Mubadalah.Id– Berikut ini prinsip Mubadalah dalam relasi umat beragama (Bagian 2). Menurut KH. Faqihuddin AK dalam bukunya Qiraah Mubadalah, kata mubadalah berasal daru akar kata “b,d,l” (badal) yang berarti mengganti, mengubah dan menukar. Akar kata ini dalam Alquran digunakan sebanyak 44 kali dalam berbagai bentuk kata dengan makna senada.
Sementara kata mubadalah sendiri merupakan bentuk kesalingan (mufa`alah) dan kerjasama antara dua pihak (musyarokah), untuk makna itu yang berarti kesalingan, mengganti, mengubah atau saling menukar satu sama lain.
Prinsip Mubadalah merupakan sebuah cara pandang dalam memahami sebuah relasi tertentu antara dua pihak yang mengandung nilai dan semangat kemitraan, kerjasama, kesalingan, timbal balik dan prinsip resiprokal. Termasuk di dalamnya antar umat bergama.
Dalam konteks ini agama-agama mengajarkan kita untuk bersikap baik terhadap diri dan orang lain. Menghormati, menolong berbuat baik, tidak menyakiti diri sendiri. Dalam Islam disebut dengan akhlakul karimah (budi pekerti yang luhur) yang diajarkan oleh Nabi. Perbuatan baik ini bersifat resiprokal atau kesalingan. Dalam arti saling menghadirkan kebaikan dan saling menghindari keburukan. Hal ini dilakukan oleh seluruh umat beragama.
Masih menurut Kiai Faqih, hal ini disebut sebagai “tauhid sosial.” Di mana pada agama-agama juga mengajarkan keesaan Tuhan sebagai satu-satunya yang patut disembah dan ditaati secara mutlak. Bersaksi atas ketauhidan ini bermakna pula dua hal; pertama, pegakuan atas keesaan Tuhan, dan kedua pernyataan atas kesetaraan manusia di hadapan Tuhan.
Tauhid memiliki dua dimensi yakni dimensi vertikal yaitu penghambaan manusia terhadap Tuhannya (hablum minannas) dan dimensi horizontal manusia dengan sesama manusia (hablum minannas).
Seseorang yang hanya menuhankan Allah dan hanya menghamba kepada-Nya secara vertikal, tentu saja tidak menghamba kepada yang lain atau kepada sesama manusia secara horizontal. Melainkan memandang sederajat terhadap siapapun kemudian bekerjasama, saling tolong menolong dan bahu membahu menciptakan kehidupan yang baik, damai, adil dan sejahtera.
Ketauhidan sosial ini kemudian mengantarkan pada prinsip keadilan, satu sama lain tidak boleh diposisikan secara diskriminatif. Penghormatan kemanusiaan dan kasih sayang terhadap sesama umat manusia.
Sampai di sini kita menilik kembali sejarah yang mengagumkan. Nabi Muhammad sudah melakukan dan mencontohkan prinsip mubadalah dalam relasinya dengan umat beragama lain. Ketika Nabi hijrah dari Mekkah ke Madinah, sudah menyadari bahwa negeri yang ia tapaki adalah negeri yang multikultural dan multi agama.
Menukil Said Ramdhan al-Buty dalam bukunya Fikih Sirah Hikmah Tersirat dakam Lintas Sejarah Hidup Rasulullah. Nabi menyusun sebuah traktat yang berisi kesepakatan sebagai sesama warga Madinah untuk menjamin keamanan, kesejahteraan dan kebebasan dalam memeluk keyakinan yang disebut sebagai Piagam Madinah. Beberapa poin penting dalam Piagam Madinah sebagai berikut:
1. Sesungguhnya orang-orang mukmin yang bertakwa harus melawan orang-orang yang melampaui batas atau melakukan kejahatan besar berupa kezaliman, dosa, permusuhan atau kerusakan di antara kaum mukmin dan umat begama lainnya, walaupun ia termasuk anak dari salah satu mereka.
2. Orang-orang Yahudi bani Auf adalah satu umat dengan orang-orang mukmin. Bagi kaum Yahudi agama mereka dan bagi kaum muslimin agama mereka. Kecuali orang yang melakukan perbuatan aniaya dan durhaka. Orang semacam ini hanya menghancurkan diri dan keluarganya sendiri.
3. Orang-orang Yahudi dan umat beragama lain berkewajiban menanggung nafkah mereka sendiri dan kaum muslim pun berkewajiban menanggung nafkah mereka sendiri. Antara mereka harus ada saling tolong menolong dalam menghadapi siapa pun yang menyerang pihak yang mengadakan perjanjian ini.
4. Barangsiapa tinggal di dalam Kota Madinah ini keselamatannya tetap terjamin kecuali pembuat kezaliman dan kejahatan. Dengan kata lain setiap bentuk penindasan dilarang. Bersama-sama wajib mempertahankan negerinya dari serangan musuh.
5. Orang Islam, Yahudi dan warga Madinah yang lain bebas memeluk agama dan keyakinan mereka masing-masing. Mereka dijamin kebebasannya dalam menjalankan ibadah.[]