• Login
  • Register
Jumat, 4 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Hari Guru Nasional : Jadilah Pendidik yang Memanusiakan Manusia

Tugas utama guru adalah sebagai fasilitator. Yaitu memfasilitasi murid untuk berkembang sesuai dengan potensi dan minat masing-masing

Siti Nisrofah Siti Nisrofah
25/11/2023
in Publik
0
Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional

730
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Hari ini 25 November 2023 tercatat sebagai Hari Guru Nasional yang bertemakan “Bergerak bersama, rayakan merdeka belajar”. Terlepas bagaimana sejarah yang melahirkan Hari Guru Nasional, momentum ini harus dimaknai dengan hikmat dan penuh suka cita. Salah satunya adalah refleksi bersama di Hari Guru Nasional, apakah diri ini sudah pantas menyandang status sebagai guru? Apakah pendidikan kita sudah humanis?

Dewasa ini, dunia pendidikan kita sedang tidak baik-baik saja. Salah satu hal yang perlu kita amati bersama adalah perilaku guru yang kadang melakukan penyimpangan. Yaa, guru tetaplah manusia biasa yang memiliki kekurangan.

Namun, dalam istilah Jawa guru adalah digugu lan ditiru. Sederhananya guru adalah panutan bagi muridnya. Maka penting bagi seorang guru untuk menjaga perilakunya dari segala bentuk penyelewengan.

Bahkan tidak sedikit, guru di sekolah yang hanya menuntaskan kewajiban mengajarnya saja, namun melupakan tugas pendidikan. Tugas guru ada dua yaitu transfer of knowledge and transfer of value. Maka keduanya harus seimbang dalam proses pembelajaran.

Murid adalah subjek pendidikan

Berbeda dengan pendidikan konvensional yang hanya berkutat pada metode ceramah satu arah. Murid dipandang sebagai gelas kosong yang tidak memiliki pengalaman belajar apapun. Padahal, murid adalah subjek pendidikan yang utuh dengan segala akal dan rasa dalam diri-nya. Kedua unsur tersebut harus dioptimalkan perkembangannya agar bermanfaat bagi setiap individu dalam menyelesaikan problematika di hidupnya.

Baca Juga:

Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

Egoisme dan Benih Kebencian Berbasis Agama

Menjaga Pluralisme Indonesia dari Paham Wahabi

Benarkah Feminisme di Indonesia Berasal dari Barat dan Bertentangan dengan Islam?

Karakter humanis menjadi pijakan dalam pelaksanaan pendidikan. Artinya, proses pembelajaran harus mampu memanusiakan manusia. Saya jadi teringat pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam pendidikan humanistiknya, bahwa pendidikan yang berpusat pada siswa cirinya adalah guru mampu menghormati dan menerima murid sebagaimana adanya.

Tugas utama guru adalah sebagai fasilitator. Yaitu memfasilitasi murid untuk berkembang sesuai dengan potensi dan minat masing-masing. Bukan malah memberikan klaim atau judgement tentang standar bodoh dan pintar terhadap setiap murid.

Manusia memiliki banyak kecerdasan

Selain itu, saya juga teringat pernyataan dari salah satu dosen saya, beliau mengatakan bahwa pendidikan adalah laboratorium kehidupan. Analoginya, pendidikan seperti halnya hutan belantara yang di dalamnya singgah berbagai jenis binatang. Ada spesies burung, ikan, dan binatang darat lainnya yang beragam. Mereka semua terlahir dengan membawa potensi masing-masing.

Misalkan bebek dengan kaki pipihnya untuk berenang sekaligus menopang badannya di atas permukaan air. Burung dengan sayapnya mampu terbang ke sana ke mari. Maka, sangat tidak humanis jika memaksakan ikan harus berlari di daratan, dan burung harus berenang di air. Karena semua itu tidak sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Begitu halnya dengan murid sebagai manusia, tidak bisa mereka disamakan harus pintar dalam satu cabang ilmu saja. Artinya, guru tidak boleh memukul rata kemampuan muridnya. Bahkan Howard Gardner saja seorang pakar ilmuwan membantah itu semua. Gardner menemukan teori bahwa setiap manusia memiliki banyak kecerdasan. Artinya kecerdasan manusia tidak tunggal.

Di dalam salah satu bukunya, terdapat penemuan yang menyatakan bahwa adanya potensi yang terisolasi karena kerusakan otak. Indikasinya bahwa setiap kecerdasan memiliki sistem saraf yang relatif otonom. Artinya, masing-masing kecerdasan memiliki struktur otak yang berbeda-beda.

Ada sembilan kecerdasan menurut Howard Gardner yang kemudian muncul istilah kecerdasan majemuk (multiple intelligence). Yaitu kecerdasan linguistik, logis matematis, spasial visual, musikal, kinestetis, interpersonal, intrapersonal, naturalistik, dan eksistensial (spiritualitas).

Pendidikan yang memanusiakan manusia

Pendidikan yang humanis tentunya akan mempertimbangkan keberadaan teori multiple intelligence sebagai unsur pembentuk kecerdasan manusia. Proses pembelajaran harus mampu mengasah sekaligus memetakan potensi setiap murid berdasarkan kecenderungan kecerdasannya.

Misalkan saja, ada murid yang kemampuan menyanyinya bagus bahkan ia mahir dalam aransemen musik. Namun, di sisi lain ia lemah dalam olahraga atau bahkan matematika.

Pendidikan yang humanis akan fokus pada kelebihan murid bukan pada kelemahannya. Mengoptimalkan kelebihan justru akan melahirkan prestasi-prestasi yang melejit. Namun sayangnya, persepsi di masyarakat khususnya orang tua masih menomor satukan matematika sebagai standar kecerdasan.

Banyak yang menganggap bahwa anak yang lemah matematika adalah anak yang bodoh. Bahkan ada orang tua yang serampangan sampai memaksa anaknya untuk les matematika agar nilai matematikanya tinggi.

Mungkin kemampuan matematikanya dapat terasah, namun tidak akan maksimal. Karena kecerdasannya terletak pada aspek lain. Akibatnya, potensi anak tersebut yang seharusnya mampu maksimal justru terkubur karena tidak mendapat perhatian oleh orang dewasa di sekitarnya yang seharusnya mampu mengarahkan.

Begitulah pentingnya pemahaman seorang guru tentang pendidikan yang memanusiakan manusia. Terutama pada momentum Hari Guru Nasional ini. Tujuannya agar setiap muridnya dapat berkembang menjadi pribadi yang utuh, berkarakter, dan berprestasi sesuai dengan kemampuan masing-masing. Tanpa membedakan, guru harus berlaku adil terhadap kecerdasan yang ada pada setiap muridnya. []

Tags: Hari Guru NasionalIndonesiakemanusiaanmanusiapendidikan
Siti Nisrofah

Siti Nisrofah

Hanya orang biasa :')

Terkait Posts

Kritik Tambang

Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

4 Juli 2025
Isu Iklim

Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

3 Juli 2025
KB sebagai

Merencanakan Anak, Merawat Kemanusiaan: KB sebagai Tanggung Jawab Bersama

3 Juli 2025
Poligami atas

Bisnis Mentoring Poligami: Menjual Narasi Patriarkis atas Nama Agama

3 Juli 2025
Konten Kesedihan

Fokus Potensi, Difabel Bukan Objek Konten Kesedihan!

3 Juli 2025
SAK

Melihat Lebih Dekat Nilai Kesetaraan Gender dalam Ibadah Umat Hindu: Refleksi dari SAK Ke-2

2 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Poligami atas

    Bisnis Mentoring Poligami: Menjual Narasi Patriarkis atas Nama Agama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI
  • Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi
  • Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan
  • Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?
  • Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID