Mubadalah.id – Jika merujuk kisah pengalaman perempuan pada masa Nabi Muhammad SAW, maka ada beberapa kisah tentang teladan perempuan yang sebaiknya dapat kita ikuti. Salah satu kisah tersebut di antaranya, pada saat perempuan mengadu karena kiprah jihad dan hijrah mereka tidak diperhitungkan, lalu dijawab Nabi SAW bahkan dengan ayat yang mengapresiasi mereka (Sunan at-Turmudzi, Hadits nomor 3296).
Selain itu, beberapa perempuan yang meminta slot pengajian khusus bagi mereka (Shahih Bukhdri, Hadits nomor 7396). Bahkan sejumlah perempuan yang protes atas kekerasan yang dialami mereka dari suami mereka, dan Nabi SAW membela mereka (Sunan Abi Dawud, Hadits nomor 2148)
Kita perlu menelusuri berbagai fatwa para ulama fiqh, sejauh mana mereka merujuk pada pengalaman kehidupan perempuan. Metode istiqra’ Imam Syafi’i adalah salah satu bukti konkret dari rujukan ini.
Ke depan, kita perlu fatwa-fatwa yang dikeluarkan individu maupun lembaga, terutama yang menyangkut perempuan, dengan benar-benar merujuk dan mempertimbangkan pengalaman nyata yang dialami dan dirasakan perempuan.
Kekhasan KUPI
Berfatwa dengan cara ini adalah teladan Nabi Muhammad SAW. Di sinilah kekhasan KUPI dengan peran yang ingin KUPI lakukan. Yaitu memastikan dan meniscayakan rujukan pada pengalaman perempuan dalam seluruh tingkat kerja-kerja fatwa keagamaan, penentuan kebijakan, maupun keputusan hukum dan undang-undang.
Bagi KUPI, berfatwa adalah bagian dari beragama yang menjadi hak penuh laki-laki dan perempuan secara setara. Perempuan, sebagai manusia, adalah sama dengan laki-laki memiliki akal budi, tubuh, dan jiwa, pengetahuan dan pengalaman, yang layak dan otoritatif bagi kerja-kerja fatwa.
Berfatwa adalah bagian dari beragama. Beragama adalah sesuatu yang khas dari manusia. Di satu sisi, beragama itu bersumber dari sesuatu yang transenden dan metafisik. Namun, di sisi lain, ia berpijak pada, merujuk, atau menjawab hal-hal profan dalam realitas kehidupan sebagaimana kita ber-Islam dalam kehidupan kita sehari-hari.
Di satu sisi, keislaman kita bersumber pada al-Qur’an dan Hadits melalui tradisi keilmuan yang telah terbentuk selama ini. Akan tetapi, kita hanya bisa memahami dan mempraktikkannya saja.
Di sisi lain, ketika kita berada pada pijakan realitas kehidupan yang kita alami, terutama ketika menjawab persoalan-persoalan yang kita hadapi, atau hadir bersama orang-orang yang bertanya dan memerlukan jawaban kita tentang apa yang mereka hadapi. Maka di sinilah dinamika fatwa terjadi antara ulama dalam relasi dengan umatnya yang bertanya, maupun interaksinya dengan teks-teks sumber Islam.
Berdialog
Dalam proses beragama inilah para perempuan berdialog dengan ulama-ulama mereka yang tergabung dalam jaringan Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI).
Mereka adalah para perempuan yang mengalami kekerasan, kezaliman, dan ketidakadilan hidup. Baik dalam relasi marital dan familial di dalam rumah tangga, maupun relasi sosial di dalam ranah publik.
Selama ini mereka tidak menemukan jawaban yang ia harapkan dari narasi-narasi keagamaan mainstream, atau dari tokoh-tokoh agama yang mereka temui.
Alih-alih mendapat perlindungan dan dukungan, serta kita dengar kegalauan yang ia rasakan. Para perempuan malah justru menjadi faktor penyebab dari semua keburukan yang terjadi dalam kehidupan. Baik dalam rumah tangga maupun publik luas. []