• Login
  • Register
Sabtu, 19 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Bahasa, Logika, dan Tafsir Mubadalah (Bagian 1)

Wahit Hasyim Wahit Hasyim
15/08/2019
in Personal
0
logika

logika

29
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Setelah batas disiplin ilmu dipertegas pada masa modern, bahasa dan logika dibedakan. Sebelumnya memang tidak secara tegas dibedakan. Ini terlihat seperti operasi logika dan bahasa pada tafsir klasik Islam atas teks keagamaan.

Di sini justru sangat menarik, mengapa? Karena memperjelas faktanya dapat bermanfaat pada dua sisi keping tafsir: pertama mudah menjelaskan maksud dan batasan istilah praktik tafsir pada perkara tertentu, dan kedua mengembangkan tafsir setelah menimang batasan itu dengan perkembangan masyarakat modern.

Apa beda keduanya, dan bagaimana operasional tafsir yang mengambil keuntungan seperti digambarkan di atas?

Bahasa (Lughat)

Pada dasarnya bahasa itu adalah alat representasi. Mulanya manusia memandang dunia dengan bertanya-tanya tanpa tahu apa-apa. Lalu satu per satu barang yang hadir (present) di hadapannya diberi nama. Nama-nama ini mewakili (merepresentasi) barang-barang yang hadir itu, sehingga saat manusia berbagi pengetahuan tentangnya cukup dengan menyatakan representasinya (bahasa), tanpa perlu membawa-bawa barangnya secara langsung.

Baca Juga:

COC: Panggung yang Mengafirmasi Kecerdasan Perempuan

Pesan Terakhir Nabi Saw: Perlakukanlah Istri dengan Baik, Mereka adalah Amanat Tuhan

Fazlur Rahman: Memahami Spirit Kesetaraan dan Keadilan Gender dalam Al-Qur’an

Aisyah: Perempuan dengan Julukan Rajulah Al-‘Arab

Representasi dengan demikian memudahkan komunikasi. Bahkan, sekarang menjadi lazim untuk menyebut bahwa bahasa adalah alat komunikasi, seakan-akan tanpa bahasa komunikasi tidak terjadi. Apa benar seperti ini? Terus bagaimana dengan fenomena telepati dan sejenisnya?

Tingkat Representasi

Barang-barang yang hadir di depan kesadaran kita dapat diwakilkan kehadirannya (representasi) dalam banyak ujud. Aristoteles mengurutkannya dalam tiga bentuk representasi. Pertama, ujud gambaran/imaginasi dalam benak (khoyal), ini yang paling dekat secara hirarkhis dengan kehadiran-langsung. Kedua, setelah itu dapat diwakilkan dengan swara-kata (lafadz). Lafadz ini lalu dapat diwakilkan setelahnya dengan level ketiga representasi, yaitu tulisan (kitabah).

Model representasi ini telah diprotes banyak orang, namun sangat penting karena ide ini menelusup pada pemikiran tafsir dalam lanskap abad pertengahan secara sangat luas, dari Barat hingga ke Timur. Protes-protes itu misalnya begini: lha apa nggak bisa dari pikiran langsung ke tulisan, tanpa lafadz? Lha di mana letak model representasi lain, misalnya gambar, musik, cahaya, dan lain-lain?

Nanti ahli semiotika dan matematika akan menyudahi model klasik ini dengan embarkasi wilayah disiplin mereka secara rigit. Keterangannya setelah ini.

Susunan Pikiran

Tiga tingkatan representasi di atas dapat dibayangkan ujudnya karena kita membayangkan posisi diri kita menghadapi benda-benda. Urutannya adalah: dari benda di luar, kita tangkap masuk sebagai gambaran dalam benak, lalu kita ungkapkan gambaran benak itu dengan swara-kata, dan swara-kata kita tuliskan.

Sederhana. Satu barang, satu wakil di tiap tingkat representasi. Namun jika diungkapkan lebih rinci, prosesnya sampai kepada pemahaman tidak sesederhana itu.

Apa yang tampak hanya satu barang dan satu representasi, sebetulnya mengandung keputusan-dalam-pikiran yang tersusun. Misalnya benda “gelas”, yang ditangkap oleh mental sebagai “gambaran gelas dalam benak”, sebetulnya mengandung keputusan “ada”. Kalau diungkapkan secara lengkap menjadi “gelas itu ada”. Kalau nggak ada kan nggak bisa diungkapkan?

Keputusan-pikiran yang paling sederhana itu dapat dilanjutkan dengan keputusan yang lebih luas, sesuai dengan “fakta benda” dan “informasi-baru yang menyertainya”. Misalnya “gelas itu jatuh”, “gelas itu pecah”, dan seterusnya.

Keputusan-pikiran tentang keberadaan (gelas itu ada), atau tentang kejadian yang menyertainya (gelas itu jatuh), dalam bahasa/lughot disebut predikat (khabar), dan dalam logika/mantiq disebut putusan (qodliyah).

Jelasnya, setiap representasi dalam pikiran, pastilah berbentuk susunan-putusan-pikiran, berupa ungkapan benda dan informasi-baru yang menyertainya.[]

Wahit Hasyim

Wahit Hasyim

Terkait Posts

Penindasan Palestina

Refleksi tentang Solidaritas yang Tidak Netral dalam Menyikapi Penindasan Palestina

18 Juli 2025
Kehamilan Perempuan

Kehamilan Perempuan Bukan Kompetisi: Memeluk Setiap Perjalanan Tanpa Penghakiman

18 Juli 2025
eldest daughter syndrome

Fenomena Eldest Daughter Syndrome dalam Drakor When Life Gives You Tangerines, Mungkinkah Kamu Salah Satunya?

17 Juli 2025
Love Bombing

Love Bombing: Bentuk Nyata Ketimpangan dalam Sebuah Hubungan

16 Juli 2025
Disiplin

Ketika Disiplin Menyelamatkan Impian

15 Juli 2025
Inklusivitas

Inklusivitas yang Terbatas: Ketika Pikiran Ingin Membantu Tetapi Tubuh Membeku

15 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Penindasan Palestina

    Refleksi tentang Solidaritas yang Tidak Netral dalam Menyikapi Penindasan Palestina

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fazlur Rahman: Memahami Spirit Kesetaraan dan Keadilan Gender dalam Al-Qur’an

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pesan Terakhir Nabi Saw: Perlakukanlah Istri dengan Baik, Mereka adalah Amanat Tuhan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Aisyah: Perempuan dengan Julukan Rajulah Al-‘Arab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kehamilan Perempuan Bukan Kompetisi: Memeluk Setiap Perjalanan Tanpa Penghakiman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • COC: Panggung yang Mengafirmasi Kecerdasan Perempuan
  • Pesan Terakhir Nabi Saw: Perlakukanlah Istri dengan Baik, Mereka adalah Amanat Tuhan
  • Fazlur Rahman: Memahami Spirit Kesetaraan dan Keadilan Gender dalam Al-Qur’an
  • Aisyah: Perempuan dengan Julukan Rajulah Al-‘Arab
  • Refleksi tentang Solidaritas yang Tidak Netral dalam Menyikapi Penindasan Palestina

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID