Mubadalah.id – Siapa tak kenal Rumi? Ulama sekaligus penyair bernama lain Jalāl ad-Dīn Muhammad Balkhī, yang karya-karyanya terus dipuja dan dibaca banyak orang, hingga lebih dari tujuh abad terakhir.
Rumi adalah kata kunci dalam dunia tasawuf. Ia seakan menjadi khulasah (ringkasan) dari pemikiran-pemikiran dan sikap hidup kaum sufi. Ribuan bait puisinya mengajarkan banyak hal, tentang cinta yang hakiki, Tuhan, hidup, juga mati.
Namun, ada yang menarik untuk lebih kita telisik. Gaya bahasa, kiasan, maupun metafora yang dirangkai dalam sajak-sajak Rumi menunjukkan fokus dan perhatiannya sendiri. Salah satunya, ekologi dalam puisi Rumi.
Pantulan Allah Swt
Maulana Jalaluddin Rumi memahami alam sebagai pantulan Yang Maha Agung. Melalui puisi-puisinya, Rumi mengajak para pecinta karyanya untuk mengagumi jagat raya sebagai manifestasi keberadaa Allah Swt, Tuhan seluruh alam.
Dalam mahakaryanya, Matsnawi, Rumi bersyair:
Kehadiran seluruh wujud yang ada di alam ini
Karena Tuhan ingin tunjukkan hikmah-Nya yang tersembunyi
Keindahan dan luasnya alam, oleh Rumi, diwanti-wanti sebagai bel pengingat akan ke-Esa-an Allah Swt. Rumi, tidak cuma menjadikan alam sebagai pengantar puisi, tetapi ia menjadikannya sebagai pesan penting tersendiri.
Dalam karyanya yang lain, Maulana Rumi menerjemahkan alam sebagai pengantar kemakrifatan atau pengetahuan hamba tentang Tuhannya, sekaligus memosisikan alam sebagai anak tangga alias prasyarat mencapai keridaan-Nya.
Dalam Diwan Syams Tabrizi, Rumi menegaskan, satu-satunya cara mencapai kemakrifatan hakiki itu ialah melalui tazkiyatun nafs, yakni membersihkan diri terhadap segala bentuk keegoisan, termasuk ketika bersinggungan dengan alam.
Seluruh wujud di alam adalah pencinta
Dan mereka semua rindu bersua
Jika tak mencintaimu, langit
Tak kan membentang cakrawala bening
Jika tak menyayangimu, matahari
Tak ada cahaya indah menyinari
Jika tanah dan gunung tak saling mencinta
Tak kan tumbuh darinya pohon dan bunga
Jika tak menyenangimu, laut
Entah hidup akan dibawa ke mana.
Timbal balik
Ajakan Rumi untuk mencintai alam bukan tanpa argumentasi yang kuat. Ada nuansa timbal balik antara jagat raya dan manusia yang perlu dihayati semua makhluk berakal.
Alam pun, kata Rumi, secara otomatis mengilhami manusia tentang hukum timbal balik. Mereka bisa menjadi teladan hingga terkait tanggung jawab dan kepercayaan.
Dalam Matsnawi, Rumi menulis:
Tanah selalu amanah
Apapun yang kau tanam
itu juga yang kau tuai
Tanah tak mengenal khianat.
Tidak sampai di situ, Rumi juga menekankan persamaan derajat antara manusia dan makhluk lainnya. Menurutnya, manusia dan alam tercipta dari bahan yang sama, senasib, sepenanggungan.
Dulu kita merdeka, berasal dari entitas yang sama
Tanpa kepala dan kaki, di alam azali kita berjumpa
Kita adalah pertikel bak matahari
Tanpa ikatan seperti air jernih
Ketika cahaya berubah wujud
Lahirlah aneka macam bentuk
Maka keluarlah dari rangka jasadmu
Sampai kau temukan wujud aslimu.
(Matsnawi, 686-689)
Di saat telah mencapai kesempurnaan bentuk itulah, manusia pun tertuntut untuk menunaikan komitmen untuk mencurahkan segala kasihnya, kepada sesama, termasuk kepada alam semesta.
Soal ini, Rumi menjabarkan bahwa manusia dengan bentuk yang jauh lebih sempurna pada akhirnya menjadikan mereka lupa dengan hakikat asalnya. Hanya orang-orang pilihanlah yang mampu melaksanakan perintah Tuhan, berbuat baik kepada alam.
Berjuta partikel bersembunyi di alam semesta. Mereka berkata:
“Aku mendengar, melihat, dan bersukacita. Tapi sayang, aku bisu bagi mereka yang asing dari maknawi. Karena engkau berhenti pada alam materi. Bagaimana mungkin kau paham bahasa kami.”
Begitulah sekelumit pesan dan amanat yang Rumi titipkan kepada para pembacanya tentang betapa pentingnya mencintai alam dengan menjaga kelestariannya. Puisi-puisi ekologi Rumi kian menguatkan amanat agar manusia menyerap sifat kasih Tuhan, kepada seluruh makhluk di dunia, terlebih demi keberlanjutan alam. []