• Login
  • Register
Rabu, 2 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Ekspresi Perempuan, Antara Masa Lalu dan Kini

Mela Rusnika Mela Rusnika
22/03/2020
in Personal
0
58
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Dari zaman ke zaman perempuan kerap kali menjadi pusat interaktif antara objek keindahan dan subjeknya. Dulu, perempuan dilarang menggunakan wangi-wangian karena dianggap bisa mengundang nafsu lelaki, sedangkan laki-laki boleh menggunakan wewangian apapun tanpa syarat. Di sisi lain, dulu perempuan tidak boleh bercukur kepala, berselendang pedang, panah, dan sebagainya untuk mempercantik dirinya sendiri.

Sebagai objek, perempuan di zaman dulu yang hendak dinikahi boleh dilihat-lihat bagian tubuhnya atau diinspeksi oleh calon suami, layaknya barang yang ada dalam proses penawaran. Lelaki yang berperan sebagai subjek dalam pernikahan dianggap berhak menjadi penggugat perceraian, sedangkan perempuan tidak, karena harus patuh kepada suami. Dalam posisi inilah perempuan hanya bisa bertindak dengan cara mengajukan mosi tidak percaya kepada kadi.

Fenomena perempuan sebagai objek dan subjek pada masa lalu masih terjadi di era budaya modern ini, yang mana perempuan tidak diperbolehkan melakukan berbagai hal. Sama halnya seperti dulu, perempuan masih dianggap sebagai the second creation secara teologis, sehingga perempuan dikonstruk sebagai makhluk domestik. Lalu, perempuan mengalami kesulitan berekspresi dalam mengenakan berbagai model pakaian, karena dianggap mengumbar aurat dan mengundang nafsu seksual laki-laki.

Di sisi lain, perempuan di era budaya populer ini dituntut memiliki keindahan yang sempurna dan kemampuan membahagiakan suami. Keindahan perempuan itu kemudian menjadi steorotip yang membawa sifat-sifat, bahwa perempuan harus tampil menawan, pandai mengurus rumah tangga, pandai memasak, tampil prima untuk menyenangkan suami, pantas diajak ke berbagai acara, cerdas, serta sumber pengetahuan dan moral keluarga.

Tuntutan-tuntutan itu pun berkembang menjadi ide dan citra perempuan yang dikemas sebagai kriteria perempuan solehah. Seringkali kita menemukan konten-konten di internet yang mendiskreditkan perempuan, misalnya konten yang diunggah di instagram ada yang menyatakan kalau laki-laki lebih cenderung mencari wanita yang berada di bawah levelnya, karena pada dasarnya mereka mencari penawar hati bukan mencari pesaing ekonomi.

Baca Juga:

Gaji Pejabat vs Kesejahteraan Kaum Alit, Mana yang Lebih Penting?

Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak

Meninjau Ulang Amar Ma’ruf, Nahi Munkar: Agar Tidak Jadi Alat Kekerasan

Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

Pernyataan pada konten itu bisa dikatakan sebagai toxic masculinity, yang mana laki-laki menggunakan dominasinya agar bisa mengontrol perempuan. Dalam konteks ini, laki-laki memiliki perasaan takut dengan kehadiran perempuan yang ia anggap sebagai pesaing ekonomi. Pemikiran laki-laki yang demikian bisa dikatakan sebagai logical fallacy, karena manusia yang mencari penawar hati bukan hanya laki-laki, perempuan juga membutuhkannya.

Jika berkaca dari kisah Rasulullah, Nabi Muhammad saja menikahi wanita kaya raya yang sering mempekerjakan para lelaki serta mampu mendelegasikan tugas dengan baik. Apakah Nabi Muhammad merasa tersaingi dengan kehadiran Khadijah dalam hidupnya?!

Jawabannya tentu tidak, Nabi Muhammad dan Khadijah justru bekerja sama membangun keluarga yang sakinah, mawadah, dan rahmah. Khadijah memang wanita kaya, akan tetapi ia tidak mengecilkan perannya di dalam keluarga sebagai seorang istri. Khadijah selalu memanjatkan doa dan memberi semangat untuk suaminya. Nabi Muhammad pun demikian, ia memuliakan istrinya dengan tidak menganggapnya sebagai pesaing ekonomi dalam keluarga.

Contoh konten lainnya yang menuntut wanita memiliki keindahan sempurna ialah yang menyatakan perempuan calon penghuni neraka memiliki ciri-ciri lidahnya tajam ke suami, senang mencari perhatian, pakai make up berlebihan, dan tidak menutup aurat.

Dalam hal ini perempuan kembali menjadi objek yang didominasi kekuasaan laki-laki. Apakah menyakiti perasaan orang lain dengan perkataan yang tajam mengenal jenis kelamin?! Tentu tidak, karena semua orang berpotensi saling menyakiti satu sama lain.

Oleh sebab itu, baik perempuan maupun laki-laki sudah sepatutnya saling menghargai dan saling menjaga perasaan masing-masing. Kemudian, perempuan dianggap senang mencari perhatian dengan memakai make up berlebihan dan tidak menutup aurat, sehingga menyebabkan laki-laki mudah terprovokasi.

Melarang perempuan merias diri dan menutup aurat memang sesuatu yang mulia agar terhindar dari pelecehan seksual, akan tetapi di sisi lain bisa mengekang perempuan untuk berekspresi. Maka dari itulah, perempuan maupun laki-laki harus sama-sama menyadari bahwa mereka harus menahan diri dari melakukan perbuatan yang tidak saling merugikan.

Melalui kisah perempuan di masa lalu dan masa sekarang, selintas tidak mengalami pergeseran nilai-nilai gender, yang mana perempuan tetap menjadi objek dan subjek keindahan. Maka dari itu, perempuan di era modern ini masih kesulitan mengekspresikan diri karena beragam tuntutan patriarki yang mengekang dirinya.

Padahal perempuan memang sudah semestinya memiliki otoritas terhadap tubuhnya sendiri, termasuk dalam hal pemikiran, berpakaian, dan berpenampilan. Di era modern yang terbuka akan ide, perspektif, gambaran, dan berbagai fenomena ini kesempatan perempuan untuk berekspresi sangatlah luas. Dalam hal ini, perempuan berhak cantik dengan merias dirinya sendiri dan berani mengambil keputusan untuk keberlangsungan hidupnya sendiri.[]

Mela Rusnika

Mela Rusnika

Bekerja sebagai Media Officer di Peace Generation. Lulusan Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Part time sebagai penulis. Tertarik pada project management, digital marketing, isu keadilan dan kesetaraan gender, women empowerment, dialog lintas iman untuk pemuda, dan perdamaian.

Terkait Posts

Narasi Pernikahan

Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

1 Juli 2025
Toxic Positivity

Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman

30 Juni 2025
Second Choice

Women as The Second Choice: Perempuan Sebagai Subyek Utuh, Mengapa Hanya Menjadi Opsi?

30 Juni 2025
Tradisi Ngamplop

Tradisi Ngamplop dalam Pernikahan: Jangan Sampai Menjadi Beban Sosial

29 Juni 2025
Humor Seksis

Tawa yang Menyakiti; Diskriminasi Gender Di Balik Humor Seksis

26 Juni 2025
Kekerasan Seksual

Kekerasan Seksual Bisa Dicegah Kalau Islam dan Freud Ngobrol Bareng

26 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Anak Difabel

    Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Meninjau Ulang Amar Ma’ruf, Nahi Munkar: Agar Tidak Jadi Alat Kekerasan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mewujudkan Fikih yang Memanusiakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Taman Eden yang Diciptakan Baik Adanya: Relasi Setara antara Manusia dan Alam dalam Kitab Kejadian

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Gaji Pejabat vs Kesejahteraan Kaum Alit, Mana yang Lebih Penting?
  • Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak
  • Meninjau Ulang Amar Ma’ruf, Nahi Munkar: Agar Tidak Jadi Alat Kekerasan
  • Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan
  • Mewujudkan Fikih yang Memanusiakan

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID