Mubadalah.id – Dunia media sosial kita minggu-minggu ini tengah ramai tentang war takjil. Yaitu para kelompok non islam (nonis) yang berburu takjil sebagaimana orang muslim yang berpuasa. Menjadi war takjil karena kelompok nonis berburu takjil isaat kelompok yang berpuasa sedang lemas-lemasnya menahan lapar dan dahaga. Yaitu pukul 15.00 WIB.
Kondisi ini mulai viral di media sosial salah satunya ketika salah satu pendeta Steve Marcel dari Gereja Tiberias Indonesia. Dalam khotbah di hadapan para jemaatnya mengatakan “agama kita toleran, tapi soal takjil kita duluan.”
Takjil Sebagai Pemersatu Bangsa
Dalam situasi yang cukup menegangkan paska pemilu, terutama pemilihan calon presiden dan wakil presiden, serta situasi paska pemilu yang hingga hari ini belum baik-baik saja. War takjil ini menjadi salah satu hiburan tersendiri bagi masyarakat Indonesia.
Postingan-postingan bercandaan di media sosial mengenai bagaimana kelompok muslim harus lebih cepat mendapatkan takjil. Dan nonis lebih tangkas menghabiskan takjil menjadi asupan energi bagi yang tengah berpuasa. Bukankah tertawa dapat meningkatkan produksi hormon endorfin, serotonin dan dopamin yang dapat meningkatkan suasana hati dan mendorong semangat berpuasa. Puasa pun menjadi lebih menyenangkan.
Dalam hal lain, para nonis melakukan war takjil, bahkan memborong dagangan takjil para pedagang. Bukan hanya untuk tujuan konsumsi pribadi atau keluarga, tetapi juga untuk masyarakat yang lebih luas. Mereka membagikan takjil tersebut kepada saudara-saudara muslim yang sedang berpuasa.
Saya menonton beberapa tayangan di media sosial bagaimana nonis memborong dagangan takjil,. Yang mayoritas pedagangnya adalah muslim, lalu langsung membagikannya kepada masyarakat yang sedang beraktivitas di jalan dan sekitarnya.
Tentu saja sikap ini adalah sebuah sikap yang mulai, patut mendapat dukungan dan menginspirasi masyarakat yang lain. Juga memperlihatkan bagaimana puasa dan tradisi takjil di Indonesia menjadi media pemersatu bangsa.
Dalam membeli takjil dan membagikan, tidak ada pertanyaan “kemaren pilih capres-cawapres nomor berapa?”, “kemaren pilih partai apa?” Di sisi lain kita juga dibuat tersenyum lebar hingga tertawa terhadap tingkah para netizen soal war takjil ini. Tak ada yang lebih indah dari kehidupan berbangsa dan bernegara ketimbang senyum dan tawa bersama teman sebangsamu, apapun pilihan imannya.
War takjil dan 7 Nalar Moderat Kiai Husein Muhammad
Saya tergelitik melihat war takjil dengan kacamata 7 (tujuh) nalar moderat yang Kiai Husein Muhammad perkenalkan. Kiai Husein salah satu feminis muslim yang adalah pengasuh Pesantren Dar al-Fikr. Kiai Husein memperkenalkan 7 nalar moderat sebagai cara berfikir yang menjauhkan dari pikiran dan sikap ekstrim, atau sikap fanatik berlebihan.
Ketujuh nalar itu adalah nalar yang memberi ruang bagi yang lain untuk berbeda pendapat, nalar yang menghargai pilihan keyakinan dan pandangan hidup seseorang, nalar yang tidak mengabsolutkan kebenaran sendiri sambil memutlakkan kesalahan orang lain.
Keempat adalah nalar yang menolak pemaknaan tunggal atas satu teks, setiap kalimat selalu memungkinkan untuk ditafsirkan secara beragam. Kelima adalah nalar yang tidak pernah membernarkan tindakan kekerasan atas nama agama apapun. Keenam, nalar yang selalu terbuka untuk dikritik secara konstruktif. Dan yang ketujuh adalah nalar yang selalu mencari pandangan yang dapat mewujudkan keadilan dan kemaslahatan bersama.
Membaca war takjil dengan nalar yang pertama, yaitu memberi ruang bagi yang lain untuk berbeda pendapat. Artinya memberi ruang untuk merasakan kebahagiaan dalam lingkungan yang melaksanakan ibadah Ramadan, meskipun berbeda agama.
Bukan pemeluk agama Islam tidak menghalangi mereka untuk beribadah yaitu memberikan kebahagiaan kepada saudaranya yang beragama muslim. Seperti halnya nalar yang pertama, nalar yang kedua adalah nalar yang menghargai pilihan keyakinan dan pandangan hidup seseorang, dengan bersikap toleran baik pasif maupun aktif.
Begitupun nalar yang ketiga, milalnya pemeluk agama islam tidak merasa paling benar dan paling berhak atas takjil, bahwa melarang orang non-muslim turut meramaikan takjil.
Beragama dengan Ramah, Bukan Marah
Selanjutnya, nalar yang cukup berkaitan dengan war takjil adalah nalar ketujuh, yaitu nalar yang selalu mencari pandangan yang dapat mewujudkan keadilan dan kemaslahatan bersama. Bagaimana war takjil menjadi kemaslahatan bagi umat muslim maupun nonis, menjadi ruang untuk saling berbagi, menjadi ruang untuk saling mengenal.
Bukan tidak mungkin dalam momen Ramadan kali ini, banyak muslim yang mendapatkan kesadaran bahwa, “ternyata nonis itu baik, ternyata nonis itu bisa humoris, ternyata pendeta suka bercanda”, hal-hal sederhana seperti itu dapat memperkuat jalinan antar umat beragama.
Bersikap lebih luwes dalam kehidupan berbangsa dan beragama, itu menjadi salah satu karakter masyarakat Indonesia. Sebagaimana panutan dari Guru Bangsa kita, KH. Abdurrahman Wahid, “gitu aja ko repot”, dibikin selow, dibikin santai. Mari kita ciptakan suasana beragama dan berbangsa yang lentur, menerima perbedaan yang ada dengan ramah, dan tidak dengan marah-marah. []