• Login
  • Register
Senin, 27 Juni 2022
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hukum Syariat

Apakah Adopsi Anak Bisa Dibolehkan dalam Islam?

Secara normatif, Islam memiliki komitmen yang besar terhadap perlindungan anak-anak terlantar. Salah satunya melalui ajaran perlindungan anak yatim

Faqih Abdul Kodir Faqih Abdul Kodir
03/05/2022
in Hukum Syariat, Rekomendasi
0
Adopsi Anak

Adopsi Anak

61
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Adopsi anak seringkali menjadi jalan untuk memenuhi kebutuhan anak yang tidak bisa dipenuhi orang tua biologisnya, mengangkat derajat sosialnya, bahkan meneruskan kehidupannya yang bisa jadi sudah tidak diharapkan lagi oleh kedua orang tuanya. Tidak sedikit orang tua yang justru enggan mengurus anaknya sendiri, karena alasan tertentu, baik sosial maupun biologis, bahkan membuangnya begitu saja.

Pada kondisi demikian, apakah anak tersebut boleh diadopsi oleh seseorang yang bersedia mengurus dan membesarkannya secara bermartabat? Mengapa para ulama fiqh mengharamkan adopsi? Apa di balik pengharaman tersebut? Apakah bisa dan dengan cara apa adopsi anak bisa dibenarkan dalam Islam, dengan melihat maksudnya yang sangat baik dan mulia?

Komitmen Islam untuk Anak

Secara normatif, Islam memiliki komitmen yang besar terhadap perlindungan anak-anak terlantar. Salah satunya melalui ajaran perlindungan anak yatim. Al-Qur’an menyebutkan setidaknya 23 kali tentang pentingnya melindungi, berbuat baik dan adil terhadap anak-anak yatim. Bahkan, hal ini dianggap sebagai komitmen (mitsaq) dasar dalam Islam, sejajar dengan ketauhidan, bakti kepada kedua orang tua, dan memberdayakan orang-orang miskin (QS. Al-Baqarah, 2: 83).

Secara bahasa, anak yatim memang anak yang ditinggal wafat ayah biologisnya sehingga tidak memiliki orang yang menanggung kebutuhan ekonomi, psikologi, dan sosialnya. Namun, secara maqashidi (bertumpu pada tujuan syari’ah), yatim adalah semua anak yang terlantar secara faktual dan sosial,  baik karena ketidak-mampuan kedua orang tuanya, maupun karena ketidak-mauan mereka untuk mengurus dan membesarkan mereka secara bermartabat.

Baca Juga:

Doa Ketika Sampai di Tempat Tujuan

Pentingnya Memberikan Dasar Pendidikan Islam bagi Anak-anak

Perlawanan Perempuan terhadap Narasi Budaya Patriarki

Pasangan Suami Istri Diminta untuk Saling Berbuat Baik

Dalam kerangka Maqashid Syari’ah, karakter dasar dari hukum Islam adalah memberikan perlindungan bagi orang yang lemah (dhu’afa) dan dilemahkan (mustadh’afin). Baik kelemahan biologis, psikologis, sosial, ekonomi, maupun politik. Anak terlantar, apalagi tidak diharapkan dan dibuang kedua orang tuanya, adalah masuk kategori lemah dan sekaligus dilemahkan, yang wajib diurus dan dilindungi oleh siapapun yang mampu. Jika tidak ada yang mengurus satupun dari masyarakat, maka mereka semua bisa dianggap berdosa.

Inilah yang dimaksud dalam fiqh sebagai fardhu kifayah. Dan inilah yang dimaksud al-Qur’an sebagai komitmen kemanusiaan Islam terhadap anak-anak terlantar itu. Untuk orang-orang yang mengurus anak dalam kondisi terlantar ini, baik karena kewafatan kedua orang tuanya, ketidak mampuan atau ketidak-mauan mereka, Nabi Muhammad Saw menjanjikan tempat yang menempel dengan posisi baginda kelak di surga.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم كَافِلُ الْيَتِيمِ لَهُ أَوْ لِغَيْرِهِ أَنَا وَهُوَ كَهَاتَيْنِ فِى الْجَنَّةِ وَأَشَارَ مَالِكٌ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى (صحيح مسلم، رقم: 7260).

Dari Abu Hurairah ra, berkata: Rasulullah Saw bersabda: “Orang yang menanggung (mengurus, memelihara, dan membesarkan) anak terlantar, baik dari kerabatnya atau bukan, makai aku dan dia akan berdekatan kelak di surga, seperti dekatnya jari telunjuk dan jari tengah”. (Sahih Muslim, no. 7260).

Lalu, adopsi halal atau haram?

Jika mengadopsi anak dengan maksud seperti di atas tentu saja sangat mulia, didukung Islam, dicintai Allah Sw dan Rasul-Nya Saw. Yang dilarang dari adopsi anak hanyalah memutus hubungan nasab sang anak dengan orang tua biologisnya, lalu mengklaim (iddia’) sebagai anak nasab bagi yang mengadopsi.

Namun, jika seorang anak masih diberitahu nasab biologis kedua orang tuanya dan tidak diputus, tindakan-tindakan mulai dari praktik adopsi adalah mulia. Dalam Islam, sebagaimana tersirat dalam teks hadits di atas, hal ini disebut sebagai kafalah, atau penanggungan terhadap segala kebutuhan hidup sang anak.

Sekalipun tidak karena terlantar, praktik kafalah anak oleh seseorang atau lembaga, yang tidak memutus hubungan nasab biologisnya, adalah boleh. Tindakan kafalah ini akan menjadi mulia dan dianjurkan Islam, jika anak tersebut tidak punya orang tua, miskin, atau terlantar secara sosial dan psikologis. Perlindungan anak-anak terantar adalah bagian dari implementasi ajaran dasar Islam  yang terekam dalam konsep Maqashid Syari’ah. Wallah a’lam. []

Tags: Adopsi Anakhukum keluarga Islamislamkeluargapengasuhan
Faqih Abdul Kodir

Faqih Abdul Kodir

Faqih Abdul Kodir, biasa disapa Kang Faqih adalah alumni PP Dar al-Tauhid Arjawinangun, salah satu wakil ketua Yayasan Fahmina, dosen di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan ISIF Cirebon. Saat ini dipercaya menjadi Sekretaris ALIMAT, Gerakan keadilan keluarga Indonesia perspektif Islam.

Terkait Posts

Perempuan Haid

Siapa Bilang Perempuan Haid Tidak Lebih Mulia dari yang Suci?

27 Juni 2022
Stigma Negatif Janda

Legenda Malahayati dari Aceh yang Jauh dari Stigma Negatif Janda

27 Juni 2022
Kecantikan Perempuan

Kecantikan Perempuan dan Luka-Luka yang Dibawanya

26 Juni 2022
Status Janda

Menyandang Status Janda bagi Perempuan, Lalu Kenapa?

25 Juni 2022
KDRT

6 Cara Penangan saat Menjadi Korban KDRT

24 Juni 2022
Pencegahan Kekerasan Seksual

5 Tips Pencegahan Kekerasan Seksual Perspektif Islam

24 Juni 2022

Discussion about this post

No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Darurat Sampah

    Re Grow Solusi Darurat Sampah Pangan di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Legenda Malahayati dari Aceh yang Jauh dari Stigma Negatif Janda

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Siapa Bilang Perempuan Haid Tidak Lebih Mulia dari yang Suci?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Makna Wukuf di Arafah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Doa Ketika Wukuf di Arafah Sesuai Anjuran Rasulullah Saw

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Mengenal 4 Kondisi Paling Penting untuk Anak
  • Siapa Bilang Perempuan Haid Tidak Lebih Mulia dari yang Suci?
  • Doa Ketika Sampai di Tempat Tujuan
  • Legenda Malahayati dari Aceh yang Jauh dari Stigma Negatif Janda
  • Doa Ketika Wukuf di Arafah Sesuai Anjuran Rasulullah Saw

Komentar Terbaru

  • Tradisi Haul Sebagai Sarana Memperkuat Solidaritas Sosial pada Kecerdasan Spiritual Menurut Danah Zohar dan Ian Marshal
  • 7 Prinsip dalam Perkawinan dan Keluarga pada 7 Macam Kondisi Perkawinan yang Wajib Dipahami Suami dan Istri
  • Konsep Tahadduts bin Nikmah yang Baik dalam Postingan di Media Sosial - NUTIZEN pada Bermedia Sosial Secara Mubadalah? Why Not?
  • Tasawuf, dan Praktik Keagamaan yang Ramah Perempuan - NUTIZEN pada Mengenang Sufi Perempuan Rabi’ah Al-Adawiyah
  • Doa agar Dijauhkan dari Perilaku Zalim pada Islam Ajarkan untuk Saling Berbuat Baik Kepada Seluruh Umat Manusia
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2021 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Login
  • Sign Up

© 2021 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist