Mubadalah.id – Akhir-akhir ini dunia maya sedang dihebohkan oleh viralnya 3 video, emak-emak yang sedang marah-marah ketika ditegur atas kesalahannya, banyak Netizen pun yang mengutuk perilaku dari emak-emak yang dianggap sudah kelewatan batas, terutama dari tuturan katanya yang tak seharusnya diucapkan.
Kita mengenal sosok emak-emak adalah sosok ibu bagi para anaknya, mengurus anaknya dengan lembut dan kasih sayang. Memberikan contoh yang baik agar ditiru oleh anaknya, serta memberikan positif vibes agar memberikan semangat bagi anaknya dan orang-orang sekitarnya yang dikasihi.
Tapi, tak semua Emak-Emak mungkin bisa menahan emosi atas tindakan seseorang lainnya, banyak faktor yang membuat para emak-emak tersulut emosi, dapat kita wajari banyak yang harus Emak-emak fikirkan terutama untuk kehidupan keluarganya, mungkin hal inilah yang membuat emak-emak viral karena gampang tersulut emosi.
Kasus pertama adalah emak-emak yang memarahi kurir karena barang pesanan dari belanja onlinenya yang tidak sesuai, Tak hanya marah, ia juga melontarkan kata-kata kasar berulang kali kepada kurir karena merasa tak terima dan menganggap dirinya sedang ditipu. Ia juga agaknya menolak untuk membayar barang pesanannya tersebut. Si kurir sambil merekam, berusaha menjelaskan tentang metode COD dan meminta si ibu tersebut untuk merapikan kembali barang yang sudah ia terima tanpa dibayar.
Wanita yang disamping emak emak tersebut, yang diduga sebagai anaknya juga ikut merekam aksi si kurir, dan nampaknya semakin membakar emosi ibunya, karena juga ikutan menyudutkan dan menyalahkan si kurir. Padahal sang kurir telah menjelaskan jika ingin komplain bisa langsung ke sellernya bukan ke dirinya sebagai kurir. Namun si ibu, tetap tak terima dengan penjelasan kurir. Hingga akhir video, entah berapa kata-kata kasar yang terlontar. Namun akhirnya barang dikembalikan ke kurir dan belum diketahui bagaimana akhir dari kejadian ini.
Kasus kedua, Ibu-ibu yang memaki petugas petugas di pos penyekatan Benda Cicurug Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat saat diminta putar balik, Pada hari sabtu tanggal 15 Mei 2021 sebuah mobil diberhentikan petugas, pria berkacamata yang duduk di bagian depan kursi mobil membuka kacanya tak terima sambil memarahi petugas karena tak ingin putar balik dengan alasan yang diduga berwisata ke Sukabumi.
Sementara sang petugas yang diketahui bernama Briptu Febio Marcelino berkata, dirinya benar karena mengikuti aturan pemerintah untuk melakukan tindakan tersebut. Setelah itu, perempuan yang duduk di jok belakang juga ikut memaki dan mengeluarkan kata-kata kotor kepada petugas. Ia mengaku memiliki keluarga polisi dan berkata kasar.
Kini, baik Raminto maupun Hesti akhirnya datang ke Mapolres Sukabumi untuk meminta maaf pada Minggu tanggal 16 Mei 2021 setelah video yang direkam petugas lainnya viral di media sosial karena memaki petugas dengan kata-kata kasar. Hesti berjanji kejadian yang dilakukannya itu akan menjadi pelajaran bagi dirinya.
Kasus ketiga Peristiwa yang mirip juga terjadi pada seorang perempuan bernama Gustuti Rohmawati. Wanita tersebut memarahi petugas di pos penyekatan Simpang Jalan Lingkar Selatan, Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, Minggu tanggal 16 Mei 2021. Gustuti marah-marah karena tidak diperbolehkan masuk ke Kawasan Pantai Anyer. Kepada petugas, Gustuti Rohmawati beralasan ingin melayat neneknya. Namun kemudian, setelah dilakukan pemeriksaan, ia mengaku hendak menjenguk sepupu sakit. Perempuan itu juga tak terima saat ditegur petugas karena tidak mengenakan masker.
Ia pun marah-marah menggunakan Bahasa sunda pada petugas bahkan sampai memaki dan sempat keluar dari kendaraanya dan mengangkat kakinya ke dashbor mobil saat sedang di introgasi petugas. Petugas pun menenangkannya walaupun masih terus keluar kata-kata kasar. Yang bersangkutanpun menyesal dan sudah meminta maaf atas perbuatannya.
Ibu-Ibu atau Emak-emak yang seharusnya memiliki sifat hangat dan sikap yang dapat dicontoh, malah menunjukkan sikap yang tidak pantas. Apapun alasannya berkata kasar dan bersikap seenaknya tidak bisa dibenarkan, Setiap orang harus bisa menjaga marwahnya dan menjaga kehormatannya dengan memberikan sikap dan tutur kata yang baik.
Dalam Islam sendiri, tiap manusia harus menjaga emosinya, termasuk para emak-emak yang mungkin keadaan hatinya sedang tidak baik-baik saja. Banyak netizen media sosial yang malah memberikan pelabelan kepada emak-emak memiliki watak yang galak, suka marah-marah, dan mudah emosi.
Pelabelan seperti ini juga perlu dihapus, walaupun pelabelan terhadap “Emak-emak galak” sudah bukan hal asing, tapi bukanlah hal yang tak mungkin untuk menghapusnya. Para Emak-emak harus memiliki kesadaran dalam menjaga emosi terutama tutur kata dalam menyampaikan kalimatnya, juga menghindari kata-kata yang tidak pantas.
Dalam firman-Nya, Allah SWT pun menyebutkan tentang begitu istimewanya meredam amarah sehingga menjadi sebab seseorang menjadi orang yang bertakwa, sepeti yang tertuang pada QS. Ali Imran: 134.
“Orang-orang yang bertakwa adalah mereka yang menafkahkan (harta mereka), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”
Dalam pandang Islam lebih baik diam untuk menjaga emosi, dari pada harus menuturkan kata yang tidak pantas. Jika belum mampu meredam amarah, ambillah posisi yang lebih rendah seperti duduk, atau tiduran. Lalu ambillah air wudhu untuk meredamnya dengan siraman air yang menyejukkan. Jangan lupa berdzikir untuk mengingat Allah dan memohon agar dilapangkan rasa sabarnya. []