• Login
  • Register
Sabtu, 30 September 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom

Bias Gender dalam Tradisi Agama dan Filsafat

Abdul Rosyidi Abdul Rosyidi
07/02/2018
in Kolom, Publik
0
Bisa gender dalam tradisi agama

Bisa gender dalam tradisi agama

50
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Sering kita menjumpai anggapan bahwa perempuan adalah sumber dari segala keburukan. Seperti bahwa perempuan adalah sumber fitnah. Dia menjadi asal dari segala malapetaka yang terjadi pada manusia. Saat terjadi masalah sosial yang melibatkan interaksi antara perempuan dan laki-laki, perempuan selalu dituduh menjadi biang keladinya. Bisa gender dalam tradisi agama dan filsafat kerap terjadi.

Dalam nada yang hampir sama, perempuan juga disebut sebagai ‘cobaan’ bagi laki-laki. Seolah perempuan adalah penghalang bagi laki-laki untuk mendapatkan tujuan hidup. Bahkan kisah paling tua dalam peradaban manusia menyiratkan bahwa perempuan adalah penggoda yang bisa menjerumuskan laki-laki ke dalam jurang kenistaan. Tanpa sadar, anggapan kita pun sedikit banyak bersumber dari cerita itu.

Budaya patriarki disebut-sebut menjadi sumber bagi pandangan-pandangan bias gender dalam tradisi agama-agama besar yang salah satunya disiratkan lewat kisah Adam dan Hawa ini.

Tentu kita sudah mengetahui kisah tentang Adam dan Hawa. Kisah ini menceritakan tentang perempuan yang telah melakukan kesalahan besar. Hawa dinarasikan sebagai makhluk yang mudah tergoda rayuan iblis dan membawa laki-laki pada kenistaan. Karena kesalahan perempuan itulah, lelaki ‘baik-baik’ harus diusir dari surga. Kira-kira begitu intinya.

Kisah Adam dan Hawa sendiri tidak hanya berkembang dalam tradisi ajaran Islam melainkan juga pada agama-agama sebelumnya. Cerita ini telah lebih dulu dikenal dalam agama Nasrani maupun Yahudi. Bahkan, kisah serupa juga terdapat dalam agama Zoroaster (cerita Masya dan Masyana). Budaya patriarki disebut-sebut menjadi sumber bagi pandangan-pandangan bias gender dalam tradisi agama-agama besar yang salah satunya disiratkan lewat kisah Adam dan Hawa ini.

Sialnya, tradisi setelahnya seperti filsafat semakin mengukuhkan pandangan bias gender di atas. Filsuf Yunani Kuno seperti Aristoteles mengatakan perempuan bukanlah manusia utuh, dia sederajat dengan budak. Guru Aristoteles, Plato juga mengatakan bahwa kehormatan lelaki ada pada kemampuannya memerintah, sedangkan kehormatan perempuan ada pada kemampuannya melakukan pekerjaan yang sederhana, hina sambil terdiam tanpa bicara.

Daftar Isi

  • Baca Juga:
  • Buku Relasi Mubadalah Muslim dengan Umat Berbeda Agama: Nabi Saw Menghormati Jenazah Non-Muslim
  • Maulid Nabi: Meneladani Rasulullah saw; Upaya Menegakkan Misi Utama Kenabian
  • Meneladani Sifat Nabi: Melanjutkan Misi Kesetaraan
  • Apresiasi Peran Laki-laki dalam Kerja Perawatan dan Pengasuhan

Baca Juga:

Buku Relasi Mubadalah Muslim dengan Umat Berbeda Agama: Nabi Saw Menghormati Jenazah Non-Muslim

Maulid Nabi: Meneladani Rasulullah saw; Upaya Menegakkan Misi Utama Kenabian

Meneladani Sifat Nabi: Melanjutkan Misi Kesetaraan

Apresiasi Peran Laki-laki dalam Kerja Perawatan dan Pengasuhan

Arthur Schopenhauer dan Friedrich Nietzsche beranggapan bahwa sifat perempuan sudah tercipta dalam keadaan buruk. Mendekati Aristoteles, Nietzsche berkukuh bahwa perempuan memiliki mentalitas budak.

Filsuf-teolog Thomas Aquinas menyebut perempuan sebagai defect male, laki-laki yang mempunyai cacat/kekurangan. Perempuan disebut bukan ciptaan dari produksi pertama seperti halnya laki-laki. Perempuan adalah manusia kedua setelah laki-laki. Filsuf simulakra Baudrillard juga pernah melontarkan pernyataan kontroversial bahwa perempuan sebenarnya adalah sebuah permukaan/penampakan, bukan subjek utama.

Sungguh kita melihat cengkraman budaya patriarki amat kuat membelenggu cara berpikir ajaran agama dan modus berpikir filsafat. Feminis menyebut bahwa telah ada semacam ‘muslihat’ dari filsuf laki-laki untuk menindas perempuan dan terus melestarikan penindasan itu melalui produksi pengetahuan dan wacana yang bias gender. Rentetan catatan di atas menunjukkan bahwa sistem patriarki yang telah terbangun jauh sebelum agama dan filsafat telah memengaruhi para pemikir mereka.

Sedari awal mereka lupa untuk meletakkan subjek ‘manusia’ pada tempat yang seharusnya. Bahwa manusia itu ya laki-laki dan perempuan. Bukan salah satu dari keduanya. Anggapan bias gender bisa jadi merupakan akibat keengganan mereka melihat masalah kemanusiaan secara jernih.

Baru pada masa yang lebih kini, di awal-awal munculnya gerakan feminis di Barat, filsafat postmodern dan tradisi kritis dalam ilmu sosial memunculkan serangkaian kritik atas bangunan pengetahuan modern yang mendambakan kebenaran mutlak. Dari sini terbongkarlah kemudian bahwa kebenaran yang diutarakan para filsuf sejatinya hanyalah sebuah narasi besar yang dibangun berlandaskan teks dan wacana dominan.

Asumsi bias gender yang mengatakan perempuan adalah separuh manusia, dengan begitu, adalah sebuah wacana dominan ‘saja’, bukan sebuah kebenaran mutlak. Oleh karenanya, daya dorong feminis harus terus dikuatkan agar dominasi ini segera berakhir dan kita kembali menyadari bahwa perempuan dan laki-laki itu sama-sama manusia sempurna yang diciptakan Allah swt. dalam posisi yang setara.

Cara termudah untuk membuktikan adanya mekanisme yang timpang dalam tradisi agama dan filsafat dalam memandang perempuan-laki-laki, diantaranya kita bisa menggunakan perspektif mubadalah. Bahwa antara laki-laki dan perempuan harus ada relasi yang berkesalingan. Mubadalah menekankan bahwa kesalingan antara laki-laki dan perempuan niscaya terjadi karena keduanya harus saling melengkapi, karena toh perempuan maupun laki-laki mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. []

Tags: agamabias genderfilsafatGenderjenis kelaminKesalinganKesetaraan
Abdul Rosyidi

Abdul Rosyidi

Abdul Rosyidi, editor. Alumni PP Miftahul Muta'alimin Babakan Ciwaringin Cirebon.

Terkait Posts

Tadarus

Refleksi Tadarus Subuh: Banyak Perempuan Masa Nabi Saw Ikut Bela Negara

29 September 2023
Ning Sheila Hasina

Melawan Catcalling dengan Elegansi ala Ning Sheila Hasina

29 September 2023
PRT

Urgensi Pengesahan RUU PPRT: Payung Hukum untuk Lindungi Para Pekerja Rumah Tangga

29 September 2023
Misi Utama Kenabian

Maulid Nabi: Meneladani Rasulullah saw; Upaya Menegakkan Misi Utama Kenabian

28 September 2023
maulid nabi

Refleksi Maulid Nabi dan Spirit Menjaga Lingkungan

28 September 2023
Masjid Ramah Perempuan

Sudahkan Masjid Ramah Perempuan dan Anak?

27 September 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Larangan Berbuat Kerusakan di Muka Bumi

    Dalil Tentang Larangan Berbuat Kerusakan di Muka Bumi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Urgensi Pengesahan RUU PPRT: Payung Hukum untuk Lindungi Para Pekerja Rumah Tangga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jiwa yang (Seharusnya) Bersedih: Laki-laki yang Tak Boleh Menangis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Hadits Kecaman Alat Pembajak Tanah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Meneladani Rasulullah dalam Menjaga Tiga Relasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Refleksi Tadarus Subuh: Banyak Perempuan Masa Nabi Saw Ikut Bela Negara
  • Film Air Mata di Ujung Sajadah: Dilema Ibu Kandung dan Ibu Asuh, Siapa yang Lebih Berhak?
  • Nabi Muhammad Saw: Sosok Sang Pemimpin Besar
  • Jiwa yang (Seharusnya) Bersedih: Laki-laki yang Tak Boleh Menangis
  • Buku Relasi Mubadalah Muslim dengan Umat Berbeda Agama: Nabi Saw Menghormati Jenazah Non-Muslim

Komentar Terbaru

  • Ainulmuafa422 pada Simple Notes: Tak Se-sederhana Kata-kata
  • Muhammad Nasruddin pada Pesan-Tren Damai: Ajarkan Anak Muda Mencintai Keberagaman
  • Profil Gender: Angka tak Bisa Dibiarkan Begitu Saja pada Pesan untuk Ibu dari Chimamanda
  • Perempuan Boleh Berolahraga, Bukan Cuma Laki-laki Kok! pada Laki-laki dan Perempuan Sama-sama Miliki Potensi Sumber Fitnah
  • Mangkuk Minum Nabi, Tumbler dan Alam pada Perspektif Mubadalah Menjadi Bagian Dari Kerja-kerja Kemaslahatan
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist