• Login
  • Register
Rabu, 21 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Keluarga

Ayah dan Ibu Pewaris Kecerdasan Sang Anak

Aspiyah Kasdini RA Aspiyah Kasdini RA
21/05/2020
in Keluarga
0
211
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Terdapat sebuah guyonan yang dinisbahkan kepada pengandaian Marilyn Monroe terhadap kegeniusan ilmuwan Albert Einstein. Apa jadinya jika Marilyn yang cantik menikah dengan Einstein yang pintar, tentunya mereka akan memiliki anak-anak yang berparas menawan juga otak yang berlian.

Selanjutnya, Einstein menanggapi pengandaian ini dengan menyatakan “Apa jadinya jika paras anaknya akan jelek seperti saya dan bodoh seperti ibunya, karena kecerdasan dan kepintaran anak diturunkan dari sang ibu.”

Guyonan ini nampaknya bukan sekedar guyonan semata, beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa kecerdasan otak anak diturunkan dari sang Ibu. Seperti yang dilansir oleh IDNTIMES, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Washington, seorang ibu menurunkan kecerdasan lebih banyak, karena Ibu (perempuan) memiliki dua kromosom X, sedangkan Ayah (laki-laki) hanya memiliki satu kromosom X. Kromosom inilah yang menentukan fungsi kognitif seorang anak.

Dari hasil penelitian ini kita dapat mengambil banyak hikmah, di antaranya: kita dapat mensosialisasikan hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan kognitif perempuan dari segala bidang, karena bagaimanapun, perempuan adalah madrasah ula bagi anak-anaknya.

Maka, doronglah ruang bagi perempuan untuk ikut berpartisipasi memajukan kualitas bangsa yang berasal dari dirinya dengan terjun langsung dalam aktifias-aktifitas sosial masyarakat; perempuan dapat hidup dengan optimisme tinggi dan mandiri; terjaminnya pendidikan bagi perempuan; meningkatnya kesejahteraan, kesetaraan, dan kesehatan fisik serta mental bagi perempuan; dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Peran Aisyiyah dalam Memperjuangkan Kesetaraan dan Kemanusiaan Perempuan

KB dalam Pandangan Riffat Hassan

Ironi Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas: Kesenjangan Menjadi Tantangan Bersama

KB Menurut Pandangan Fazlur Rahman

Dan mafhum dari penelitian ini seolah-olah menafikan peran laki-laki dalam mewariskan kecerdasan untuk anak-anaknya. Eits, jangan pesimis dulu, kendati secara genetik kecerdasan kognitif anak diwariskan dari Ibu, namun kecerdasan kognitif bukanlah satu-satunya kecerdasan yang menentukan kesuksesan seseorang dalam hidup. Jika meminjam teori Danah Zohar, kecerdasan itu ada tiga jenis, yakni IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quotient), dan SQ (Spiritual Quotient).

IQ merupakan kecerdasan kognitif yang berkaitan dengan mengingat, memahami, menganalisa, mengevaluasi, dan memecahkan masalah. Walaupun kecerdasan ini diwarisi dari Ibu, tanpa peran Ayah kecerdasan ini tidak memiliki arti apa-apa.

Ayah yang umumnya mengambil peran untuk mencari nafkah di luar rumah harus dapat memprioritaskan segala kebutuhan dasar keluarga, termasuk kebutuhan pendidikan anak-anaknya. Dengan menggunakan biaya yang dikorbankan dengan keringat sang Ayah inilah, anak dapat mengembangkan IQ-nya melalui lembaga-lembaga pendidikan yang sesuai jenjangnya.

Dan dengan peran sang Ibu pula, anak dapat memiliki waktu belajar yang berguna saat tidak berada di sekolah. Tidak melulu tentang pendidikan formal, IQ juga dapat dikembangkan dengan situasi yang dialami sang anak dalam kesehariannya sebagai pengejawantahan ilmu-ilmu yang telah dimiliki.

Seperti contoh ketika membantu orang tua dalam urusan domestik, menyuci, memasak, menyapu, semua pekerjaan dapat menjadi media untuk mengembangkan IQ tanpa kita sadari. Sehingga, tidak perlu takut untuk melibatkan anak dalam mengurus urusan domestik.

Adapun EQ merupakan kecerdasan emosi yang erat kaitannya dengan kemampuan mengontrol perasaan diri sendiri, mengenali perasaan orang lain, adaptasi, kerjasama, disiplin, tanggungjawab, dan komitmen. Orang tua memiliki andil besar dalam hal ini, mereka adalah contoh nyata untuk emosi yang anak-anak mereka miliki.

Jika ada istilah “buah jatuh tak jauh dari pohonnya,” nampaknya hal tersebut dapat dibenarkan secara teori. Emosi apa yang ditampakkan orang tua, akan sangat mudah diadaptasi oleh anak. Orang tua yang pemarah akan menjadikan anak-anak yang pemarah pula.

Orang tua yang santun akan melahirkan anak-anak yang santun pula, dan seterusnya. Walaupun tidak selalu demikian, tetapi apa yang diperlihatkan oleh orang tua ialah apa yang dianggap sebagai suatu hal yang dapat ditiru oleh sang anak.

Menurut Danah Zohar, SQ merupakan landasan yang diperlukan untuk memfungsikan IQ dan EQ secara efektif. SQ menjadi pemahaman standar moral yang pada akhirnya menentukan fungsi dari IQ dan EQ yang dimiliki.

SQ dapat berkembang maksimal jika kedua orang tua juga mengarahkan kecerdasan ini kepada anak-anaknya, dan ini dimulai dari diri pribadi orang tua dalam memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari, yakni menerapkan dan menaati nilai-nilai yang menjadi standar kebajikan di masyarakat.

Ketiga kecerdasan ini dapat menjadi solusi bagi orang tua yang mendapatkan kesulitan dalam membantu tumbuh kembang anak. Kita sering mendapati perkelahian pasutri disebabkan sang anak, seperti nilai rapor yang buruk atau bahkan perilaku menyimpang.

Pasutri kerap menyalahkan satu dan lainnya dalam masalah yang dialami sang anak, padahal keduanya saling memiliki tanggung jawab dalam hal tersebut. Jika masing-masing pasutri dapat memahaminya dengan baik, maka mereka tidak akan berselisih, melainkan secara bersama-sama mengambil peran dalam mengambangkan, mengarahkan, dan memaksimalkan kecerdasan sang anak.

Ketiga kecerdasan ini didapatkan seorang anak dari kedua orang tuanya, dan juga dari dirinya sendiri. Mengapa dari dirinya sendiri juga? Karena sesuatu pemberian tidak akan bermanfaat jika orang yang diberikannya tidak mampu atau bahkan enggan untuk menggunakannya dengan baik. Oleh karena itu, anak yang berperan sebagai ahli waris kecerdasan-kecerdasan ini menjadi subjek utama dalam menentukan dan memaksimalkan kecerdasan yang telah diberikan oleh kedua orang tuanya.

Sehingga, ketika orang tua telah merasa cukup untuk menemaninya tumbuh dan berkembang, maka sang anak tidak lagi bergantung kepada orang tua dan dapat menentukan kebahagiaannya sendiri. Tentunya kebahagiaan yang didapatkan juga tidak melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat. Dengan demikian, kebahagian yang ia miliki juga menjadi kebahagiaan yang dimiliki orang lain. []

Aspiyah Kasdini RA

Aspiyah Kasdini RA

Alumni Women Writers Conference Mubadalah tahun 2019

Terkait Posts

Kekerasan Seksual Sedarah

Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

19 Mei 2025
Keberhasilan Anak

Keberhasilan Anak Bukan Ajang Untuk Merendahkan Orang Tua

17 Mei 2025
Pendidikan Seks

Pendidikan Seks bagi Remaja adalah Niscaya, Bagaimana Mubadalah Bicara?

14 Mei 2025
Mengirim Anak ke Barak Militer

Mengirim Anak ke Barak Militer, Efektifkah?

10 Mei 2025
Menjaga Kehamilan

Menguatkan Peran Suami dalam Menjaga Kesehatan Kehamilan Istri

8 Mei 2025
Ibu Hamil

Perhatian Islam kepada Ibu Hamil dan Menyusui

2 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Bangga Punya Ulama Perempuan

    Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KB Menurut Pandangan Fazlur Rahman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KB dalam Pandangan Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenal Jejak Aeshnina Azzahra Aqila Seorang Aktivis Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Peran Aisyiyah dalam Memperjuangkan Kesetaraan dan Kemanusiaan Perempuan
  • KB dalam Pandangan Riffat Hassan
  • Ironi Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas: Kesenjangan Menjadi Tantangan Bersama
  • KB Menurut Pandangan Fazlur Rahman
  • Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version