Berita kematian Qais itu menyebar ke seluruh penjuru desa itu dan menciptakan kesedihan publik luas. Mereka berduka cita mendalam, seraya mendoakan husnul khatimah dan bertemu kekasihnya: Layla.
Mereka lalu membawa tubuh Qais untuk dimandikan dan dishalati. Sesudah itu mereka berunding tentang di tanah mana Qais akan dikuburkan. Mereka sangat mengerti hubungan cinta Qais dan Layla. Lalu mereka sepakat bulat untuk menguburkan Qais di samping Layla, berdampingan tanpa jarak yang memisahkan. Di atas kuburan Laela dan Qais mereka menanam pohon wangi.
Acara penguburan Qais dihadiri oleh hampir seluruh penduduk desa. Selain mereka, hadir juga teman-teman Qais dari hutan. Wajah-wajah mereka sendu. Sebagian tersedu sedan. Suasana perkabungan berlangsung berhari-hari. Bunga warna warni yang wangi memenuhi kuburan dua manusia yang saling mencinta itu.
Waktu terus berjalan. Kisah cinta mereka dibicarakan di mana-mana selama berbulan-bulan. Beberapa waktu kemudian, di atas pusara itu tumbuh dua batang pohon wangi. Dan dalam beberapa waktu kemudian ranting dan daunnya pohon itu berpelukan dan menyatu. Di atas nisan kuburan itu tertulis : “Di sinilah berbaring dua jiwa yang sunyi, yang saling mencinta dan saling merindu dalam kesetiaan penuh dan tulus. Dua jiwa menyatu dalam cinta abadi. Mereka bertemu di surga keabadian”.
Cinta Platonis
Kisah cinta romantis (al-Hubb al-Udzry) Layla dan Qais di atas kemudian menginspirasi para sufi falsafi. Layla dijadikan simbol Sang Kekasih dan Keindahan, sedangkan Majnun sebagai simbol para pencari atau para pengembara (al-salik) dan para pencinta (al-muhibb), si perindu (al-‘Asyiq).
Perjalanan menuju penyatuan antara Salik dan Sang Kekasih, ditempuh dan dilalui seperti perjalanan cinta Qais dan Layla. Cara pandang demikian inilah yang kemudian disebut sebagai “Cinta Platonis”, sebuah cinta kepada Tuhan dalam pandangan/filsafat Platon, filsuf terbesar dari Yunani, murid Socrates dan guru Aristo itu.
Para sufi besar, seperti Abu Yazid al-Bisthami, al-Hallaj, al-Ghazali, Ibn Arabi, Jalal al-Din Rumi, Samnun al-Muhibb, Zhunnun al-Mashri, Al-Sirr al-Saqathi, Farid al-Din al-‘Atthar, Ibn al-Faridh dan lain-lain menempuh dan mengarungi jalan itu.
Dengarlah kata-kata Ibnu Arabi, sufi pencetus gagasan Wahdah al-Wujud (Kesatuan Eksistensi ini:
انَّ الْحُبَّ الْحَقِيقِى بَيْنَ الْبَشَرِ هُوَ الْبِدَايَةُ لِلتَّعَرُّفِ اِلَى اللهِ وَالشُّعُورِ بِمَحَبَّتِهِ وَفَيْضِ عَطَآئِهِ وَكَرَمِهِ
“Sesungguhnya cinta tulus antarmanusia adalah awal perjalanan menuju pengenalan kepada Tuhan, memasuki pengalaman mencintai-Nya dan limpahan anugerah dan kemurahan-Nya.” Wallahu A’lam.
Para sufi Islam memperkenalkan cara pandang ini dalam karya-karya sastra filsafat mereka. Cinta Ketuhanan ini telah muncul sejak zaman Platon kemudian dikukuhkan kembali oleh mazhab Plotinus yang disebut Neoplatonisme. Itulah sebabnya mengapa kisah cinta Layla-Majnun yang pada awalnya dikenal sebagai cinta romantik, di tangan para sufi falsafi kemudian dikenal dengan sebutan Cinta Platonis. (Tamat)