Mubadalah.id – Tulisan ini sebagai refleksi atas peringatan Hari Guru Nasional setiap 25 November 2021, dan merupakan tulisan kedua, setelah di edisi sebelumnya juga membahas soal “Pola guru teladan di zaman serba instan.” Ada yang bilang, pendidikan pesantren mulai tidak relevan untuk memenuhi kebutuhan generasi sekarang. Lantas bagaimana cara menjadi guru teladan yang baik?
Sebab generasi Z yang disebut banyak ahli bercirikan mahir teknologi, suka berkomunikasi, pengumbar privasi, mandiri, toleran, penuh ambisi, dan yang lahir dari segala hal serba instan akan sangat berpotensi menabrak dinding-dinding pesantren yang dipandang orang luar begitu kaku.
Pandangan itu, bisa benar, namun banyak kelirunya. Pesantren bukanlah ruang mati yang sama sekali tidak mampu memberi respons terhadap perubahan zaman. Pesantren, malah kian mewujudkan dirinya sebagai alternatif dalam menjawab keberadaan zaman yang semakin menantang, terutama bagi para orang tua.
Tantangan pesantren
Tidak bisa dipungkiri bahwa pesantren menemui tantangan yang kian hebat. Pesantren harus bisa beradaptasi menghadapi gelombang santri yang memiliki watak dan karakter cenderung berbeda dengan generasi sebelumnya.
Beberapa karakter lain yang sering disebut para ahli cukup mewarnai wajah generasi hari ini adalah kepemilikan daya nalar yang kritis, dan tak sungkan berprotes. Soal ini, bisa jadi sebagai tantangan khusus, sekaligus penguat pesantren sebagai lembaga penempa akhlak.
Protes, terlebih daya nalar yang kritis tetap dipahami kalangan pesantren bukan sebagai perilaku buruk. Justru ia lebih diartikan sebagai stimulus dalam pencarian pengetahuan.
Ruang-ruang perdebatan malah disediakan khusus dalam dunia pesantren. Para santri dibebaskan mengeluarkan segala argumentasinya melalui kelas-kelas musyawarah, atau lebih meningkat lagi, dalam forum-forum bahtsul masail.
Dan di sinilah peran para pendidik dalam pesantren diminta lebih ketimbang menerapkan pola pengajaran yang secara turun temurun telah diterapkan. Mereka terus dituntut berinovasi demi bisa mengimbangi “kenakalan” berpikir para peserta didiknya sendiri.
Pesantren juga tidak boleh saklek terhadap tradisi-tradisi yang sebenarnya tidak begitu berhubungan dengan tujuan secara substansial. Misalnya, pemberian efek jera bagi para pelanggar aturan dengan hukuman-hukuman fisik, boleh jadi hari ini mesti diubah dengan tawaran-tawaran yang lebih dialogis dan menggunggah kesadaran para santri.
Pola keteladanan yang dimiliki guru di pesantren tetap menjadi modal utama dalam menghadapi generasi modern. Akan tetapi, hal itu memang sudah seharusnya dibarengi dengan fleksibilitas dan kesabaran ekstra untuk menemani keinginan mereka menggapai setiap tujuan yang baik.
Merenungi kembali tugas guru
Kegagapan dalam menghadapi kondisi tertentu, termasuk menghadapi generasi bernalar kritis dan lahir dari alam yang serba instan, bisa jadi disebabkan oleh kekhilafan diri sendiri akan tugas yang sebenarnya sedang diemban.
Ada banyak dari kita sebagai guru namun luput dari apa yang menjadi syarat dan prasyarat sebagai pendidik yang baik. Jatuhnya, kekeliruan hanya disasarkan hanya kepada satu pihak dan itu tidak akan menjadi jalan keluar yang adil.
Imam Al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin menjelaskan, ada delapan prasyarat guru yang ideal. Yakni, guru memiliki tugas untuk memberikan pengajaran dalam hal intelektual, dan pendidikan dalam hal kepribadian serta karakter, tidak gampang menuntut upah, mampu menjadi pembimbing yang jujur dan dapat dipercaya, serta tidak menyebarluaskan kekurangan dan kesalahan muridnya.
Guru juga harus bisa menjadi teladan dan panutan, memiliki prinsip mengakui adanya perbedaan potensi yang dimiliki murid secara individual dan bagaimana cara memperlakukannya sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimiliki murid, memahami bakat, tabiat dan kejiwaan murid, sesuai dengan tingkat usia dan kemampuannya, serta memiliki peran ganda, yakni sebagai orang yang ‘alim dan sekaligus ‘amil.
Karakter guru menurut pendapat Al-Ghazali merupakan prasyarat pendidik ideal yang kebutuhan terhadapnya tak akan lekang oleh perubahan zaman. Termasuk, dalam menghadapi generasi sekarang yang memiliki karakter berbeda dan cukup menantang. Dan semua itu, tema-tema keteladanan guru dan sistem di pesantren, sedikit banyak masih bisa menjawab dan memenuhinya.