• Login
  • Register
Minggu, 8 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Ramohan Komata ODHA: Pentingnya Mengurai Stigma pada Orang Dengan HIV/AIDS

Kehadiran Ramohan Komata bisa menjadi sumber kekuatan dan amunisi baru bagi ODHA untuk kembali bermasyarakat

Rizka Umami Rizka Umami
04/06/2024
in Pernak-pernik
0
Ramohan Komata ODHA

Ramohan Komata ODHA

548
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – “Jangan dekat-dekat dengan mereka (ODHA), nanti ketularan.” Pernahkah mendengar kalimat tersebut muncul di ruang publik yang seharusnya inklusif? Saya pernah. Dalam beberapa kesempatan, pernyataan tersebut terlontar begitu saja seolah tanpa memikirkan perasaan orang lain. Dari pernyataan itu juga, saya menyadari bahwa ODHA belum mendapatkan haknya secara utuh sebagai warga negara di Indonesia.

Membincang persoalan HIV/AIDS di Indonesia beserta penanganannya, memang tidak bisa sekali duduk. Ada aspek kompleks yang perlu diperhatikan, terutama menyoal stigma yang melekat pada Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA). Di Indonesia, ODHA belum sepenuhnya mendapatkan ruang yang setara karena berbagai narasi yang melingkupinya.

Salah satu contohnya di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Tren kasus orang dengan HIV/AIDS sejak 2021 hingga 2023 mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan jumlah kumulatif temuan kasus ODHA mencapai 3.829, di mana ada penambahan 115 kasus pada 2024 (KPA Tulungagung, 2024).

Penemuan banyak kasus tersebut nyatanya tidak sebanding dengan upaya penanganan dan penyelamatan atas kesejahteraan hidup ODHA. Masyarakat yang menolak keberadaan ODHA di lingkungan tempat tinggalnya, secara umum memiliki cara pandang yang sama. Bahwa ODHA menular, berdosa, dan sebagainya.

Minimnya pemahaman masyarakat tentang apa itu HIV/AIDS dan anggapan bahwa HIV/AIDS bisa menular hanya dengan sentuhan tangan, membuat ODHA kerap terasing. Di berbagai daerah, menyediakan kebutuhan ODHA akan pengobatan, penguatan diri, hingga ruang aman tampak begitu sulit. Padahal, ODHA sebagaimana individu merdeka lainnya, memiliki hak untuk mendapatkan akses terhadap kesehatan, ekonomi, sosial, dan sebagainya.

Baca Juga:

Luka Cinta di Dinding Rumah: Tafsir Feminis-Spiritual atas Tubuh yang Terlupakan

Catcalling Masih Merajalela: Mengapa Kita Tidak Boleh Diam?

Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial

Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

Mengenal Ramohan Komata ODHA

Di Tulungagung, salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan ruang aman terhadap ODHA adalah dengan membentuk Ramohan Komata ODHA (Rangkul, Motivasi, Obati, Pertahankan Komunitas dan Majlis Ta’lim Orang Dengan HIV/AIDS). Pada 2020 lalu, seorang penyuluh agama Islam bernama Nikmatul Khoiriyah menginisiasi terbentuknya Ramohan Komata ODHA untuk memberi penguatan terhadap para penyintas.

Nikmatul Khoiriyah menganggap bahwa ruang-ruang semacam Ramohan Komata perlu ada untuk mengakomodasi kebutuhan ODHA. Ramohan Komata bisa menjalin kerja-kerja kolaborasi dengan Dinas, rumah sakit, dan lembaga pemerhati ODHA, sehingga penanganan bisa tepat sasaran.

Selama berdiri, Ramohan Komata menjadi rumah singgah yang aman bagi lebih dari 20 penyintas untuk kembali menguatkan self confidence dan keinginan untuk sembuh. Kehadiran Ramohan Komata bisa menjadi sumber kekuatan dan amunisi baru bagi ODHA untuk kembali bermasyarakat.

Ada beberapa kegiatan Ramohan Komata dalam rangka meningkatkan harapan hidup ODHA, yakni dengan fasilitasi pengobatan secara jasmani dan penguatan psikis atau rohani. Ramohan Komata mendorong pemenuhan ARV untuk pengobatan rutin ODHA. Sementara secara psikis dan spiritual, proses penguatan yakni dengan menggelar majlis ta’lim ‘Sinau Agomo’ serta konseling khusus.

Perlunya Kelompok Dukungan Sebaya

ODHA kerap kali mendapatkan stigma, stereotip, diskriminasi, bahkan intimidasi dari orang-orang di sekitarnya. Alih-alih dukungan untuk bertahan hidup, ODHA justru kerap dijauhi dan terabaikan dari lingkungan tempat tinggalnya sendiri. Di sini keberadaan Ramohan Komata mengajak masyarakat untuk memahami ulang apa dan siapa itu ODHA lewat Kelompok Dukungan Sebaya.

Kelompok Dukungan Sebaya sendiri terbentuk atas rasa kepedulian terhadap sesama. Hadirnya Kelompok Dukungan Sebaya bisa memfasilitasi masyarakat untuk lebih mengenal ODHA dengan cara pandang baru, yang inklusif dan memanusiakan. Kelompok ini juga bisa mendiseminasikan pengetahuan terkait kebutuhan ODHA, sehingga upaya pengobatan dan penyembuhan bisa tercapai lebih signifikan.

Ramohan Komata dengan Kelompok Dampingan Sebaya yang hadir di Tulungagung tak lain serupa oase di gurun pasir. Meskipun upaya Ramohan Komata tak jarang mendapat antipati dari warga sekitar, tetapi penguatan dan kolaborasi tidak berhenti berjalan. Sebab bagi Ramohan Komata mendukung terpenuhinya hak ODHA adalah satu dari sekian ruang juang bersama. []

Tags: AIDSHIVODHARamohan Komata ODHAstigma
Rizka Umami

Rizka Umami

Alumni Pascasarjana, Konsentrasi Islam dan Kajian Gender.

Terkait Posts

KDRT

3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

7 Juni 2025
Apresiasi Kepada Perempuan yang Bekerja di Publik

Islam Berikan Apresiasi Kepada Perempuan yang Bekerja di Publik

6 Juni 2025
Wuquf Arafah

Makna Wuquf di Arafah

5 Juni 2025
Aurat

Aurat Perempuan: Antara Teks Syara’ dan Konstruksi Sosial

5 Juni 2025
Batas Aurat

Menelusuri Perbedaan Pendapat Ulama tentang Batas Aurat Perempuan

5 Juni 2025
Fikih Ramah Difabel

Menggali Fikih Ramah Difabel: Warisan Ulama Klasik yang Terlupakan

5 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Masyarakat Adat

    Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fenomena Walid; Membaca Relasi Kuasa dalam Kasus Kekerasan Seksual

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Spirit Siti Hajar dalam Merawat Kehidupan: Membaca Perjuangan Perempuan Lewat Kacamata Dr. Nur Rofiah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan
  • Iduladha: Lebih dari Sekadar Berbagi Daging Kurban
  • Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi
  • 3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT
  • Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID