• Login
  • Register
Jumat, 23 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Film Mom 2017 Pencarian Keadilan bagi Korban Kekerasan Seksual

Point akhir dari film ini menegaskan bahwa kelambananan penegak hukum dalam menjerat hukuman bagi para pelaku kekerasan seksual dapat melahirkan tindakan-tindakan kekerasan selanjutnya

Ainul Luthfia Al Firda Ainul Luthfia Al Firda
02/08/2022
in Film
0
Korban Kekerasan Seksual

Korban Kekerasan Seksual

507
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Film Mom 2017,  adalah film thriller Bollywood yang resmi rilis tanggal 7 Juli 2017 di India. Film ini mengisahkan tentang perjuangan seorang ibu tiri dalam mencari keadilan atas nama anaknya. Sebagai keluarga korban kasus kekerasan seksual ex perkosaan, sebagai seorang ibu dan perempuan tentu merasakan hal yang sama dengan apa yang anak gadisnya alami. Seperti pada perjuangan korban lainnya, perjalanan mencari keadilan selalu menemui duri-duri diskriminasi.

Suatu ketika Arya, seorang gadis yang sedang beranjak dewasa pergi dengan teman kelasnya untuk mengikuti pesta Valentine Day di Farm house.  Saat makan malam sedang berlangsung Arya meminta izin kepada orang tuanya untuk mengikuti acara tersebut. Karena adanya kekhawatiran dari pihak orang tua, Arya tidak mendapat izin. Akhirnya ia pun marah dan kesal karena tak boleh pergi. Melihat situasi tersebut Devki (Ibu) dan Arnand (ayah) mendiskusikannya kembali, dan akhirnya mereka mengizinkan Arya untuk mengikuti pesta Valentine Day.

Malam pesta Valentine akhirnya tiba, Arya langsung bergegas menyiapkan kostum terbaik untuk menghadiri pesta tersebut. Harapan dapat melepaskan penat dan kebahagiaan ternyata mendapat peristiwa naas yang menimpa Arya. Di tengah meriahnya pesta, ia mulai didekati, digoda hingga dilecehkan oleh seorang lelaki. Lelaki tersebut ialah orang yang menaruh perasaan terhadap Arya. Karena merasa tidak ada respon lelaki tersebut akhirnya membalas dendam kepada Arya dengan memperkosa secara masal bersama ketiga temannya.

Malam Valentine yang Menjadi Tragedi

Devki yang merasa gelisah karena Arya telat untuk pulang dan sudah 3 jam tidak merespon panggilannya. Ia pun akhirnya bergegas menemui Arya ke lokasi, namun hasil nihil dan akhirnya ia melaporkannya ke polisi. Setibanya di kantor polisi untuk meminta bantuan, ia justru menerima diskriminasi gender.

Pihak kepolisian menganggap normal apabila ada seorang remaja yang terlambat pulang saat perayaan Valentine Day. Menganggap bahwa seks bebas  sangat normal, perempuan dianggap murahan. Divki marah karena apa yang terlontarkan seorang polisi sangat jauh dari kepribadian anaknya. Bukannya terlindungi justru dijatuhkan oleh pelindung masyarakat.

Baca Juga:

Vasektomi Sebagai Solusi Kemiskinan, Benarkah Demikian?

Tonic Immobility: Ketika Korban Kekerasan Seksual Dihakimi Karena Tidak Melawan

Budaya Seksisme: Akar Kekerasan Seksual yang Kerap Diabaikan

Penyalahgunaan Otoritas Agama dalam Film dan Drama

Sama halnya dengan orang tua pada umumnya, sebagai seorang ibu pasti mengalami keresahan apa bila anak gadisnya tidak kunjung pulang ke rumah. Arya yang dinyatakan hilang selama tiga hari dan ditemukan dalam keadaan sangat terluka, ia diperkosa secara masal oleh orang-orang bengis yang hadir di acara Valentine Day.

Kasih Seorang Ibu Tiri

Devki sebagaimana representasi ibu tiri yang selalu dianggap jahat justru menunjukkan sisi lain di mana ia sangat perhatian dengan apa yang telah menimpa anaknya. Devki sering mondar-mandir untuk mengurus kasus yang menimpa anaknya. Lagi-lagi bukan rahasia umum, proses persidangan selalu diwarnai kejanggalan di mana bukti-bukti korban yang kuat berhasil dibelokkan dan para pelaku berhak menghirup udara segar tanpa rasa bersalah.

Devki dan Arnand yang merasa kurang puas dengan putusan hakim ketua, mereka akhirnya kembali mengumpulkan bukti-bukti lain agar keadilan bagi anaknya dapat mereka peroleh. Mereka sama-sama melakukan perlawanan dengan mengumpulkan kembali bukti kuat yang mereka dapatkan. Kelambanan hukum dalam memberi putusan bagi pelaku sering membuat keinginan keluarga korban kekerasan seksual menyerah.

Melihat hal itu, Devki sebagai seorang guru cerdas selalu memiliki 1001 cara untuk melawan dan memberi pelajaran bagi pelaku.  Sebagaimana mengutip teori perlawanan Jamess Scot, perlawanan dapat kita tunjukkan secara terbuka atau tertutup.  Dan ia menlawan dengan cara terbuka karena ini menyangkut nasib anaknya, perempuan dan kebijakan hukum agar lebih terang. Perlawanan yang tidak hanya mengatas namakan individu melainkan atas nama korban kekerasan seksual.

Pelajaran dari Film Mom 2017

Orang tua tiri selalu diberi stigma dengan pandangan buruk. Kebiasaan yang dianggap kurang mampu menggantikan sosok pengganti baik ibu maupun ayah. Beberapa faktnya menunjukkan kebenaran karena namanya orang tua sambung jelas berbeda dengan orang tua kandung. Namun sosok Devki sebagai ibu sambung dari Artha ( korban) menunjukkan bahwa ibu sambung turut merasakan apa yang telah anaknya rasakan. Mulai dari suka, pilu, duka dan derita. Hal ini karena terbentuknya sisi emosional dari kedua belah pihak.

Devki juga menggambarkan tentang perjuangan seorang ibu, di mana ibu selalu menjadi garis terdepan untuk kebahagiaan anak dan keluarganya. Di dalam film ini, ia rela mengorbankan waktu hingga nyawa demi keadilan atas nama Artha. Karena lambannya pergerakan dari polisi dan ketidakberpihakan pengadilan dengan korban, Devki memilih untuk memberi efek jera kepada para pelaku dengan bekerja sama pada seorang detektif handal.

Point akhir dari film ini menegaskan bahwa kelambananan penegak hukum dalam menjerat hukuman bagi para pelaku kekerasan seksual dapat melahirkan tindakan-tindakan kekerasan selanjutnya. Mulai dari intimidasi keluarga, korban, teman, sekolah dan pihak-pihak lain yang berhubungan dengan korban.

Selain itu menjadi catatan agar perlindungan bagi korban kekerasan seksual selalu menjadi landasan awal. Agar keadilan dapat kita tegakkan. Tentunya dengan melakukan analisis kritis pada kedua belah pihak. Sebab hal ini dapat melahirkan regulasi pencegahan dan penanganan yang sesuai sasaran baik bagi korban maupun pelaku. Semoga bermanfaat dan terimakasih. []

Tags: Film Mom 2017keadilan genderKekerasan seksualperjuangan perempuanPerlindungan Korban
Ainul Luthfia Al Firda

Ainul Luthfia Al Firda

Ainul Luthfia Al Firda Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Focus pada kajian-kajian agama dan sosial

Terkait Posts

Pengepungan di Bukit Duri

Film Pengepungan di Bukit Duri : Kekerasan yang Diwariskan

21 Mei 2025
Film Pendek Memanusiakan Difabel

Film Pendek Memanusiakan Difabel: Sudahkah Inklusif?

7 Mei 2025
Film Aku Jati Aku Asperger

Komunikasi Empati dalam Film Aku Jati Aku Asperger

5 Mei 2025
Film Pengepungan di Bukit Duri

Film Pengepungan di Bukit Duri: Bagaimana Sistem Pendidikan Kita?

3 Mei 2025
Otoritas Agama

Penyalahgunaan Otoritas Agama dalam Film dan Drama

25 April 2025
Film Indonesia

Film Indonesia Menjadi Potret Wajah Bangsa dalam Menjaga Tradisi Lokal

17 April 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Jalan Mandiri Pernikahan

    Jalan Mandiri Pernikahan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berhenti Meromantisasi “Age Gap” dalam Genre Bacaan di Kalangan Remaja

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bolehkah Dokter Laki-laki Memasangkan Alat Kontrasepsi (IUD) kepada Perempuan?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rumah untuk Si Bungsu: Budaya Nusantara Peduli Kaum Rentan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 5 Jenis KB Modern

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Hj. Biyati Ahwarumi, Perempuan di Balik Bisnis Pesantren Sunan Drajat
  • Melampaui Batasan Tafsir: Membebaskan Narasi Gender dalam Islam Menurut Mernissi dan Wadud
  • KB dan Politik Negara
  • “Normal” Itu Mitos: Refleksi atas Buku Disabilitas dan Narasi Ketidaksetaraan
  • 5 Jenis KB Modern

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version