• Login
  • Register
Jumat, 3 Februari 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Prinsip Mubadalah dalam Relasi Umat Beragama (Bagian 2)

Zain Al Abid Zain Al Abid
17/07/2019
in Publik
0
Prinsip Mubadalah dalam Relasi Umat Beragama (Bagian 2)
34
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.Id– Berikut ini prinsip Mubadalah dalam relasi umat beragama (Bagian 2). Menurut KH. Faqihuddin AK dalam bukunya Qiraah Mubadalah, kata mubadalah berasal daru akar kata “b,d,l” (badal) yang berarti mengganti, mengubah dan menukar. Akar kata ini dalam Alquran digunakan sebanyak 44 kali dalam berbagai bentuk kata dengan makna senada.

Sementara kata mubadalah sendiri merupakan bentuk kesalingan (mufa`alah) dan kerjasama antara dua pihak (musyarokah), untuk makna itu yang berarti kesalingan, mengganti, mengubah atau saling menukar satu sama lain.

Prinsip Mubadalah merupakan sebuah cara pandang dalam memahami sebuah relasi tertentu antara dua pihak yang mengandung nilai dan semangat kemitraan, kerjasama, kesalingan, timbal balik dan prinsip resiprokal. Termasuk di dalamnya antar umat bergama.

Dalam konteks ini agama-agama mengajarkan kita untuk bersikap baik terhadap diri dan orang lain. Menghormati, menolong berbuat baik, tidak menyakiti diri sendiri. Dalam Islam disebut dengan akhlakul karimah (budi pekerti yang luhur) yang diajarkan oleh Nabi. Perbuatan baik ini bersifat resiprokal atau kesalingan. Dalam arti saling menghadirkan kebaikan dan saling menghindari keburukan. Hal ini dilakukan oleh seluruh umat beragama.

Masih menurut Kiai Faqih, hal ini disebut sebagai “tauhid sosial.” Di mana pada agama-agama juga mengajarkan keesaan Tuhan sebagai satu-satunya yang patut disembah dan ditaati secara mutlak. Bersaksi atas ketauhidan ini bermakna pula dua hal; pertama, pegakuan atas keesaan Tuhan, dan kedua pernyataan atas kesetaraan manusia di hadapan Tuhan.

Daftar Isi

  • Baca Juga:
  • Makna Hijab Menurut Para Ahli
  • 5 Penyebab Su’ul Khatimah yang Dilalaikan
  • Kisah Saat Perempuan Berbicara dan Berpendapat di Depan Nabi Saw
  • Gaya Hidup Minimalis Dimulai dari Meminimalisir Pakaian

Baca Juga:

Makna Hijab Menurut Para Ahli

5 Penyebab Su’ul Khatimah yang Dilalaikan

Kisah Saat Perempuan Berbicara dan Berpendapat di Depan Nabi Saw

Gaya Hidup Minimalis Dimulai dari Meminimalisir Pakaian

Tauhid memiliki dua dimensi yakni dimensi vertikal yaitu penghambaan manusia terhadap Tuhannya (hablum minannas) dan dimensi horizontal manusia dengan sesama manusia (hablum minannas).

Seseorang yang hanya menuhankan Allah dan hanya menghamba kepada-Nya secara vertikal, tentu saja tidak menghamba kepada yang lain atau kepada sesama manusia secara horizontal. Melainkan memandang sederajat terhadap siapapun kemudian bekerjasama, saling tolong menolong dan bahu membahu menciptakan kehidupan yang baik, damai, adil dan sejahtera.

Ketauhidan sosial ini kemudian mengantarkan pada prinsip keadilan, satu sama lain tidak boleh diposisikan secara diskriminatif. Penghormatan kemanusiaan dan kasih sayang terhadap sesama umat manusia.

Sampai di sini kita menilik kembali sejarah yang mengagumkan. Nabi Muhammad sudah melakukan dan mencontohkan prinsip mubadalah dalam relasinya dengan umat beragama lain. Ketika Nabi hijrah dari Mekkah ke Madinah, sudah menyadari bahwa negeri yang ia tapaki adalah negeri yang multikultural dan multi agama.

Menukil Said Ramdhan al-Buty dalam bukunya Fikih Sirah  Hikmah Tersirat dakam Lintas Sejarah Hidup Rasulullah. Nabi menyusun sebuah traktat yang berisi kesepakatan sebagai sesama warga Madinah untuk menjamin keamanan, kesejahteraan dan kebebasan dalam memeluk keyakinan yang disebut sebagai Piagam Madinah. Beberapa poin penting dalam Piagam Madinah sebagai berikut:

1. Sesungguhnya orang-orang mukmin yang bertakwa harus melawan orang-orang yang melampaui batas atau melakukan kejahatan besar berupa kezaliman, dosa, permusuhan atau kerusakan di antara kaum mukmin dan umat begama lainnya, walaupun ia termasuk anak dari salah satu mereka.

2. Orang-orang Yahudi bani Auf adalah satu umat dengan orang-orang mukmin. Bagi kaum Yahudi agama mereka dan bagi kaum muslimin agama mereka. Kecuali orang yang melakukan perbuatan aniaya dan durhaka. Orang semacam ini hanya menghancurkan diri dan keluarganya sendiri.

3. Orang-orang Yahudi dan umat beragama lain berkewajiban menanggung nafkah mereka sendiri dan kaum muslim pun berkewajiban menanggung nafkah mereka sendiri. Antara mereka harus ada saling tolong menolong dalam menghadapi siapa pun yang menyerang pihak yang mengadakan perjanjian ini.

4. Barangsiapa tinggal di dalam Kota Madinah ini keselamatannya tetap terjamin kecuali pembuat kezaliman dan kejahatan. Dengan kata lain setiap bentuk penindasan dilarang. Bersama-sama wajib mempertahankan negerinya dari serangan musuh.

5. Orang Islam, Yahudi dan warga Madinah yang lain bebas memeluk agama dan keyakinan mereka masing-masing. Mereka dijamin kebebasannya dalam menjalankan ibadah.[]

Zain Al Abid

Zain Al Abid

Zain Al Abid. Penulis merupakan Staf Fahmina Institute Cirebon, Alumnus ISIF Cirebon dan Pondok Darussalam Buntet Pesantren.

Terkait Posts

Satu Abad NU

Satu Abad NU:  NU dan Kebangkitan Kaum Perempuan 

3 Februari 2023
Pengelolaan Sampah

Bagaimana Cara Melakukan Pengelolaan Sampah di Pengungsian?

31 Januari 2023
Aborsi Korban Perkosaan

Ulama Bolehkan Aborsi Korban Perkosaan

31 Januari 2023
Pemakaman Muslim Indonesia

5 Konsep Pemakaman Muslim Indonesia dan Kontribusinya dalam Pelestarian Lingkungan Hidup

30 Januari 2023
Ulama Perempuan

Ulama Perempuan dan Gerak Kesetaraan Antar-umat Beragama

30 Januari 2023
Tradisi Tedhak Siten

Menggali Makna Tradisi Tedhak Siten, Benarkah Tidak Islami?

29 Januari 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Satu Abad NU

    Satu Abad NU:  NU dan Kebangkitan Kaum Perempuan 

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nabi Saw Menyambut Ceria Kehadiran Anak Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kisah Anak Perempuan yang Nabi Muhammad Saw Hormati

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kritik Ibn Hazm aẓ-Ẓahiri Terhadap Ulama yang Membolehkan Pernikahan Tanpa Wali

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kisah Saat Nabi Khidr As Menemui Pelayan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Makna Hijab Menurut Para Ahli
  • 5 Penyebab Su’ul Khatimah yang Dilalaikan
  • Kisah Saat Perempuan Berbicara dan Berpendapat di Depan Nabi Saw
  • Gaya Hidup Minimalis Dimulai dari Meminimalisir Pakaian
  • Kisah Anak Perempuan yang Nabi Muhammad Saw Hormati

Komentar Terbaru

  • Refleksi Menulis: Upaya Pembebasan Diri Menciptakan Keadilan pada Cara Paling Sederhana Meneladani Gus Dur: Menulis dan Menyukai Sepakbola
  • 5 Konsep Pemakaman Muslim Indonesia pada Cerita Singkat Kartini Kendeng dan Pelestarian Lingkungan
  • Ulama Perempuan dan Gerak Kesetaraan Antar-umat Beragama pada Relasi Mubadalah: Muslim dengan Umat Berbeda Agama Part I
  • Urgensi Pencegahan Ekstrimisme Budaya Momshaming - Mubadalah pada RAN PE dan Penanggulangan Ekstrimisme di Masa Pandemi
  • Antara Ungkapan Perancis La Femme Fatale dan Mubadalah - Mubadalah pada Dialog Filsafat: Al-Makmun dan Aristoteles
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist