuan yang selalu mengutamakan cara-cara lembut dalam bertindak tercermin juga ketika mereka melakukan perlawanan.

Mama-mama Molla, mereka membawa alat-alat tenun ke gunung batu untuk mencegah para penambang melakukan aksinya. Mereka menenun di atas gunung berhari-hari tanpa lelah. Tenun adalah alat yang sangat dekat dengan perempuan, dan mama-mama Molla menjadikan itu sebagai alat perlawanan mereka.

Film ini membawa kita untuk memahami persoalan-persoalan agraria dan juga melihat peran perempuan dalam mempertahankan haknyna atas tanah. []

Tags: Alam SemestaEkofeminismeEkologifeminismeFilmGenderkeadilanKesetaraanperempuanPerlawananTanah Ibu Kami
Atu Fauziah

Atu Fauziah

Mahasiswi Akidah Filsafat Islam di UIN Banten.

Terkait Posts

Maple Yip

Maple Yip, Perempuan di Balik In the Name of God: A Holy Betrayal

15 Maret 2023
Pelecehan Seksual

Sekte JMS Korea Selatan: Lakukan Pelecehan Seksual Berkedok Agama

13 Maret 2023
Kekerasan Seksual Berkedok Agama

Kekerasan Seksual Berkedok Agama dalam Film In The Name Of God: A Holy Betrayal

11 Maret 2023
Drama The Red Sleeve

Drama The Red Sleeve: Ketika Perempuan Memilih Berdaya

10 Maret 2023
Serial Mendua

Serial Mendua dan Ragam Pengalaman Sosial Perempuan

25 Februari 2023
Film Noktah Merah Perkawinan

Melihat Relasi Pernikahan Menurut Buya Hamka dalam Film Noktah Merah Perkawinan

6 Februari 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Rethink Sampah

    Meneladani Rethink Sampah Para Ibu saat Ramadan Tempo Dulu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tujuan Perkawinan Dalam Al-Qur’an

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Siti Walidah: Ulama Perempuan Progresif Menolak Peminggiran Peran Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Meminang Siti Khadijah Bint Khwailid

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Webinar Zakat Peduli Perempuan Korban Kekerasan akan Digelar Nanti Malam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Perempuan Juga Wajib Bekerja
  • Siti Walidah: Ulama Perempuan Progresif Menolak Peminggiran Peran Perempuan
  • Prinsip Perkawinan Menjadi Norma Dasar Bagi Pasangan Suami Istri
  • Marital Rape itu Haram, Kok Bisa?
  • Webinar Zakat Peduli Perempuan Korban Kekerasan akan Digelar Nanti Malam

Komentar Terbaru

  • Perempuan Boleh Berolahraga, Bukan Cuma Laki-laki Kok! pada Laki-laki dan Perempuan Sama-sama Miliki Potensi Sumber Fitnah
  • Mangkuk Minum Nabi, Tumbler dan Alam pada Perspektif Mubadalah Menjadi Bagian Dari Kerja-kerja Kemaslahatan
  • Petasan, Kebahagiaan Semu yang Sering Membawa Petaka pada Maqashid Syari’ah Jadi Prinsip Ciptakan Kemaslahatan Manusia
  • Berbagi Pengalaman Ustazah Pondok: Pentingnya Komunikasi pada Belajar dari Peran Kiai dan Pondok Pesantren Yang Adil Gender
  • Kemandirian Perempuan Banten di Makkah pada Abad ke-20 M - kabarwarga.com pada Kemandirian Ekonomi Istri Bukan Melemahkan Peran Suami
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]dalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist