“Apakah ada perempuan yang menjadi laki-laki?”
Mubadalah.id – Pertanyaan ini dilontarkan lebih dari seribu tahun lalu oleh Abu Abdullah al-Husein bin Ahmad bin Sa’dan, seorang menteri Dinasti Buwaihi (373–375 H). Pertanyaan tersebut tentu saja bukan soal identitas gender yang ia maksud, melainkan kualitas intelektual dan kepemimpinan yang melampaui zamannya. Menjawab pertanyaan itu, Abu Hayyan at-Tauhidi mengutip pernyataan seorang ulama besar bernama Abu Sa’id as-Sairafi. Ia berkata, “Aisyah binti Abu Bakar pernah disebut sebagai rajulah al-‘Arab, laki-lakinya bangsa Arab.”
Istilah rajulah al-‘Arab bukan menunjuk pada penampilan atau ekspresi gender (seperti mutarajjilah, yakni perempuan yang berdandan seperti laki-laki). Melainkan tentang kapasitas intelektual dan keberanian Aisyah yang menyerupai laki-laki pada masa itu.
Abu Sa’id bahkan menyesalkan bahwa gelar kehormatan ini tenggelam dari catatan sejarah oleh orang-orang non-Arab. Ia bersumpah, “Demi Tuhan, ia memang pantas menyandangnya.” Pernah ada yang berkata, “Kalau saja Abu Bakar punya anak laki-laki seperti Aisyah, niscaya ia (Abu Bakar) tak akan mampu menandinginya.”
Aisyah bukan hanya istri Nabi Muhammad Saw., tetapi juga seorang pemikir, guru, dan tokoh politik yang aktif dalam berbagai diskursus keagamaan. Ia sering menyampaikan pandangan kritis terhadap hukum Islam dan pendapatnya banyak digunakan oleh para ulama sesudahnya.
Bahkan, ketika sang menteri bertanya soal gagasan-gagasannya, Abu Hayyan menjawab, “Sangat banyak. Ia bicara banyak tentang hukum-hukum agama.”
Nasihat Aisyah
Tak hanya soal fikih dan hadis, KH. Husein Muhammad dalam bukunya Spiritualitas Kemanusiaan Perspektif Islam Pesantren menyebutkan bahwa Aisyah juga menyampaikan nasihat-nasihat. Salah satunya adalah tentang al-akhlaq al-karimah (akhlak mulia).
Aisyah merinci sepuluh sikap utama yaitu jujur, terbuka, amanah, menjaga silaturahmi, menyampaikan kebaikan, peduli tetangga dan teman, membayar pekerja secara layak, menjamu tamu, dan memiliki rasa malu untuk berbuat jahat.
Nilai-nilai ini relevan bukan hanya untuk zamannya, tapi juga bagi dunia yang terus bergulat dengan krisis integritas hari ini.
Aisyah adalah perempuan cerdas yang Rasulullah Saw sebut sebagai “si pipi kemerah-merahan.” Namun, ingatan kolektif umat Islam sering kali justru mengerdilkan sosoknya pada peran domestik. Bahkan menutup kenyataan bahwa Aisyah pernah memimpin pasukan dalam sebuah pertempuran pasca wafatnya Nabi.
Oleh karena itu, mengingat kembali sosok Aisyah adalah upaya merebut kembali narasi yang selama ini dikuasai tafsir maskulin. Ia membuktikan bahwa menjadi perempuan tidak berarti absen dalam ruang publik, tidak berarti pasif dalam wacana keilmuan. Bahkan, ia adalah gambaran bahwa kecerdasan dan integritas tidak mengenal jenis kelamin. []