Mubadalah.id – Saya sedikit memahami tentang karakter Nabi SAW, setelah membaca akhir Surah At Taubah.
لَقَدۡ جَآءَكُمۡ رَسُولٞ مِّنۡ أَنفُسِكُمۡ عَزِيزٌ عَلَيۡهِ مَا عَنِتُّمۡ حَرِيصٌ عَلَيۡكُم بِٱلۡمُؤۡمِنِينَ رَءُوفٞ رَّحِيمٞ
Secara bebas, ayat ini bisa diterjemhkan sebagai berikut :
“Sungguh telah datang kepada kalian (wahai manusia) seorang rasul, pesuruh Allah, dari diri kamu sendiri, sangat terasa berat terasa olehnya apa yang telah menderitakan kamu (baik lahir mau pun batin), sangat menginginkan keselamatan, kebaikan atau segala sesuatu yang membahagiakan bagi kalian semua, lemah lembut dan penyayang terhadap orang-orang mukmin”. (QS. At Taubah; 128)
Kalau kita menggunakan bahasa sekarang, Nabi SAW adalah seorang yang pro aktif (terhadap persoalan-prsoalan kemanusiaan), memiliki kepekaan dan empati yang sangat besar, yang disertai dengan sikap lemah lembut dan penyayang.
Gambaran seperti itu bisa ditelusuri dengan melihat beberapa kata kunci pada ayat diatas. Kata ‘ja’akum, menurut para ahli tafsir, memberi kesan Nabi datang sendiri, bukan karena disuruh atau atas kehendak Allah. Penyebutan kata rasul menegaskan bahwa kedatangan beliau itu adalah sebagai utusan Allah.
Maka bisa dikatakan bahwa ketika beliau menerima wahyu, menerima mandat, beliau tampil melaksanakan tugasnya tanpa didorong-dorong. Tetapi terdorong oleh jiwanya, oleh panggilan memenuhi jiwanya. Oleh karena itu beliau bersungguh-sungguh, total mengemban misinya. Dia senang dan berbahagia melaksanakan itu.
“Anfusakum” berarti sejiwa dengan mitra bicaranya, mengetahui detak jantungnya, merasakan getaran jiwa mereka. Ada yang mengatakan (yang menjadi mitra bicara pada kata ini) adaah suku Quraisy, ada juga yang menduga Arab. Tetapi, kata Quraisy Syihab, adalah manusia. Tidak ada isyarat dalam redaksinya (atau redaksi ayat sebelumnya) yang menunjukkan bahwa mitra bicara itu adalah orang tertentu atau membatasi mitra bicaranya itu otang tertentu. Apalagi ayat ini (seperti pendapat banyak ulama) tidak turun di Makkah, tetapi di Madinah yang masyarakatnya sangat heterogen, baik agama maupun sukunya. Di sana ada kaum muslimin dari bebagai daerah dan suku. Juga ada kaum Yahudi, dan penganut agama lainnya.
Kata ‘Aziz, dari kata ‘azza yang antara lain berarti mengalahkan. Biasanya katanya disusul dengan kata ‘alaa maka berarti ‘berat hati lagi sulit’. Inilah yang dimaksud ayat ini. ‘anittum terambil dari kata ‘anab yang berarti keletihan, kesukaran dan penderitaan. Ayat ini menggunakan kata kerja masa lampau yang disertai dengan kata ma yang berfungsi mengubah kata kerja itu menjadi kata jadian (mashdar/infinitive noun), yakni penderitaan.
Tidak dipilihnya jadian sejak semula, tetapi menggunakan kata kerja masa lampau, untuk mengisyaratkan bahwa penderitaan dan kesulitan yang dimaksudkan adalah yang selama ini telah mereka alami. Penyebutan hal tersebut dikarenakan ayat ini bertujuan menjelaskan bahwa penderitaan itu beliau sadari dan ketahui, tetapi itu demi untuk kemashlatan mereka. Inilah kepekaan empati yang sangat besar.
Ra’uf berkisar maknanya pada kelemahlembutan dan kasih sayang. Menurut pakar bahasa az Zajjaj, sama dengan rahmat. Namun menurutnya rahmat sedemikian besar, maka dinamai ra’fah, dan pelakunya ra’uf. Al Biqa’i menjelaskan bahwa ra’fah adalah rahmat yang dianugerahkan yang menghubungkan diri dengan Allah melalui amal saleh, karena itu, mengutip al Harali, ra’fah adalah kasih sayang, pengasih kepada siapa yang memiliki hubungan dengannya.
Jadi Nabi SAW, berdasarkan pemaknaan ayat diatas adalah seorang yang menjalankan misinya dengan total, karena itu, pada dasarnya, panggilan jiwa. Oleh karena pro aktif (terhadap persoalan-persoalan kemanusiaan). Beliau memiliki kepekaan dan empati yang sangat besar (merasakan penderitaan orang lain, orang-orang yang dipinggirkan atau dilemahkan). Sangat menginginkan kebahagiaan dan keselamatan bagi mereka.
Beliau juga memiliki rasa kasih sayang dan sikap lemah lembut. Saya kira ini adalah gambar atau cermin dari karakter Nabi SAW. Nabi adalah seorang manusia, dalam arti makan, minum, berkeluarga, dan sebagainya. Oleh karena itu karakter seperti juga dapat tumbuh dalam diri seseorang.
Kalau dilihat dari kaca mata manusia, Nabi tertempa dengan relitas kehidupan yang prihatin dan lingkungan yang sederhana. Saya kira itu salah satu cara Allah SWT memeliharanya dan menumbuhkan karakter seperti itu. Maka ketika sudah menjadi pemimpin, beliau tetap hidup di tengah bersama masyarakat, tanpa jarak.
Karena Ulama itu adalah ahli waris para nabi, maka seharusnya juga mewarisi karakter ini. Peka, berempati terhadap orang-orang mengalami penderitaan, sangat menginginkan kebaikan bagi sesamanya atau segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan dan kebahagiaan.
Oleh karena dia selalu berupaya berada di antara mereka, mendampingi mereka, memperkuat mereka, menyuarakan kepentingannya. Semua itu dilakukan dengan landasan sikap lemah lembut dan rasa kasih sayang. Tugas (kenabian) itu, dilakukan secara total; karena itu adalah panggilan jiwa. []