• Login
  • Register
Jumat, 9 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Perempuan; Antara Kodrat dan Konstruk Sosial

Isna Dwi Kurniawati Isna Dwi Kurniawati
30/05/2020
in Personal
0
(foto koleksi penulis)

(foto koleksi penulis)

49
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Berbincang seputar perempuan, kalimat yang sering muncul di khalayak umum seakan “tidak ada habisnya”. Perempuan memang penuh dengan kompleksitas yang menarik dibahas dari berbagai sisi kehidupan.

Namun, dari banyaknya perdebatan wacana seputar perempuan dewasa ini, seperti perempuan dalam ranah politik, perempuan dan kesetaraan hukum, perempuan dalam relasi sosial, hampir semua tema pembahasan tersebut jika dikerucutkan dalam satu tema besar akan mengarah pada pertanyaan inti, yakni perihal apa yang ada pada diri perempuan bersifat kodrati (alamiah) dan mana yang merupakan hasil konstrusi atau bentukan budaya masyarakat.

Selama ini diskursus tentang perempuan mengalami pendikotomian. Satu pihak ada yang cenderung mengatakan (segala) apa yang ada pada diri perempuan adalah bersifat kodrati.

Sedangkan di lain pihak mengatakan apa yang ada pada diri perempuan merupakan konstruk masyarakat yang telah berkembang berabad-abad lamanya dan secara kontinyu disosialisasikan melalui elemen-elemen masyarakat sehingga terciptalah bangunan nilai dan norma budaya yang kemudian hal itu seolah menjadi hal yang kodrati.

Lantas, bagaimanakah kita memahami persoalan tersebut?.

Baca Juga:

Ibu Nyai Hj. Djamilah Hamid Baidlowi: Singa Podium dari Bojonegoro

Mengapa PRT Identik dengan Perempuan?

Kisah Luna Maya, Merayakan Perempuan yang Dicintai dan Mencintai

Aurat dalam Islam

Sebelum berlanjut mengkaji pertanyaan di atas, perlu digaris bawahi bahwa laki-laki dan perempuan adalah sama-sama manusia dan keduanya bersumber dari Ayah dan Ibu yang sama, yaitu Adam dan Hawa.

Syaikh Mahmud Syaltut, mantan pemimpin tertinggi Al Azhar Mesir, berpendapat bahwa Allah telah menganugerahkan kepada perempuan dan laki-laki berupa potensi yang cukup untuk memikul aneka tangga jawab sehingga mampu melaksanakan aneka kegiatan kemanusiaan yang umum maupun khusus.

Mencari tahu perbedaan laki-laki dan perempuan tidak cukup hanya bertumpu pada kenyataan, bahwa laki-laki merupakan makhluk yang mempunyai sperma dan perempuan adalah makhluk yang mempunyai ovum. Namun juga tidak tepat pula

Jika kita menganggap bahwa keduanya seperti dua unit yang masing-masing berdiri sendiri secara independen, tanpa adanya jalinan relasi yang saling membutuhkan dan melengkapi.

Quraish Shihab, dalam salah satu karya tulisnya yang berjudul “Perempuan” dengan merujuk pada sekian banyak pakar kedokteran dan psikologi, mengemukakan beberapa perbedaan lain antara laki-laki dan perempuan yang tidak mudah diketahui oleh orang kebanyakan.

Antara lain bahwa laki-laki dan perempuan, masing-masing memiliki hormon khusus dan ciri biologis tertentu yang memiliki kadar berbeda. Darahnya pun memiliki perbedaan, jumlah butiran-butiran darah merah pada perempuan lebih sedikit ketimbang laki-laki. Begitu pula dalam kemampuan bernafas pun perempuan lebih rendah daripada laki-laki.

Namun demikian, bukan berarti kemudian perempuan secara otomatis dianggap sebagai jenis makhluk yang lemah. Hal ini dapat dilihat misalnya dalam hal kemampuan perempuan yang lebih besar melawan kuman dan virus dibandingkan dengan laki-laki.

Pakar psikologi asal Mesir, Zakaria Ibrahim, menjelaskan bahwa perempuan memiliki kecenderungan mencintai diri sendiri yang berkaitan dengan kecenderungan untuk menyakiti diri demi kelanjutan keturunan.

Dengan kata lain, perempuan memiliki rasa pengorbanan dan empati yang besar. Hal ini berpengaruh pada kekuatan perempuan dalam mengatasi kesulitan dan rasa sakit yang memang telah menjadi kodratnya, seperti haidh, melahirkan serta menyusui, dan membesarkan keturunannya.

Lebih jauh, para pakar menyatakan bahwa perempuan mempunyai rasa kepekaan lebih besar, sehingga sentimen dan rasa takutnya cenderung lebih cepat muncul. Hal ini berbeda dengan laki-laki yang cenderung berkepala dingin.

Lebih lanjut, Alexis Carrel menyebutkan bahwa perbedaan-perbedaan antara perempuan dan laki-laki lahir dari sebab yang sangat dalam, yakni keterpengaruhan anggota badan seluruhnya dengan unsur-unsur kimiawi serta apa yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjarnya.

Ketidaktahuan menyangkut kenyataan-kenyataan dasar ini menjadi bagian problem terbesar peradaban Barat, di mana mereka menetapkan hukum serta melakukan perencanaan bagi manusia yang merasa tidak kenal sifat dan ciri-cirinya, terlebih rahasia dan tujuan hidupnya.

Selain itu, dan ini yang menjadi perhatian penting, bahwa beberapa perbedaan antara laki-laki dan perempuan memang dihasilkan dari proses budaya atau konstruksi sosial yang telah melekat sekian lama dalam kehidupan suatu masyarakat.

Sebagai contoh, citra ideal seorang perempuan di Jawa yang dibentuk sedemikian rupa, seperti harus memiliki sikap lemah lembut, berbicara dengan intonasi rendah dan kental akan tugas domestik rumah tangga; ‘dapur, sumur dan kasur’.

Sehingga dalam menjalani hidupnya, seorang perempuan akan cenderung bertindak berdasarkan nilai-nilai dari hasil konstruksi budaya masyarakat yang sebenarnya bersifat nisbi/relatif dan temporer.

Dalam arti ia bukanlah hal yang mutlak dan paten yang tidak menerima perubahan. Hal ini penting untuk disadari karena tidak sedikit nilai-nilai relasi sosial tersebut menjadi sebab akan pola subordinasi dan marjinalisasi terhadap perempuan.

Sebagai refleksi kesadaran terhadap fakta realitas yang demikian, upaya untuk melakukan ‘rekonstruksi’ nilai budaya pun dianggap sebagai (seolah) berjalan melawan arah kurva, diburu stigma negatif; “perempuan nakal dan pembangkang”, bahkan tidak sedikit perempuan yang kehilangan nyali untuk berani keluar dari lingkaran sosial yang mengekang hak kebebasan hidupnya.

Dari pemaparan beberapa ahli di atas, bahwa laki-laki dan perempuan memang memiliki perbedaan dalam beberapa porsi. Satu sisi apa yang ada pada diri perempuan adalah hasil dari konstruk masyarakat, meski di lain sisi juga terdapat faktor perbedaan biologis yang sifatnya kodrati/alamiah.

Quraish Shihab berpendapat, bahwa perbedaan-perbedaan yang ada itu telah dirancang oleh Allah SWT. Agar tercipta kesempurnaan kedua belah pihak karena masing-masing tidak dapat berdiri sendiri tanpa keterlibatan antara satu sama lain dalam mencapai kesempurnaan.

Dengan demikian dapat kita tarik kesimpulan bahwa laki-laki dan perempuan dalam segala perbedaannya, tetap berhak memperoleh penghormatan yang sama sebagai manusia tanpa mengurangi kedudukan satu pihak dan melebihkan pihak yang lain. []

Isna Dwi Kurniawati

Isna Dwi Kurniawati

Terkait Posts

Kisah Luna Maya

Kisah Luna Maya, Merayakan Perempuan yang Dicintai dan Mencintai

9 Mei 2025
Waktu Berlalu Cepat

Mengapa Waktu Berlalu Cepat dan Bagaimana Mengendalikannya?

9 Mei 2025
Memilih Pasangan

Jangan Nekat! Pentingnya Memilih Pasangan Hidup yang Tepat bagi Perempuan

8 Mei 2025
Keheningan

Keheningan Melalui Noble Silence dan Khusyuk sebagai Jembatan Menuju Ketenangan Hati

8 Mei 2025
Separuh Mahar

Separuh Mahar untuk Istri? Ini Bukan Soal Diskon, Tapi Fikih

7 Mei 2025
Aktivitas Digital

Menelaah Konsep Makruf dalam Aktivitas Digital

7 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kritik Kesaksian Perempuan

    Kritik Syaikh Al-Ghazali atas Diskriminasi Kesaksian Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tafsir Sosial Kemanusiaan: Vasektomi, Kemiskinan, dan Hak Tubuh

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Keheningan Melalui Noble Silence dan Khusyuk sebagai Jembatan Menuju Ketenangan Hati

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Saksi Perempuan Menurut Abu Hanifah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jangan Nekat! Pentingnya Memilih Pasangan Hidup yang Tepat bagi Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Ibu Nyai Hj. Djamilah Hamid Baidlowi: Singa Podium dari Bojonegoro
  • Mengapa PRT Identik dengan Perempuan?
  • Kisah Luna Maya, Merayakan Perempuan yang Dicintai dan Mencintai
  • Aurat dalam Islam
  • Mengapa Waktu Berlalu Cepat dan Bagaimana Mengendalikannya?

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version