Mubadalah.id – Dalam Islam, tauhid dapat kita maknai sebagai bentuk pengukuhan bahwa hanya Allah sendiri dan satu-satunya yang harus kita puja, sembah dan cintai. Hanya Dia sendirilah yang memiliki kebesaran, kekuasaan, kebenaran dan Pemilik segala-galanya yang absolut.
Pernyataan ini dengan sendirinya juga membawa konsekuensi sosial paling rasional bahwa semua manusia dan ciptaan Tuhan yang lain adalah setara di hadapan-Nya. Serta tidak ada yang lebih tinggi dan lebih utama.
Keutamaan dan kelebihan hanyalah mereka yang paling mencintai dan paling dekat dan paling setia kepada-Nya. Prinsip kesetaraan ini juga dikemukakan dalam ayat yang lain.
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ
Wahai manusia, Kami telah menciptakan kamu laki-laki dan perempuan dan Kami jadikan kamu bersuku-suku dan berbangsabangsa agar kamu saling mengenal satu atas yang lain. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah yang paling bertagwa kepada-Nya” Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”. (QS. al Hujurat, 13).
Dengan tauhid lah dapat menyatakan bahwa seluruh umat manusia tanpa melihat latar-belakang identitas keyakinan agamanya, suku, kebangsaan, jenis kelamin, dan identitas kultural yang lain. Sama-sama harus saling menghargai dan menjamin hak-hak eksistensialnya sebagai makhluk Tuhan.
Syari’at atau aturan-aturan kehidupan bersama dengan begitu harus diarahkan bagi perwujudan sebuah tatanan kehidupan yang saling menghargai dan menghormati eksistensinya masing-masing.
Satu fakta sejarah sosial Madinah yang dipimpin Nabi pernah menghasilkan sebuah deklarasi universal yang kemudian dikenal sebagai “Piagam Madinah”.
Madinah ketika itu adalah sebuah negara yang dihuni oleh manusia dengan keyakinan keagamaan yang beragam (plural): Muslim, Yahudi, Nasrani dan lainnya.
Piagam Madinah
Piagam Madinah yang dikeluarkan tahun 623 M tersebut berisi kontrak sosial-ekonomi-politik antara warga negaranya yang plural itu. Beberapa butir piagam itu menyebutkan:
“Orang Islam, Yahudi dan warga Madinah yang lain, bebas memeluk agama dan keyakinannya masing-masing. Mereka harus mendapat jaminan atas kebebasannya untuk menjalankan ibadah. Tidak seorangpun boleh mencampuri urusan keyakinan orang lain.”
“Orang Yahudi yang menandatangani piagam ini berhak memperoleh pertolongan dan perlindungan serta tidak mereka perlakukan secara aniaya (zalim/tidak adil).”
“Orang Yahudi bagi orang Yahudi, Orang Islam bagi orang Islam. Jika di antara mereka berbuat zalim itu akan menyengsarakan diri dan keluarganya. Setiap penindasan dilarang. Mereka sama-sama wajib mempertahankan negaranya dari serangan musuh” (Ibnu Hisyam, Sirah an-Nabiy, Dar Ihya al Turats al Arabiy, II, hlm. 119-123).
Membaca pasal-pasal Piagam Madinah kita menemukan di dalamnya prinsip-prinsip kemanusiaan universal dan fundamental. Sehingga hal inilah yang menjadi landasan kehidupan bersama dalam komunitas multi keyakinan dan multi budaya atau masyarakat plural.
Prinsip-prinsip fundamendal tersebut antara lain: Persatuan dan kesatuan, persamaan dan keadilan, kebebasan beragama. Termasuk perlindungan warga negara, politik damai dan pembelaan negara-bangsa.
Kemudian, prinsip fundamental dalam Piagam Madinah ini, sebagai pengejawantahan dari ajaran Tauhid yang asasi dalam Islam. Yaitu dasar yang kokoh untuk menolak segala ekspresi siaran kebencian. Prinsip-prinsip ini meniscayakan agar umat Islam menghormati sesama umat manusia, termasuk kelompok agama yang berbeda. []