Mubadalah.id – Dewasa ini, keterlibatan perempuan di ranah publik, tidak lagi menjadi pemandangan yang langka. Di Indonesia khususnya, banyak sekali tokoh perempuan yang memasuki berbagai sektor kehidupan, bahkan yang pada umumnya didominasi oleh laki-laki. Terbukanya akses dan peluang yang luas untuk perempuan dalam segala bidang menjadi faktor meningkatnya jumlah perempuan yang berkiprah di ranah publik.
Hal ini membuktikan bahwa kesuksesan di ranah publik tidak terikat dengan kriteria gender. Laki-laki maupun perempuan sejatinya sama-sama memiliki peluang dalam mewujudkan kehidupan yang sarat akan keadilan dan kemanusiaan. Fenomena perjuangan kesetaraan diungkapkan sebagai sebuah usaha reformasi perempuan menuju era independensi dan kemerdekaan.
Seorang perempuan dapat menentukan keputusan sendiri dan mendapatkan edukasi yang cukup untuk dirinya sendiri maupun untuk bermasyarakat. Selain itu, dalam tatanan keluarga adanya kesadaran akan kesetaraan dapat mengatasi ketergantungan perempuan secara ekonomis, juga membantu meningkatkan ekonomi keluarga.
Fatimah Umar Nasif, dalam bukunya Menggugat Sejarah Perempuan mengungkapkan bahwa sejarah mencatat, kedudukan dan peran perempuan mengalami pasang surut sesuai dengan budaya masyarakat yang berlaku pada masanya. Pada zaman jahiliyah mereka tidak memiliki daya dan upaya untuk keluar dari belenggu tindasan, mereka tidak dihargai layaknya laki-laki, terutama yang berkaitan dengan seksualitas dan produktifitas ekonomi.
Saat itu, tidak sedikit yang beranggapan bahwa memiliki anak perempuan merupakan sebuah aib, karena tidak adanya peluang untuk mengangkat derajat keluarga. Mereka beranggapan, memberikan pendidikan yang layak untuk perempuan merupakan hal yang sia-sia. Adanya tradisi dan stigma yang diberikan bahwa perempuan cukup berada dibalik dinding rumah tidak perlu melihat dunia luar.
عن ابن عبّاس رضي الله عنهما قال : قال عمر بن الخطّاب رضي الله عنه : كنّا في الجاهليّة لا نعدّ النّساء شيئا، فلمّا جاء الإسلام و ذكر هنّ الله، رأينا لهنّ بذلك علينا حقّا (رواه البخاري)
Ibnu Abbas RadhiyAllahu ‘anhu menuturkan bahwa Umar bin Khattab RadhiyAllahu ‘anhu berkata, “Dulu, pada masa Jahiliyah, kami tidak memperhitungkan perempuan sama sekali. Kemudian, ketika Islam turun dan Allah mengakui mereka, kami memandang bahwa mereka pun memiliki hak atas kami.” (Shahih al-Bukhari)
Sebagaimana hadist diatas, Islam sangat memuliakan perempuan. Islam hadir untuk menghapus tradisi diskriminatif dan menjadikan perempuan sebagai manusia seutuhnya. Memberikan hak-hak yang sebelumnya tidak pernah didapatkan. Menumbuhkan prinsip kerja sama sesama manusia, laki-laki maupun perempuan dengan tanpa adanya stereotip yang akan membatasi ruang gerak perempuan.
Dengan terbukanya akses pendidikan yang luas, ini menunjukan kepada publik bahwa banyak sekali perempuan yang memiliki kapasitas intelektual serta peran sosial yang setara, bahkan sebagian justru lebih unggul dari pada laki-laki. Bahkan dalam hadist Nabi bersabda bahwa
طلب العلم فريضة على كلّ مسلم و مسلمة
Menuntut Ilmu wajib (fardlu ‘ain) bagi seorang muslim dan muslimah
Dalam hadist ini menegaskan bahwa pendidikan bukan hanya hak, tapi juga kewajiban dan tanggung jawab bagi setiap muslim maupun muslimah.
Dalam buku Perempuan Ulama Di Atas Panggung Sejarah, karya Kyai Husein Muhammad dikatakan bahwa fakta-fakta sejarah dalam peradaban Islam awal menunjukan dengan pasti betapa banyak perempuan yang menjadi ulama, cendekia, dan intelektual, dengan beragam keahlian, dan dengan kapasitas intelektual yang relatif sama, bahkan sebagian mengungguli ulama laki-laki.
Fakta diatas juga membantah anggapan banyak orang bahwa akal, intelektualitas, kecerdasan, dan moralitas perempuan lebih rendah dari akal, intelektualitas, dan moralitas laki-laki. Ini menjadi bukti bahwa perempuan mempunyai potensi dan kualitas intelektual dan moral yang proporsional.
Pendidikan merupakan salah satu penggerak perubahan sosial. Dengan memiliki pendidikan yang memadai, perempuan memiliki kesempatan lebih banyak dalam menuju kehidupan yang lebih baik. Jangkauan manfaat dari pendidikan bukan hanya pada diri perempuan itu sendiri, melainkan untuk keluarga, komunitas, bahkan negara.
Memenuhi hak-hak perempuan berarti membantu keberlangsungan hidup manusia secara umum. Karena kasus-kasus kemanusiaan yang selama ini terjadi di sekitar kita, tidak jauh dari permasalahan yang berhubungan dengan perempuan.
Oleh sebab itu, dengan adanya upaya relasi yang berkeadilan antara laki-laki dan perempuan, seperti memperluas akses pendidikan. Maka akan tercipta tatanan masyarakat yang selama ini dicita-citakan, yaitu masyarakat yang membawa maslahat yang seimbang dan mendatangkan kebaikan pada setiap aspek kehidupan. []